Tembung Panyandra Dedege Ngringin Sungsang Pideksa Tegese

Tembung Panyandra Dedege Ngringin Sungsang Pideksa Tegese

Tembung panyandra Dedege Ngringin sungsang utawa pideksa tegese artinya dalam Bahasa Jawa lengkap dengan contoh ukara tuladha Candrane dedege dan artinya kedalam Basa Indonesia.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi para siswa siswi pada sekolah maupun madrasah.

Kali in ikita akan membahas tentang tembung panyandra dedege. Jawabannya ada dua yaitu pideksa atau ngringin sungsang.

Sebagaimana kita ketahui bahwasanya Tegese tembung panyandra adalah unen – unen saemper pepindhan kang surasane mawa tetandingan sarta ngemu teges mirip utawamemper. Kang dicandra baba becike lan mengku ngalemkaendahan, kayata kahananing manungsa, kahanane satakewan, kahanane tetuwuhan, kahanane alam lsp.

Yaitu suatu ungkapan yang mirip, memisalkan yang rasanya seperti menandingkan serta mempunyai arti seperti, yang dicandra adalah hal yang baik dan mengandung pujian keindahan, semisal keadaan manusia, kondisi hewan, tumbuhan, alam dan lain sebagainya.

Jadi dalam bahasa Jawab, dedege asale saka tembung dedeg kang tegese yaiku dhuwuring pawakan (utawa barang); jadi maksudnya dalam ungkapan ini adalah perawakan, atau postur tubuh manusia.
Ngringin sungsang ateges saemper kaya ringin kang jenise sungsang.

Jadi maksudnya adalah perawakannya bagaikan jenis tumbuhan yaitu beringin sungsang.

Bagaimana maksudnya? Kenapa mendapat sebutan seperti itu?

Karakter pohon beringin adalah tinggi besar, kokoh, mempunyai akar yang kuat. Jadi sebagai penggambaran seseorang yang memiliki perawakan yang tinggi besar serta kuat.

Sehingga cocok bahwasanya pujian untuk orang yang mempunyai bentuk tubuh ini pemisalannya bagaikan pohon beringin jenis sungsang.

Namun sebagaimana dalam bagian awal penulisan bahwasanya panyandrane dedege yaiku pideksa.

Apa tegese pideksa? Yaiku gêdhe lan dhuwure timbang. Jadi tinggi besarnya seimbang, bagus tidak wagu, bentuknya wangun.

Tuladha ukara Tembung Panyandra Dedege Ngringin Sungsang/pideksa

ciri cirine tembung panyandra
ciri cirine tembung panyandra

sebagai suatu hal yang khas, jika anda ingin mengetahui titikane tembung ini, anda bisa menuju artikel tentang ciri-ricine tembung panyandra.

apa perangane awak kang panyandrane pideksa (gêdhe lan dhuwure timbang) utawa ngringin sungsang? Ah tentu anda sudah tau jawabannya.

Lanjut contoh kalimat atau tuladha ukara nganggo tembung kang ana ing ndhuwur.

Semisal ada soal seperti ini, gawea utawa wenehana tuladha tembung panyandra dhedhege awak!
Berilah contoh kalimat pujian untuk manusua yang menggunakan kata postur tubuh!

Atlit gulat kang menang olimpiade taun wingi dhedhege ngringin sungsang. Artinya atlet gulat yang menjadi pemenag dalam olimpiade tahun kemarin mempunyai postur tubuh yang tinggi besar dan bagus.

Contoh selanjutnya, Akeh penyanyi Korea kang dhedhege pideksa. Artinya banyak sekali penyanyi dari korea selatan yang mempunyai postur tubuh seimbang tinggi dan besarnya.

Nah itulah perangane awak kang cinandra utawa Candrane dedege yaiku pideksa atau ngringin sungsang lengkap dengan arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top