Ganti Aki Mobil Civic Genio, Harga, Ampere, Usia Pemakaian

Share

Sabtu pagi saya wa ke teman saya untuk ngecek apakah ada di Rumah, caranya dengan bertanya,” prei-prei jeng-jeng kemana mas bro? Jawabnya aki mobilnya soak, rusak alias mati. Ora kenek di enggo sehingga dirumah saja.

pontren.com – Mobilnya adalah Honda Civic Genio tahun 1995 dengan kemampuan 1.600 cc. Tidak bisa di stater karena memang akinya sudah perlu ganti. Saya dikirimi foto akinya, tampat tanggal pembelian yaitu 24 Juni 2016. Wis suwiii, lima tahun pemakaian.

kemudian saya tanya-tanya, berapa harga aki mobil genio? Tau sendiri khan zamannya online, bisa belanja lewat hape. Kemudian dia memberi jawaban mengenai harganya.

Harga Aki Civic Genio

Berdasarkan browsing kesana kemari melalui ponsel android, kisaran harga aki civic genio adalah Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Untuk harga pada lapak toko ofline alias bengkel biasa, kisaran harganya juga sama saja.

Nampaknya konco saya memilih untuk membeli langsung alias ofline.

Alasannya beresiko jika membeli secara online, tidak yakin kondisinya dan mahal di ongkir, abooot bobote aki. Oh iya, untuk jenisnya adalah aki Basah, bukan kering.

Ukuran ampere Aki Mobil Genio

Untuk ukuran standar pabrikan ataau aki Honda civic genio adalah 45 ampere, begitulah kata teman saya setelah melihat angka pada accu merk Incoe Gold NS60 dengan keterangan 45Ah/20Hr 400 CCA.

Maksudnya ukuran 45 Ah adalah satuan kapasitas aki atau amper yang mampu dialirkan dalam waktu 1 jam.

Sedangkan Hr memiliki arti Hour, artinya jam, singkatnya silakan simak penjelasan ini untuk kapasitas aki Mobil Civic Genio.

45 Ah/20 hr maka hal ini mengartikan, jika aki tersebut dipakai habis dalam kurun 20 jam kapasitasnya adalah 45 Ah. Namun jika dipakai habis kurang dari 20 jam maka nilainya kurang dari 45 Ah.

Masa Pemakaian Aki

Aki merupakan elemen yang memiliki usia pemakaian tertentu, tergantung bagaimana cara memakai dan merawatnya. Ada juga istilah yaitu bejan bejan dalam ngopeni aki.

Akan tetapi ada standar umum masa pemakaiannya, bisa disebut awet atau biasa maupun apes gampang rusak/soak.

Secara normal, rata-rata umur pemakaian aki adalah antara 2 sampai 5 tahun. Hal ini juga berkaitan dengan cara merawat dan memperhatikan ketinggian air aki untuk model basah.

Kapan waktunya ganti aki? Ya nek wis mati tha ya…. yang jelas lazim pemakaiannya antara umur 2 tahun sampai dengan usia 5 tahun.

Jika baru setahun sudah ganti, silakan cek mungkin ada kelistrikan maupun dinamo kendaraan anda yang mengalami konslet atau sampean kurang memperhatikan perawatannya.

Fungsi aki pada mobil

Aki mobil merupakan salah satu komponen utama untuk menghidupan mobil supaya jalan, jika ngadat atau mati tentu sangat merepotkan. Kendaraan roda tidak bisa jalan.

Bahkan jika tekor pada tengah perjalanan ndadak nyurung alias mendorong mobil mogok. Sayangnya ini hanya bisa untuk mobil manual.

Kalau model gigi perseneling tidak bisa didorong supaya hidup. Piye jeal nek otomatis?

Penyebab rusak tidak awet aki

Berikut adalah sebeab aki menjadi cepat habis atau gampang rusak dan mati.

Pemakaian beban aki yang berlebihan. Yaitu anda menambahkan aksesoris yang membutuhkan aliran listrik. Misalnya lampu-lampu tambahan, tape mobil maupun salon tambahan.

Hal ini membuat beban aki berlebihan dari ukuran standar, sehingga arus masuk dan keluar aki tidak seimbang. Menyebabkan gampang tekor sehingga mati.

Aki kotor tidak dipersihkan. Dalam komponen ini, ada sambungan dari aki ke kabel dan seterusnya.

Jika jarang atau tidak pernah dibersihkan maka kotorannya makin lama makin tebal.

Hal ini membuat arus listrik tidak lancar, ada setrum yang terbuang percuma, akibatnya ya aki boros, tekor, dan pada akhirnya soak mati tidak bisa dipergunakan lagi. Alias masa pemakaiannya pendek tidak panjang.

Mobil lama tidak dihidupkan. Yaitu kondisi dimana kendaraan jarang dipakai atau hidup. Gak pernah dipanasi.

Jika mobil tidak pernah dipanasi maka aki menjadi capek, cepat tekor, gampang kehilangan setrum secara percuma.

Saran situs menyebutkan bahwa untuk menjaga setrum aki, setidaknya panaskan mobil setiap hari antara 5 – 10 menit.

Tidak memperhatikan suply setrum aki

Namanya aki, maka ada arus yang masuk, asalnya yaitu dari dinamo. Untuk memastikan kesehatan aki, kudunya sampean juga mengecek kondisi dinamo yang menyuplay arus setrum kepada aki.

Jika setrumnya saja tidak maksimal tentunya suply kurang, padahal kebutuhan aki yang keluar tetap sama, otomatis antara kebutuhan dan pengeluarannya tidak imbang.

Tidak melepas kabel aki saat mobil lama tidak digunakan

Dan faktor lain yaitu mobil ndongkrong lama tetapi kabel aki tidak dicopot.

Untuk mensiasati keadaan ini maka jika mobil berdiam lama dan tidak dipakai, lepaskanlah kabel aki pada kendaraan anda untuk keawetan accu sampean.

Demikian informasi mengenai ganti aki mobil civic genio tahun 1995 milik teman saya,sik umure wis limang tahun pemakaian, wilujeng siang dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *