syafahullah artinya adalah

Syafahullah arti tulisan arab dan cara penggunaan

Informasi tentang arti kata syafahullah dan penggunaan secara tata bahasa dilengkapi dengan tulisan arab latin lengkap harakat syakal dapat di tempel pada wa fb twitter dengan metode copy paste.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Sekali tempo kita akan mendengar berita yang memberitahukan ada salah satu sanak saudara handai taulan yang sedang mendapat musibah menderita sakit.

Baca;
Doa meruqyah anggota badan yang sakit #
Bahasa Arabnya semoga lekas sembuh dan doa menjenguk orang sakit #
Jawaban ucapan Jazakallah #

Bentuk simpati yang paling umum refleksi dari mendengar berita seperti ini adalah dengan menguacpkan doa kesembuhan segera untuk si sakit.

Trend di kalangan ikhwan maupun akhwat, banyak memakai istilah istilah dalam bahasa arab yang bagi kalangan komunitas tertentu dapat dianggap sebagai sarana belajar mendalami bahasa arab dengan membiasakan diri mengucapkan serta mendengarkan.

Ada juga bisa sebagai identitas kalangan atau seseorang dalam situasi berhijrah dari tidak yang not good menjadi lebih baik.

Saking semangatnya belajar dan mengucapkan berbagai kosakata, bagi yang sedikit mengerti bahasa arab malah merasa aneh dan tidak bisa dimengerti, karena sang penutur ada yang hanya mendengar kemudian meniru tapi salah dalam penempatan dan pemakaiannya.

Itulah pengantar tentang kalimat syafahullah, sekarang kita menginjak acara selanjutnya yaitu lebih memahami apa dan bagaimana serta artinya dari jumlah atau kalimat syafahullah

Asal kata syafahullah

alumni pesantren kuliah kedokteran
source : pixabay

Kata ini merupakan kosa kata arab yaitu شَفَى – يَشْفِيْ yang jika diartikan kedalam bahasa indonesia mempunyai terjemahan mengobati

Sedangkan syafahullah merupakan gabungan dari kata syafaa + hu + Allah

Tulisan arab syafahullah

Bagi yang hendak menggunakan syafahullah dalam whatsapp baik sebagai DP maupun postingan kiriman, atau di facebook, anda dapat menyalin atau copy paste ( disalin dan ditempel) pada media digital anda.

Berikut cara menulisnya secara lengkap dengan harakat atau syakal baik fathah dhammah maupun tasydid syaddah.

شَفَاهُ اللهُ

Arti syafahullah

Arti syafahullah atau jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah “semoga Allah menyembuhkannya”. Atau maksudnya adalah berharap Allah segera memberikan kesembuhan kepada “dia”.

Kenapa kata “dia” diberi tanda petik? Karena kata “HU” dalam kalimat syafahu merujuk kepada dia laki laki.

Penggunaan kalimat syafahullah

tulisan arab syafahullah syafahallah

Sehingga jika ada informasi bahwa teman anda seorang akhwat sedang sakit dan anda berucap syafahullah maka ada kerancuan atau kesalahan secara tata bahasa arab.

Karena peruntukan dari syafahullah untuk ucapan yang ditujukan kepada seorang laki laki.

Sedangkan jika penderita sakit adalah wanita atau perempuan, maka kalimat yang lebih tepat yaitu menggunakan kata syafahallah yang memiliki arti semoga Allah menyembuhkannya (perempuan atau wanita).

Penutup

Dengan pengetahuan yang bertambah mengenai penggunaan kalimat beserta peruntukannya kepada siapa disampaikan (mengetahui perbedaan penggunaan untuk pria dan wanita) tentunya akan lebih baik untuk pembelajaran bahasa Arab.

Dan juga menghindarkan dosa, lho koq bisa? Lha kalau ada yang mendengar seorang ikhwan atau akhwat salah penggunaan syafahullah atau syafahallah kemudian mencibir dan menghina, hehee.

Sampai disini pembahasan tentang untaian kata syafahullah, semoga dapat menambah wawasan bagi saya sendiri dan kepada para pembaca yang budiman. Salam kenal, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: