Tegese Dawa Tangane, Tuladha Ukara Kalebu Jenise

Tegese Dawa Tangane, Tuladha Ukara Kalebu Jenise

Dawa Tangane tegese yaiku climut, seneng njupuk barange liyan utawa darbene liyan artinya yaitu suka mengambil barangnya milik orang lain. Singkatnya suka mencuri, kalebu utawa kagolong jinis tembung entar Basa Jawa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuhu, wilujeng sonten, selamat sore para pembaca internet yang budiman.

Kali ini kita akan membahas mengenai ungkapan bahasa Jawa yang memiliki arti (nduweni teges) atau makna suka mengambil barangnya orang lain.

Istilahnya yaitu clemer (culika, dhêmên nyênyolong), climut dan lain sebagainya. Yang jelas intinya bermuara pada arti mengambil barang atau uang orang lain dengan mencuri.

Arti secara harfiah dawa tegese yaiku kasakbaline cendhak artinya panjang, kebalikan dari pendek. Adapun tangan yaiku anggotaning badan sing dinggo nyekel, anggota badan yang dipergunakan untuk memegang.

Ungkapan suka mencuri dalam Bahasa Jawa ini sepadan dengan istilah dalam bahasa Indonesia yang berbunyi “panjang tangan”. Memiliki arti dan makna serta kata-kata yang sama secara terjemahannya.

Tuladha Ukara tembung Dawa Tangane Tuladhane Ukarane Basa Jawa contoh Kalimat

Berikut ini adalah contohnya kalimatnya dalam Bahasa Jawa mengenai perilaku suka mengambil barang milik orang lain yang masuk kategori tembung entar.

Langsung saja ini dia contohnya.

“Agustinus dawa tangane, wingi sore njupuk dompete juragane lan konangan” artinya Agustinus panjang tangannya (suka mengambil barang milik orang lain dengan sembunyi-sembunyi), kemarin sore mengambil dompet juragannya dan ketahuan.

Contoh lainnya dalam kalimat menggunakan Bahasa Jawa tentang orang yang suka mencuri adalah sebagai berikut;

“Kawit biyen Agustinus wis kawentar dawa tangane amarga akeh uwong kang ngonangi tingkah polahe rikala jupuk barange tangga-tanggane”.

Artinya yaitu sudah semenjak dahulu kala agustinus terkenal panjang tangan karena banyak orang yang memergoki perbuatannya pada saat mengambil barang milik para tetangganya.

Demikianlah informasi mengenai tembung entar dawa tangane tegese artine dalam Bahasa Jawa seneng jupuk barang darbene liyan lengkap dengan contoh kalimat, tuladha ukara beserta arti dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top