Cara Merawat Aki Mobil Merk Incoe Produksi Astra

cara merawat aki mobil
Share

Cara Merawat Aki Mobil Merk Incoe produksi Astra. Karena stater mobil tua Panther 2.3 tahun 1992 sudah susah kemudian saya mencoba utak atik dengan seorang kawan yang ahli bidang elektronik. Setelah aki di charge full sampai kapasitas 14 koma sekian tetap saja tidak bisa ngangkat stater mobil.

Akhirnya dengan berat hati saya mengeluarkan dompet untuk menebus aki mobil isuzu panther dengan merk incoe dengan ukuran ampere 65Ah 12V 530CCA (NS70) sebesar Rp. 700.000,- dengan syarat aki lama yang soak diambil pihak penjual.

Sebenarnya saya pengennya memakai merk GS Astra, namun apa daya harganya saat itu (16 Februari 2022) mencapai Rp. 910.000,- (tukar tambah dengan aki lama). Karena budget harus rata kesana kemari ya sudahlah pake incoe saja yang lebih irit 200 ribuan selisihnya dengan GS Astra.

Untuk harga diluar saya tidak tahu, saya belinya pada toko aki dekat tempat saya tinggal.

Oh iya, awalnya saya mengira aki mobil panther tuwir ini memakai yuasa, ternyata pakai incoe juga.

Pada aki lama yang soak ini tertera tanggal pembelian 24 April 2018. Kira-kira dua bulan lagi usianya mencapai 4 tahun.

Bilangnya penjual aki katanya terlalu awet hihiihiii, mau saya sih tetep normal ampe tujuh tahun, namun apa daya baru 4 tahun sudah tidak mau bekerja sama.

Baiklah, pada tulisan kali ini saya menyadur mengenai cara merawat aki incoe untuk mobil panther berdasarkan tulisan yang ada pada boks pembungkus aki baru.

Ini dia battery maintenance alias pemeliharaan baterai (Aki mobil)

Cara merawat aki mobil pemeliharaan baterai stater kendaraan alias battery maintenance

Ada 4 (empat) hal dalam maintenance battery alias pemeliharaan baterai, bahasa awamnya yaitu tips dan kiat serta cara merawat aki mobil, khususnya untuk diesel semisal panther atau kijang dengan kapasitas ampere 65Ah.

Pertama, Jagalah batas elektrolit pada kisaran batas atas dan batas bawah. Apabila berada pada batas bawah, tambahkan dengan air demineralisasi. Catatan! Jangan menggunakan asam sulfat atau cairan lainnya.

Kedua, bersihkan baterai (aki mobil sampean) dari kotoran utamanya pada area lubang gas.

Ketiga, periksa kabel atau koneksi yang longgar, kencangkan apabila kurang kuat menempel.

Keempat, bersihkanlah terminal dan konektor.

Itulah cara memelihara aki supaya lebih maksimal dalam penggunaannya. Anda bisa melihat tips dan kiat ini pada boks aki incoe 65 ampere untuk kendaraan mobil diesel.

Demikian sekedar membagikan informasi mengenai merawat aki supaya tokcer dan prima dalam pemakaiannya. Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan batrei mobil yang barakah dan awet serta tahan lama. Wilujeng dalu, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.