Cara Mengganti Aki Mobil Isuzu Panther saran produsen Encoe

cara mengganti aki mobil
Share

Cara Mengganti Aki Mobil Isuzu Panther saran produsen Encoe astra yang di produksi oleh PT Century Batteries Indonesia yang berada di Kawasan Industri Mitra (KIM) Karawang, tata cara penggantian yang benar sesuai urutannya kutub negatif maupun positif.

pontren.com – assalaamu’alaikum, hari ini (16 Pebruari 2022) saya menebus aki merk incoe dengan kapasitas ampere sebesar 65Ah dengan 12 valve 530CCA. Ada tulisan pada boksnya yaitu 65D26R artinya saya juga belum browsing.

Intinya berapa kapasitas ampere aki mobil isuzu panther? Jawabnya bisa 65Ah atau 75Ah, tergantung kelistrikan yang anda pakai.

Jika seperti milik saya yang bahkan tape (tip) dan salon tidak ada, fungsinya hanya untuk stater saja saya kira cukuplah yang 65 ampere, atau setidaknya buat suplai kelistrikan tata suara alias tape mobil.

Namun jika ada penambahan lain seperti lcd, monitor, apalah apalah tambahan yang memerlukan tenaga listrik, saran saya mobil diesel isuzu panther sampean nyari saja yang kapasitas ampere nya 75.

Saya nebus incoe NS70 (dengan ampere 65 Mah) dengan harga Rp. 700.000,- (tujuh ratus ribu rupiah). syaratnya aki lama yang soak dibawa pulang ama pemilik toko aki.

Sekedar informasi, sebelumnya saya juga menggunakan merk incoe dengan ukuran dan kapasitas yang sama, tanggal pembelian pada body aki tertera 28 April 2018, tinggal 2 bulan lagi mencapai pemakaian 4 tahun. Pantesan sudah rewel tidak mau ngangkat mesin berbunyi. Hufttt……

Cara Mengganti Aki Mobil Isuzu Panther saran produsen Encoe

Jadi saya menulis tata cara penggantian aki mobil ini berdasarkan tulisan yang ada pada boks batrei mobil yang barusan saya beli.

Ada 6 langkah untuk melakukan penggantian aki secara benar menurut versi produsen incoe.

Apa saja langkah-langkahnya?

Ini dia saduran tulisannya;

Pertama, matikan mesin mobil anda (merk apapun) kemudian copotlah anak kuncinya.

Kedua, lepaskan kabel pada terminal negatif terlebih dahulu, dan lanjutkan kemudian dengan terminal kutub positif. Ingat, kalau melepaskan kabel aki rumusnya yang negatif dulu baru kemudian yang positif.

Ketiga, lepaskan pengikat aki atau klem selanjutnya bersihkan klem pengikatnya beserta kabel terminal jika ada korosi maupun karat. Supaya arus listrik bisa lancar dalam menghidupkan sumber daya yang anda inginkan.

Keempat, ganti dengan aki baru, pastikan sudah ada air aki dengan ukuran 1.260-1.280 (20 deg C) sampai batas atas.

Kelima, Pasang terminal positif terlebih dahulu, lanjutkan dengan terminal negatif. Ingat, kalau masang, yang positif dulu kemudian baru kutub negatifnya.

Keenam, Pastikan kedua terminal dalam keadaan posisi yang tepat, serta pengikat atau klem aki kuat kencang memastikan aki berada pada tempatnya secara benar dan bakoh. Aduh apa ya bahasa Indonesianya bakoh, ya kuwilah pokoke.

Demikianlah urutan cara melepaskan aki dan memasang yang baru langkah-langkah mengganti sesuai anjuran pabrik produsen batrei mobil.

Terima kasih sudah mampir, wilujeng dalu, selamat malam dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.