Keawetan Aki Incoe Untuk Mobil Panther, Kuat Berapa Lama?

isuzu panther 2.3
Share

Aki Incoe masa pemakaian dan keawetannya Untuk Mobil isuzu Panther 2.3 lansiran tahun 1992 (dah tuwir juga ya) dengan pemakaian harian normal, jarang keluar kota alias hanya sesekali saja, Kuat Berapa tahun Lama usia pemakaiannya?

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, pada tahun 2018 saya membeli isuzu panther dengan kapasitas mesin 2.3 cc produksi tahun 1992. Mobil ini sebelumnya milik paman saya kemudian dilego kepada ponakannya (yaitu saya).

Lumayan murah juga, tidak mencapai harga 30 juta, namun kondisi body nya ya memprihatinkan, utamanya cat yang sudah retak dan mengelupas.

Tapi ya mau bagaimana lagi, ama motor yamaha N-Max atau honda PCX saja lebih murah, ya alhamdulillah boleh ngangsur untuk mbayarnya.

Saat deal mengenai jual beli, paman saya juga menambahkan bahwa aki mobil lumayan belum lama, barusan beberapa saat membelinya.

Keawetan Aki Incoe berapa tahun Untuk Mobil Panther

Dulu saya mengira merknya adalah yuasa, namun saat saya tukar tambah dengan yang baru ternyata aki panther ini merknya adalah incoe.

Sebuah merk versi murah produksi astra, yang kelasnya lebih tinggi yaitu GS Astra, selisih harganya kisaran Rp. 200.000,-.

Menengok tanggal pembelian aki, pada body batrei mobil ini ada tulisan 28 April 2018.

Kemarin (16 Pebruari 2022) saya dengan terpaksa menggantinya karena sudah tidak bisa lagi untuk mengangkat stater mobil. Di isi alias di charge (cash) dengan peralatan elektronik, masuk daya listriknya. Namun begitu mesin dihidupkan, aki tidak mampu memutar mesin.

Akhirnya kesimpulan adalah perlu replace alias penggantian dengan lembiru, lempar akinya ganti yang baru.

Kalau mengukur tanggal pembelian paman saya dengan waktu saya mengganti, maka rentang waktunya adalah 28 April 2018 – 16 Pebruari 2022. Jadi 4 tahun kurang 2 bulan saja (3 tahun 10 bulan).

Jare bakule battery usia aki segitu wis keaweten, terlalu awet.

Namun gejala aki sudah mengalami penurunan performa sudah saya rasakan sebelumnya, kisaran 6 bulan sampai dengan 1 tahun.

Yaitu aki mengalami penurunan kekuatan sedikit demi sedikit, sehingga kisaran dua bulan sekali saya perlu mengecashnya supaya bisa mengangkat stater mesin mobil.

Dan kendaraan ini sama sekali tidak bisa hidup kira kira sudah 3 bulan sebelumnya, yaitu pada bulan desember 2021.

Usia Pemakaian Aki

Kalau melihat kondisi ini, berdasarkan pengalaman pribadi dan aki pada mobil isuzu panther dengan ampere 65 Mah ini memiliki usia pakai kisaran 3,5 tahun.

Saya browsing-browsing kesana kemari mencari informasi usia pemakaian aki.

Informasinya berbeda-beda, yang jelas kebanyakan menyampaikan usia pakai kisaran 2-3 tahun.

Mestinya ada juga pengalaman yang lebih cepat rusaknya atau lebih lama usia pemakaiannya.

Karena berdasarkan penuturan sopir angkutan umum namane batrei stater mobil alias aki bejan bejan usia pemakaiannya. Begitu pula penjual aki mengatakan memang usia batrei tidak bisa kita menebaknya dengan tepat.

By the way saya melakukan tukar tambah aki incoe pada toko dekat rumah dengan harga Rp. 700.000,- (tujuh ratus ribu rupiah). demikian pengalaman pribadi, jika anda punya pengalaman berbeda dengan merk sama atau yang lain silakan corat coret pada kolom komentar.

Terima kasih sudah berkunjung, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.