Oli yang Cocok untuk Honda Astrea Grand Ganti KM berapa bulan Sekali

honda grand 92
Share

Rekomendasi oli mesin minyak pelumas untuk motor tua honda astrea grand berdasarkan rekomendasi produsen pelumas dunia yang menjawab pertanyaan saya via email dan menjawab lewat WA maupun surat elektronik.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, wilujeng enjang selamat pagi. Anda memiliki motor tua keluaran honda?

Saya juga punya, yaitu honda (astrea) grand lansiran 1992, ada yang menyebutnya grand bulus atau kodok. Usianya sampai saat ini (dari 1992-2021) usianya mencapai 29 tahun.

Sudah tua juga ya untuk ukuran motor, kalau cewek sih malah ranum-ranumnya semok-semoknya hihihii, sedang matang sebagai seorang wanita yang mapan ekonomi dan body.

Oh iya, motor saya ini ditawar seorang kawan yang punya samben makelar sebesar tiga ribu (maksudnya 3 juta rupiah).

Saya masih sayang dengan motor yang dibeliin emak pada kisaran tahun 2008. Iya saya belinya 2nd, tidak ngreyen. Kalau tidak salah jaman itu emak saya bayar Rp. 4.100.000,- (empat juta seratus ribu rupiah).

Oli yang Cocok untuk Honda Astrea Grand Rekomendasi Produsen Pelumas Dunia

Balik lagi kita tentang minyak pelumas atau oli mesin rekomendasi untuk honda astrea grand yang masuk kategori dalam sepeda motor sudah berumur (kalau kata lugasnya yaitu motor tua, pit tuwek).

Bukan merk tertentu yang menjadi rekomendasi pada tulisan ini, namun standar SAE yang menjadi patokan oli yang cocok untuk motor kesayangan anda.

Tambahan info, kapasitas oli mesin honda astrea Grand adalah 0,8 Liter atau 800 cc.

Ini dia kisah saya menggali informasi.

Saat itu saya menyampaikan bahwa saya punya motor honda grand lansiran tahun 1992 dengan pemakaian wajar, berjalan biasanya antara 60-80 km/jam. Termasuk tidak terlalu sering pemakaiaannya.

Kemudian saya bertanya, oli apakah yang anda rekomendasikan untuk kondisi mesin standar kendaraan sepeda motor dengan keadaan tersebut?

honda grand 92
honda astrea grand tahun 1992 yang sudah menemani semenjak tahun 2008

Sekedar informasi, beberapa produsen oli mesin yang saya kirimi email antara lain (yang saya ingat) yaitu; idemitsu, shell, agip, petronas, federal, dll.

Intinya produsen oli mesin yang mencantumkan alamat email pada website nya saya tembusi.

Kemudian beberapa dari mereka merespon beberapa hari kemudian.

Berikut jawaban yang bisa saya dapatkan melalui email dari produsen dan saran SAE, adapula yang mencantumkan produknya sebagai pertimbangan.

Kemudian saya cari produk mereka untuk mengetahui harganya (bisa berubah-ubah dan berbeda, saya mengecek melalui penjual online pada tokopedia bukalapak, shopee dll).

PLI (Petronas Indonesia) Oli Mesin Honda Grand sebaiknya menggunakan pelumas dengan kekentalan/SAE 10W-400 Jaso MA1/MA2 atau SAE 15-50 Jaso MA

10W-40 Jaso MA1/MA2 (kisaran harga Rp. 70.000 – Rp. 75.000,-)
SAE 15-50 Jaso MA (….?)

Saya mencari-cari informasi harga oli motor merk petronas agak gelap, mungkin tidak terlalu banyak populasinya di negeri ini. Dulu saya iseng menanyakan petronas pada toko ganti oli ternyata stocknya tidak ada.

Idemitsu menyarankan grand 92 menggunakan oli Idemitsu 10W-40 SL/MA (harga 0,8 L Rp. 44.000 – Rp. 53.000,-/botol ukuran 800 cc).

Shell melalui customer succsess specialist Indonesia email menyampaikan untuk sepeda motor astrea Grand lansiran 1992 untuk menggunakan oli mesin Shell Advance AX5 15W-40. Saya lihat di situs penjual online harganya kisaran Rp. 40 – 45 ribu rupiah per botol (0,8 liter).

Tentunya merk ini hanya sebagai pertimbangan saja, lha yang menyarankan juga pabrikan yang mengeluarkan, yang penting SAE sebagai paugeran, halah, maksudnya patokan ukuran untuk sepeda motor kesayangan anda.

Kalau pada produk yang ada di pasaran, kebanyakan bengkel yang mudeng per olian menyarankan menggunakan SAE yang angkanya lebih tinggi. Biasanya kisaran 20W-50.

Dengan oli SAE 20W-50 Mesinnya lebih halus dan jarang slip kopling, namun tarikan menjadi agak berat.

rekomendasi oli mesin honda grand yang cocok
motor honda grand 92 milik mas Darto, (Wong Toroh Grobogan Jawa Tengah)

Intine, jika memakai oli SAE 20W-50 kelebihannya atau plusnya yaitu suara mesin menjadi halus dan lebih awet, jarang slip kopling, minusnya adalah tarikan motor jadi lebih abot.

Lain lagi jika sepeda motor anda keluaran masih baru dan presisi besi mesin kendaraan anda, biasanya pabrikan ataupun produsen pelumas akan menyarankan oli dengan spesifikasi SAE 10W-30.

Jadi rumusnya rodo gampang, semakin tua umur motor anda, maka semakin anda cari saja SAE nya yang lebih tinggi atau banyak.

Jarak Km penggantian oli mesin Astrea Grand berapa kali sebulan

Selain menanyakan spesifikasi oli mesin yang cocok untuk pit montor tuwek ini, saya juga meyakinkan diri sendiri berapa jauh jarak tempuh penggantian oli honda grand tahun 92 atau lebih muda yaitu 1991 maupun yang lebih muda, 1993 – 1995 dan lain sebagainya.

Para produsen oli mesin ini kompak menyarankan untuk melakukan penggantian oli mesin grand apabila menempuh jarak kisaran 1.500-2.000 km. Atau apabila sudah mencapai durasi pemakaian 2 bulan maka oli perlu diganti.

Dalam kasus ini mana yang didahulukan? Secara umum mana yang terlebih dahulu tercapai, apakah 2 bulan atau 2000 kilometer, mana yang lebih dulu anda capai silakan anda ganti oli mesin motor 4 tak ini. Begitulah saran para produsen dunia oli mesin atau minyak pelumas ini.

Intinya, meski belum mencapai 2 ribu kilometer pemakaian maka oli mesin tetap perlu diganti setidaknya dua bulan sekali.

Demikianlah informasi mengenai rekomendasi oli mesin untuk motor honda astrea grand rekomendasi minyak pelumas supaya kendaraan awet, suara halus dan cocok untuk motor tua.

Salam kenal, salam satu honda grand, Wilujeng sonten, selamat sore dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.