Hadza min Fadhli Rabbi artinya serta tulisan Bahasa Arab


tulisan-arab-hadza-min-fadhli-robbi

Informasi tentang arti dari ucapan hadza min fadhli robbi disertai dengan bahasa arab tulisan artinya secara terjemah Indonesia.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Jika ada yang bertanya hadza min fadhli rabbi artinya apa? Tentunya harus mengetahui apa arti dari kalimat yang ditanyakan tersebut.

Baca;
Penulisan Arab Amiin Yaa Rabbal Aalamiin;
Bahasa Arabnya Sama sama Jawaban Jazakallah;
Tulisan Arab Shalawat Nabi

Biasanya kita mendengar ucapan ini merupakan respon seseorang tentang pujian baik harta kekayaan, atau kecerdasan kedalaman keilmuan seseorang bisa pula mengenai kebagusan fisik untuk pria wanita berupa ketampanan atau kecantikan.

Guna mempermudah pertanyaan diatas maka akan dituliskan secara huruf hijaiyah arab kalimat hadza min fadli robbi.

Tulisan arab Hadza min fadhli rabbi

Berikut adalah penulisan kata haadzaa min fadli robbi dalam tulisan arab dilengkapi harakat syakal baik fathah kasrah dhommah maupun syaddah yang dapat di copy paste pada media sosial maupun microsoft word office.

Berikut tulisannya.

هٰذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي

Sekarang anda sudah mengetahui cara penulisannya dalam huruf hijaiyah yang dilengkapi dengan harokat secara lengkap.

hadza-min-fadhli-rabbi-artinya

Jika anda menginginkan cara penulisan secara arab gundul, silakan dilihat dibawah ini

هذا منْ فضْل ربّي

Selanjutnya adalah mengetahui arti dari هٰذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي yang akan di urai secara kata per kata.
Berikut artinya.

Ini = هٰذَا
Dari = مِنْ
Karunia = فَضْلِ
Tuhanku = رَبِّي

Jika diartikan secara keseluruhan dari hadza min fadhli robbi artinya adalah

Ini adalah karunia dari Tuhanku

Terjemah Bahasa Indonesia : hadza min fadhli rabbi

Tulisan Latin هٰذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي

Mengacu kepada transliterasi Tulisan arab ke Bahasa Indonesia atau latin secara karya ilmiah maka perlu diketahui tanda panjang dan pendeknya.

Dalam penulisan karya ilmiah terdapat tanda titik dibawah dan juga kode garis diatas huruf sebagai tanda panjang.

Berikut penulisan yang benar dalam huruf latin mengacu ketentuan penulisan rab ke Indonesia dalam karya ilmiah

Hādżā min faḍli rabbī

Kalimat hadza min fadli rabbi dalam alquran

Kalimat ini (هٰذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي) dapat dilihat dalam al Quran surat pada surat an Naml ayat 40 sebagai berikut lengkap dengan tulisan latin dan terjemahnya.

قَالَ ٱلَّذِى عِندَهُۥ عِلْمٌ مِّنَ ٱلْكِتَٰبِ أَنَا۠ ءَاتِيكَ بِهِۦ قَبْلَ أَن يَرْتَدَّ إِلَيْكَ طَرْفُكَ ۚ فَلَمَّا رَءَاهُ مُسْتَقِرًّا عِندَهُۥ قَالَ هٰذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّى لِيَبْلُوَنِىٓ ءَأَشْكُرُ أَمْ أَكْفُرُ ۖ وَمَن شَكَرَ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِۦ ۖ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ رَبِّى غَنِىٌّ كَرِيمٌ

Tulisan latin : Qālallażī ‘indahụ ‘ilmum minal-kitābi ana ātīka bihī qabla ay yartadda ilaika ṭarfuk, fa lammā ra`āhu mustaqirran ‘indahụ qāla hāżā min faḍli rabbī, liyabluwanī a asykuru am akfur, wa man syakara fa innamā yasykuru linafsih, wa mang kafara fa inna rabbī ganiyyung karīm

Terjemah dalam Bahasa Indonesia : Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari Al Kitab: “Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip”. Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia”. (Q.S. An Naml : 40)

Doa Abu Bakar saat dipuji orang lain

Mengambil tulisan dari rumaysho yang memuat tentang doa dari Sahabat Nabi Muhammad yaitu Abu Bakar ash shiddiiq .

Sedikit informasi tentang Abu Bakar dan nama aslinya, Nama asli Abu Bakar adalah Abdul Ka’bah.

Setelah memeluk Islam, namanya berganti menjadi Abdullah.

Untuk sebutan nama Abu Bakar sendiri sejatinya diberikan langsung oleh Rasulullah SAW.

Arti dari Abu Bakar adalah “Bapak anak unta muda”.

Gelar tersebut diberikan oleh Rasul karena Abu Bakar adalah orang yang bersegera memeluk agama Islam, setelah sampai kepadanya risalah dakwah. Sumber tulisan nama Abu Bakar dapat anda lihat di http://hi.unida.gontor.ac.id/2019/09/05/biografi-abu-bakar-assidiq-dan-sang-diplomat-teladan/

Adapun doa Abu Bakar

اللَّهُمَّ أَنْتَ أَعْلَمُ مِنِّى بِنَفْسِى وَأَنَا أَعْلَمُ بِنَفْسِى مِنْهُمْ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى خَيْرًا مِمَّا يَظُنُّوْنَ وَاغْفِرْ لِى مَا لاَ يَعْلَمُوْنَ وَلاَ تُؤَاخِذْنِى بِمَا يَقُوْلُوْنَ

Tulisan latin : Allahumma anta a’lamu minni bi nafsiy, wa anaa a’lamu bi nafsii minhum. Allahummaj ‘alniy khoirom mimmaa yazhunnuun, wagh-firliy maa laa ya’lamuun, wa laa tu-akhidzniy bimaa yaquuluun.

Terjemah dalam Bahasa Indonesia Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku. Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik dari yang mereka sangkakan, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku, dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka

(Riwayat Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, 4: 228, no.4876.Lihat Jaami’ul Ahadits, Jalaluddin As Suyuthi, 25: 145, Asy Syamilah)

https://rumaysho.com/3207-doa-ketika-dipuji-orang-lain.html
sumber : rumaysho.com

Demikian tulisan arab hadza min fadhli rabbi disertai dengan arti dan terjemah bahasa Indonesia dan ayat alquran yang didalamnya terdapat kalimat diatas.

Selamat magrib, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: