Pak Bomba Pak Lawa Pak Piyut Tegese Batangane Klebu Jenise

cangkriman pak bomba pak lawa pak ciyut
cangkriman pak bomba pak lawa pak ciyut
Share

Batangane Cangkriman Pak Bomba Pak Lawa Pak Piyut Tegese yaiku Tapak Kebo amba, Tapak ula dawa, tapak sapi ciyut, artinya adalah tapak kaki kerbau lebar, tapak ular panjang, bekas tapaknya sapi sempit. Ukara unen unen tembung ana ndhuwur utawa ngisor iki kalebu jenise cangkriman wancahan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng siang, bersua kembali dalam mengulas teka teki basa jawa tebak-tebakan kata dalam mata pelajaran untuk siswa siswi murid jenjang pendidikan kelas 7 atau SMP MTs kelas 1 semester gasal/ganjil.

Yang akan kita bahas adalah arti kata pada masing-masing jawabannya alias batangane.

Mari kita mengurai satu persatu.

Dalam penggalan untaian kata yang pertama adalah Pak bomba batangane yaiku tapak kebo amba, artinya adalah bekas pijakan tapak kaki lebar.

Kemudian berturut turut ukara pak Lawa bedhekane yaiku tapak ula dawa, artinya dalam bahasa Indonesia yaitu telapak ular panjang, maksudnya telapak disini adalah bekas pijakan yang dilewati oleh ular.

Dan pada kalimat terakhir yaitu pak piyut tegese yaiku tapak sapi ciyut, artinya yaiku tapak sapi ciyut, yang arti terjemahnya dalam bahasa Indonesia, bekas pijakan kaki sapi sempit.

Hal ini merujuk kepada bentuk telapak kaki sapi yang menyempit.

Seperti itulah jawaban cangkriman berupa singkatan dalam mapel b. Jawa.

Pak Bomba Pak Lawa Pak Piyut kalebu jenise cangkriman wancahan

Ukara tembung unen unen cangkriman Pak Bomba, Pak Lawa, Pak Piyut klebu jinise cangkriman wancahan.

Yang artinya adalah teka teki di atas masuk dalam kategori jenis cangkriman singkatan (kata), yang istilah bahasa Jawanya yaitu wancahan/cekakan.

Sekarang mari kita urai satu persatu singkatannya.

Pak wancahan saka tembung tapak, merupakan potongan singkatan kata “tapak”.

Dalam hal ini semua kata “pak” dalam tebak – tebakan kata pada cangkriman yang sedang kita bahas.

Bomba, gabungan kata bo yang cekakan seka tembung keba lan mba wancahane tembung amba.

Bomba merupakan gabungan singkatan dari bo berasal dari kata kebo (kerbau) dan mba merupakan singkatan kata amba yang artinya adalah lebar atau luas.

Lawa, gabungan kata la dan wa.

La cekakan saka tembung ula lan wa yaiku wancahane seka dawa. La singkatan dari kata Ula (ular) dan wa adalah singkatan dari dawa (panjang).

Dan yang terakhir yaitu piyut, saka tembung wancahan sapi (pi) lan ciyut (yut). Merupakan singkatan dari kata sapi dan sempit (ciyut).

Jadi, kata Pak dalam tebak tebakan ini bukanlah manggilan kepada laki laki dewasa atau orang yang layak mendapat panggilan bapak.

Namun pak disini merupakan potongan atau kata yang di ambil dari tembung tapak (bekas pijakan kaki).

Makanya bomba lawa dan piyut juga bukanlah nama seseorang, namun memiliki kasus yang sama berupa wancahan utawa cekakan.

Mekaten informasi berkenaan dengan cangkriman pak bomba pak lawa pak ciyut tegese yaiku tapak kebo amba tapak ula dawa tapak sapi ciyut klebu jinise cangkriman wancahan.

Wilujeng siyang, selamat siap-siap beristirahat, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Oleh Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.