perbandingan-toyota-rush-dengan-avanza

ALASAN MEMILIH TOYOTA RUSH DIBANDING AVANZA VELOZ

Informasi tentang alasan seorang konsumen roda empat yang memilih kendaraan roda empat merk toyota seri rush dibandingkan avanza veloz hasil obrolan ringan disaat kunjungan sillaturrahmi dari seorang adik kepada kakak perempuannya.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Sugeng enjang poro penyimak dunia maya, kali ini merupakan ulasan tentang mobil avanza dan toyota rush dengan transmisi manual alias bukan versi matic dari kacamata pengguna alias konsumen serta komparasi kenyamanan, luas kabin bentuk model dan diameter putar kendaraan.

Obrolan ini berlangsung dalam suasana santai dirumah, sebelumnya pak kepala sekolah yang beristri seorang guru ini mengendarai toyota avanza keluaran tahun 2009, yang kemudian dijual kepada temannya sesama guru, kemudian ngreyen atau beli lagi mobil baru dari toyota juga seri rush.

Alasan menjual avanza

Yang pertama saya iseng tanyakan adalah alasan kenapa menjual avanza? Kondisi kendaraan masih bagus dan prima (sekedar catatan, sang pemilik sangat memperhatikan kesehatan mobil baik dari segi perawatan maupun sevice dan tidak segan keluar biaya untuk kondisi kendaraan yang prima).

Lanjutan pertanyaan ini adalah, apakah mobilnya sudah tidak enak, atau bosen, atau bingung banyak duit mau ditaruh dimana?

Ternyata jawaban yang keluar melenceng jauh dari tiga pertanyaan. Alasan avanza dijual karena seorang teman yang sering ikut di dan naik mobil ini pengen memiliki dengan cara membelinya.

Singkat kata alasan dijual bukan karena mobil sudah enggak enak atau butuh diut atau lagi kelebihan dana uang juga bukan karena bosan.

Deal harga mobil ini (avanza tahun 2009 plat Bekasi) adalah Rp. 85.000.000,- (delapan puluh lima juta rupiah), tanpa menawar dibayarlah harga sekian diatas.

Beda luas kabin avanza dengan toyota rush

perbandingan-interior-avanza-dengan-toyota-rush
kabin toyota rush dan avanza

Setelah tau riwayat penjualan mobil, tanya lagi mengenai ruangan dalam mobil, lebih lega mana antara toyota avanza dengan rush?

Menurut versi sang pemilik, secara luas kabin avanza lebih lega, alasannya untuk toyota rush termasuk model SUV sedangkan avanza dalam kategori MPV alias penggunaan sehari hari.

Padahal secara kasat mata dilihat mobil rush nampak lebih besar dan kekar, tapi dalam kenyataan pengalaman orang yang pernah memeliharanya menyimpulkan bahwa kabin mobil avanza lebih luas dan lega.

Radius putar avanza lebih baik daripada toyota rush

radius-putar-toyota-rush-avanza
kekuatan belok

Hal yang dibahas termasuk didalamnya kemampuan belok ban depan mobil, ternyata nekuk atau belok mobil avanza lebih dalam atau lebih baik.

Keterangannya untuk rush baru sedikit menoleh sudah mentok. Bisa jadi karena konstruksi mobil yang relatif sempit untuk area membelok ban mobil.

Dampaknya adalah area untuk putar balik mobil rush lebih luas dan jika masuk gang gang sempit tidak bisa langsung belok, harus maju mundur cantik dahulu, beda avanza dengan belokan lebih dalam adakalanya bisa sekali jalan saja tanpa perlu mundur dan maju.

Dijalan tol dan halus lebih nyaman avanza daripada toyota rush

Nah sekarang urusan perjalanan di medan yang mulus, menurut sang empu toyota rush, kenyamanan avanza lebih baik.

Salah satu faktor yang mengurangi kurang nyamana toyota rush ini adanya rasay griyul giyul (ada goyangannya). Analisa sang pemilik karena ground clereance rush yang lebih tinggi dan model ban yang besar menjadi faktor mobil tak senyaman avanza.

Juga berdampak terhadap body roll atau limbung, rush yang notebene lebih tinggi dan besar body nya lebih terasa limbung pada saat menikung dibandingkan dengan toyota avanza.

Body besar rush kurang cocok masuk di gang gang sempit, mendingan avanza

parkir mobil

Ini informasi tambahan, dengan body yang besar merupakan kesulitan tersendiri bagi penyopir toyota rush jika masuk gang gang sempit, dengan body yang lebih lebar dari avanza kadangkala harus sangat berhati hati memasuki gang karena hanya pas per spion ke spion.

Ditambah lagi tantangan radius putar mobil yang luas atau belok ban depan yang tidak sebanyak avanza, ritual belokan di gang sempit menjadi maju mundur yang lumayan memakan waktu beberapa kali.

Kenapa pilih toyota rush daripada avanza veloz jika lebih nyaman avanza

Dari review nara sumber ini kesimpulan saya untuk kalangan yang sangat jarang melewati jalan offroad maka toyota avanza lebih recommended dibandingkan dengan mobil rush.

Tapi faktanya beliau tetap membeli rush di bulan Desember tahun 2019 (baru sebulan saat artikel ini diturunkan), kenapa? Apa alasannya?

Ternyata alasan pemilihan rush daripada avanza karena yang milih adalah istrinya 😀 . alasan sang istri simpel saja, tidak mempertimbangkan faktor faktor ketidaknyamanan rush dibanding avanza yang tadi diutarakan.

Alasan pilih rush daripada avanza karena faktor model saja. Menurut sang istri bentuk avanza veloz jelek, dia tidak suka sehingga lebih memilih rush dengan mengabaikan faktor dan data diatas.

Saya tanya kepada pemilik mobil, sebenarnya lebih memilih avanza veloz, tapi ya demi kemaslahatan ummat akhirnya beli toyota rush.

Kisah pembeli avanza sebelum melakukan penawaran

Beliau juga mengisahkan mengenai sang pembeli, bahwasanya sebelum meminang avanza lansiran 2009 seharga 85 juta ini berdiskusi dengan istrinya.

Apa pasalnya? Usut punya usut yang punya duit alias dana untuk membeli mobil adalah sang istri sehingga suami tidak dapat sesuka hati ingin beli kendaraan dan tawar menawar harga tanpa persetujuan belahan jiwanya.

the-power-of-emak-emak

Setelah sang istri acc perihal keinginan untuk beli mobil ini baru suaminya berani mengutarakan niat untuk membeli mobil avanza tahun 2009 ini.

Itulah sekelumit komparasi perbandingan antara mobil toyota rush baru tahun 2019 dengan avanza keluaran 2009 menurut pemiliknya.

Apapun itu ternyata the power of emak emak memiliki tempat dan lokasi bargaining tersendiri dalam mewujudkan kepemilikan mobil (dalam kasus ini).

Demikian sekelumit kisah, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: