Memberi Harakat Tanda Panjang Fathah Berdiri di komputer laptop pada Word office

tanda panjang alif berdiri pada komputer hadza hadzihi

Informasi tentang bagaimana caranya menambahkan harakat tanda panjang fathah berdiri pada desktop komputer maupun perangkat laptop netbook serta notebook menggunakan microsoft office word 2007 maupun 2010 termasuk 2016 dan seri seri yang lainnya.

Pontren.com – assalaamu’alaikum paman dan bulik yang telah mengerti cara memberi harakat dan menulis huruf hijaiyah pada perangkat komputer melalui keyboard baik model notebook maupun laptop, jika anda kesasar kemari, kemungkinan anda mengalami nasib yang sama seperti saya saat bingung saat memberi tanda panjang fathah berdiri ataupun kasrah.

Hal ini (mentok tidak tahu lagi bagaimana caranya menambahkan tanda panjang fathah) juga saya alami saat sedang menulis contoh soal ataupun mencoba menjawab pertanyaan melalui netbook kesayangan lenovo (ya iyalah kesayangan, Cuma satu ini aja punyanya).

Sejujurnya, untuk urusan menulis ayat ataupun hadis tidak terlalu kendala atau masalah mengenai harakat fathah berdiri ini, alasannya karena urusan tulisan ayat sudah memakai aplikasi atau hadits yang memakai metode copy paste.

Baca : font times new arabic cara install dan rumus pengetikan

Lha ndilalah, saat harus menulis hal diluar hadits, blaik ternyata ada kendala yaitu mencari cari tombol berupa fathah berdiri, sudah dicoba tuts keyboard satu persatu termasuk memakai ctrl maupun shift tetep saja nihil alias tidak ketemu tombolnya, akhirnya menyerah berusaha sendiri dan berakhir pada mesin pencari (biasanya google).

Sebenarnya kata yang dipakai simpel saja, akan tetapi karena sangat sering dipergunakan dan termasuk hal yang dasar dalam pelajaran, mau tidak mau aye mencari caranya. Penyebab perjuangan browsing mencari tanda panjang alif ini karena kata hadza hadzihi dan dzalika.

Bagaimana mau bikin artikel untuk anak SD atau orang tua yang belum mengenal bahasa Arab sama sekali jika tidak diberi tanda harakat atau syakal?

Atau memakai tanda panjang dengan huruf alif? Walah malah bisa bisa disalahkan ama bapak ibu guru pengajarnya. Akhirnya setelah beberapa kali percobaan bisa menuliskan kata hadza hadzihi maupun dzalika dengan tanda fathah berdiri.

هٰذَا هٰذِهِ ذٰلِكَ

Kemudian tralala ketemulah caranya memberi tanda fathah berdiri pada komputer ataupun laptop, dan paham kenapa tidak ketemu, karena memang tidak tersedia pada keyboard komputer word office atau pada windows default meskipun sudah memakai keyboard arabic.

Singkatnya anda harus sedikit berusaha dalam memasukkan cara menambahkan harakat berdiri ini dengan beberapa langkah. Apabila tidak ingin repot, silakan dibuat shortcut tersendiri yang mudah diingat dan dipergunakan saat hendak digunakan.

Tanpa basa basi, berikut caranya.

Yang pertama, silakan anda buka word microsoft office anda, apakah model 2007 ataupun 2010 bahkan jika ada 2020 nantinya, untuk memudahkan praktek, silakan ubah keyboard dari latin ke arab supaya memudahkan nanti melakukan percobaan.

Yang kedua yaitu pilih atau klik insert pada toolbar yang berada di bagian atas word office anda.
Kemudian muncul berbagai menu, klik tombol atau tanda symbol (biasanya terletak di sebelah paling kanan), kemudian setelah muncul tampilan beberapa simbol, klik pada tulisan more symbol (dibawah).

tombol-insert-di-toolbar-word
Tombol Insert
tombol-symbol-pada-insert
tombol symbol (biasanya di sebelah kanan)

Kemudian silakan cari simbol yang diberi nama oleh microsoft word dengan nama arabic letter superscript alef dengan character code (Kode Krakter ) 0672. Halah, singkatnya sampean cari saja gambar sebagaimana dibawah ini.

alif-khanjariyah-arabic-letter-superscript-alef
cari simbol alif khanjariyah sebagaimana simbol yang ditandai diatas

Selanjutnya jika anda hendak memakainya (tanda harakat panjang fathah alif berdiri) ini maka klik instert setelah huruf yang hendak anda beri tanda panjang berupa fathah.

Wah, capek juga kalau satu persatu begitu prosesnya, jika hendak menghemat cara tidak harus klak klik insert symbol more symbol serta mencari tandanya, anda dapat membuat short cut atau jalan pintas dengan cara klik pada tulisan shortcut key.

membuat-kode-short-cut-word
jangan lupa klik assign supaya rumus shortcut key berjalan

Kemudian akan muncul seperti ini, selanjutnya anda klik rumus jalan pintas untuk memberi tanda diatas, contohnya saya memberi tanda dengan klik ctrl + shift + Z, kemudian untuk membuat rumus ini berjalan silakan di eksekusi tombol assign, kemudian close. Beres sudah memberi tanda panjang fathah berdiri pada word yang berlaku pula jika anda menulis di blog wordpress notepad maupun media lain milik windows.

Baca : transliterasi tulisan arab ke huruf latin standar ilmiah

Baiklah, biar praktis, berikut langkahnya;

  1. Buka word
  2. Klik insert
  3. Klik symbol
  4. Klik more symbols
  5. Cari tanda alif berdiri
  6. Klik insert untuk memasukkan manual /klik short key untuk membuat pintasan
  7. Klik rumus shortcut key (misalnya ctrl+shift+z) klik assign

Fathah berdiri siap disajikan dengan memencet rumus yang anda buat.

Sekedar tambahan informasi, mengutip dari wikipedia, tanda fathah berdiri disebut dengan Alif khanjariah (Arab: ألف_خنجرية, alif khanjariyyat) adalah tanda baca atau harakat yang dituliskan pada abjad arab sebagai diakritik atau pedoman pembacaan. Harakat ini memiliki makna bahwa huruf yang berharakat alif khanjariah harus dibaca mad fathah atau fathah yang dibaca agak panjang. Sumber : wikipedia : https://id.wikipedia.org/wiki/Alif_khanjariah

Begitu saja tips nya kali ini mengenai penambahan tanda harakat fathah berdiri pada komputer, jika hendak menginginkan tanda kasrah berdiri atau harakat tanda jarr berdiri, caranya persis sama tinggal anda cari pada simbol dimana kasrah berdiri juga termuat didalamnnya. Mekaten paman bulik, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar