Pipine, irunge, Rambute, Tangane Cinandra apa? Condrone Tegese

pipine irunge rambute tangane cinandra
Share

Pipine, Irunge, Rambute, Tangane Cinandra apa? Wangsulane tembung panyandra Basa Jawa perangane awak irung, rambut, tangan beserta contoh kalimatnya dalam Bahasa Jawa beserta arti dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, wilujeng enjang, selamat pagi, semoga kita semuanya dalam keadaan sehat wal afiat.

Kali ini kita akan membahas soal pertanyaan bahasa Jawa mengenai ungkapan kata pujian untuk bagian tubuh manusia.

Jadi candrane (condrone) tegese yaiku nyritakake kaananing wewujud lan sak piturute sarana pepindhan pepandhingan lan sak piturute, artinya candra kedalam Bahasa Indonesia adalah menceritakan keadaan perwujudan dan lainnya dengan sarana semisal seperti, mirip dan lain sebagainya.

Jadi cinandra maksudnya adalah sesuatu yang disamakan, dimiripkan, dimisalkan dengan hal lain yang mempunyai kemiripan ataupun persamaan.

Pipine cinandra nduren sajuring

Pipine cinandra nduren sajuring tegese yaiku bentuk pipi sing elok alus nengsemake kaya isine duren kang dibukak.

Jadi maksudnya atau tegese tembung panyandra pipine nduren sajuring yaiku kaya isine saderet duren kang wis dibukak. Kalau dalam bahasa Indonesia mudahnya kita menyebut dengan satu sisir buah durian yang telah dibuka.

Jadi duren sajuring yaitu isi buah durian satu sisir.

Tuladha ukara tembung panyandra contohnya yaitu: Endah ayune Asti kang pipine nduren sajuring artinya betapa cantiknya Asti yang pipinya memiliki bentuk seperti satu sisir durian.

Yaitu bentuk yang sangat halus padat berisi.

Irunge Cinandra Mbangir

Irunge cinandra mbangir utawa ngundhup mlathi utawa ngrungih.

Jadi cinandra irunge bisa beberapa pilihan yaitu;

  • Mbangir;
  • Ngundhup mlathi; utawa
  • Ngrungih

Ketiganya memiliki arti hidung yang mancung, bentuk irung kang lancip nglingir. Artinya pujian untuk bentuk hidung yang tajam mancung.

Tuladha ukara contoh kalimat irunge cinandra ngrungih misalnya adalah: bocah kuwi irunge ngrungih artinya anak itu hidungnya mancung.

Rambute cinandra ngembang bakung, ngandhan-andhan, ngombak banyu

Untuk kata pujian bentuk rambut yang indah dalam Bahasa Jawa yaitu ngembang bakung atau ngandhan-andhan, bisa juga dengan ngombak banyu.

Jadi jawaban perangane awak cinandra ngembang bakung, ngandhan andhan utawa ngombak banyu yaiku rambut.

Tuladha ukara : Saben arep mangkat sekolah Asti sisiran rapi amarga rambute ngombak banyu, artinya setiap hendak berangkat sekolah asti menyisir dengan baik karena rambutnya ikal.

Jadi artinya ngandhan andhan adalah ikal (untuk rambut).

Tangane Cinandra nggendhewa pinenthang

Jadi tembung panyandra tangan utawa tangane yaiku nggendhewa pinenthang, tegese yaiku kaya gendewa (alat untuk memanah) pinenthang (yang direntangkan).

Ungkapan ini adalah memuji bentuk tangan yang melengkung bagaikan alat pemanah yang direntangkan.

Tuladha ukara Asti wangun banget anggone nari amarga tangane nggendhewa pinenthang artinya Asti sangat patut dalam menari karena tangannya bagaikan alat panah yang direntangkan.

Demikianlah informasi Bahasa Jawa pipine cinandra nduren sajuring, irunge cinandra ngrungih, rambute cinandra ngandhan-andhan lan tangane cinandra nggendhewa pinenthang. Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.