Tembung Panyandra Tangane Nggendewa Pinenthang

Tembung Panyandra Tangane Nggendewa Pinenthang

Tembung Panyandra Tangane yaiku Nggendewa Pinenthang Tegese astane nggandhewa pinentang, lengene kaya kaya gêndhewa dipênthang, tegese yaiku lêngên sing sikute nêkuk mlêbu candraning perangan awak lengen. Contoh Ukara Tuladha kaya ana ing ngisor lengkap dengan Basa Jawa dan artinya kedalam Bahasa Indonesia.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, jadi dalam Bahasa Jawa, candrane tangan yaiku nggandhewa pinenthang tegese yaiku lengen kang sikute nekuk mlebu. Artinya adalah pujian untuk bentuk tangan yang bagus adalah seperti busur yang dibentangkan, tangannya menekuk kedalam.

Adapun arti secara harfiah, nggendewa atau nggandewa asale saka tembung gandewa, yaiku piranti sing dianggo nglêpasake panah. Gendewa artinya adalah busur, yaitu alat yang dipergunakan untuk melepaskan anak panah.

Jadi Sing dicandra utawa cinandra nggendhewa pinenthang yaiku tangan utawa astautawa lengen.

Kalau anda memperhatikan busur panah yang dibentangkan (gendewa pinentang) maka anda akan melihat bagaimana tekukan yang masuk kedalam. Hal ini dalam khazanah budaya Jawa sebagai pemisalan atau memiripkan dengan keadaan tangan yang indah berupa menekuk kedalam.

Biasanya para penari yang cantik dan luwes mempunyai model tangan seperti ini, meskipun tidak semuanya.

Jadi sudah jelas ya apabila ada soal atau pertanyaan yang berbunyi candrane perangane tangan yaiku nggendewa pinentang. Anda silakan cari tulisannya mana yang benar secara ejaan. Sepertinya spelling atau ejaan yang tepat sebagaimana dalam judul artikel ini.

Tuladha Contoh Ukara Tembung Panyandra Tangane Nggendewa Pinenthang

Gawea utawa wenehana contoh tuladha ukara panyandra perangane tangan kang cinandra nggendewa pinenthang Basa Jawa jangkep karo artine Basa Indonesia.

Semisal dalam ujian ada soal yang menyuruh untuk membuat contoh kalimat candrane tangan dalam Bahasa Jawa.

Langsung saja seperti ini contoh tuladha ukarane.

Anggone Asti Setyorini nari apik banget, tangane nggendewa pinenthang, eseme pait madu, jogede kadya merak kasimpir.

Artinya adalah sebagai berikut,” Asti Setyorini dalam menari sangat bagus, tangannya bagai busur yang dibentangkan, senyumnya sangat manis dan gerakannya lemah gemulai.

Satu lagi contohnya adalah sebagai berikut;

Salah sawijine perangane awak Asti Setyorini kang endah yaiku tangane, sakliyane putih resik, uga nggandhewa pinenthang. Artinya salah satu bagian tubunya Asti Setyorini yang indah adalah tangannya, selain putih dan bersih juga berbentuk sebagaimana busur yang membentang.

Nah demikianlah informasi mengenai perangan awak cinandra kadya gandewa pinenthang lengkap dengan arti dan terjemahnya dari Basa Jawa kedalam Bahasa Indonesia. Maturnuwun dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*