Cara Mengetik Huruf Hamzah Alif Atas Bawah pada Keyboard Komputer Laptop Netbook

Informasi cara mengetikkan huruf hijaiyah alif hamzah atas bawah dan lam alif pada keyboard laptop komputer ataupun netbook di microsoft word windows office dalam penggunaan pengetikan bahasa arab maupun hadits dan ayat al-Qur’an.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, sugeng dalu pakde budee, bagaimana kabarnya sampean semua malam ini? Semoga dalam kondisi sehat wal afiat dan senantiasa dalam perlindungan Allah Subhana Wa Ta’aala.

Tidak lupa doa dan harapan semoga keberkahan serta keterlimpahan rahmat serta hidayat-Nya kepada kita semuanya. Aamiin.

Baca ; rumus harakat fathah kasrah dhammah pada keyboard Arab

Nah ini merupakan rumus tentang huruf alif hamzah pada keyboard komputer, tentunya berguna bagi para blogger dan menulis di wordpress yang banyak menggunakan teks arabb (arabic text) dalam pembuatan artikel yang diunggahnya.

Dan tidak kalah penting akan sangat berguna bagi mahasiswa mahasiswi yang mengambil jurusan Bahasa Arab baik tadris/pendidikan maupun sastra. Kalau yang sudah semester atas tentunya hafal letaknya.

Bagi yang masih mahasiswa baru bisa jadi perlu grayak-grayak terlebih dahulu dimana letak untuk huruf hamzah alif terletak dibawah maupun diatas.

Yang kesasar disini sudah lumayan canggih ngetik Arab

Sengaja pada postingan ini tidak saya cantumkan atau lampirkan rumusan nama huruf hijaiyah beserta harakatnya.

Asumsi saya, sampean yang tersesat pada postingan ini telah memiliki kelihaian dalam penulisan huruf arab akan tetapi masih ada yang terlewat yaitu dimana letak tombol untuk berbagai variasi penulisan huruh hamzah pada keyboard komputer.

Makanya pada postingan kali ini tidak terdapat rumus harakat dan syakal pada komputer.

Baca : cara memberi harakat tanda panjang Fathah Berdiri (khanjariyah) pada komputer

Berikut ini kami rangkumkan berbagai cara dan rumus untuk menampilkan pada layar monitor komputer desktop anda berbagai macam bentuk model penggunaan alif dan hamzah di microsoft word office maupun windows yang dapat dipakai untuk skripsi tesis maupun disertasi.

Bagi para pegiat tulisan di kanvas dunia maya, anda dapat menggunakan sebagai bahan postingan artikel anda supaya sesuai dalam kaidah penulisan huruf arab yang benar, saya lupa apa namanya, Arabic standard apalah gitu.

Rumus tombol hamzah alif atas bawah kombinasi lam pada komputer laptop netbook

practice makes perfect
dalam Khot, practice makes perfect (C) Faizal Riza Modified

Setidaknya ada 7 buah huruf kombinasi antara hamzah, alif dan lam serta letak hamzah di atas ataupun dibawah alif.

Tanpa basa basi, berikut adalah rumus dari penulisan hamzah alif atas bawah serta kombinasinya dengan huruf lam.

لا = huruf B
أ = Shift + H
إ = Shift + Y
لأ = Shift + G
لإ = Shift + T
لآ = Shift + B
آ = Shift + N

Pastinya tidak perlu dijelaskan maksud dari tombol shift plus huruf yang telah tertera diatas.

Maksudnya dikala anda hendak mengetikkan huruf hamzah diatas alif maka yang perlu anda lakukan adalah memencet tuts shift pada komputer anda, jangan lepaskan, kemudian tekanlah huruf H.

Baca : Cara Menambah harakat di android

Begitu selanjutnya dengan cara penulisan hamzah dibawah alif pada microsoft windows office, entah windows seven, windows 10 ataupun seri yang lainnya, anda pelu menekan tombol shift kemudian diikuti huruf H, maka akan muncul di layar gadget anda huruf (إ)

Nah itulah rumusnya, anda bisa mempraktekkan setiap hari penulisan variasi huruf alif lam dan hamzah ini supaya segera hafal dan lancar seperti mengetik huruf alphabet latin.

Saya menuliskan artikel ini juga karena pernah mengalami stuck ketidak tahuan rumusannya, makanya untuk memudahkan saya mengingat, ya sekalian saja ditulis pada postingan heheee.

Demikian berita malam kali ini, semoga corona segera berlalu, wilujeng dalu,
Wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: