tulisan-arab-allahumma-yassir-wala-tuassir

allahumma yassir wala tu’assir tulisan arab dan arti

informasi tentang cara penulisan allahumma yassir wala tu’assir dalam huruf hijaiyah tulisan arab dapat di copy paste disalin kedalam word atau twitter whatsapp dan juga termasuk facebook menjadi status pada media sosial.

pontren.com – assalaamu’alaikum wr. wb. Sugeng siang bapak ibu mas mbak pembaca blog internet melalui handphone atau gadget baik komputer tablet iphone dan perabot lainnya.

Baca;
Tulisan Arab Ta’awudz Audzu Billahi Minas syaithonirrojiim #
Inna ma’al Usri Yusroo Tulisan arab beserta arti #
Cara Menulis Arab di Word dan ANdroid
#

Siang ini akan kami sampaikan tentang cara penulisan allahumma yassir wala tu’assir dalam bahasa arab menggunakan huruf alphabeth hijaiyah lengkap dengan harakat guna kemudahan dalam membaca maupun menghindarkan dari salah pengucapan.

Koq bisa salah dalam mengucapkan? Ya begitulah karena tidak semua orang bisa membaca huruf arab gundul, dengan keberadaan harakat ini tentunya sangat membantu untuk dapat melafadzkan kalimat dengan benar baik fathah kasrah dhammah maunpun sukun syaddahnya.

Tanpa basa basi, berikut untuk disimak tulisan arab dan artinya.

Tulisan arab allahumma yassir wala tu’assir dan artinya

Sebagaimana kami tuliskan diatas, berikut penulisan dalam huruf arab dilengkapi dengan harokatnya dan juga arti dari kalimat diatas. Oh iya, tulisan ini dapat disalin dan kemudian dilekatkan pada media sosial atau word.

Kalau istilah kekinian yang praktis disebut bisa di copy paste alias copas.

Buat para blogger, ada baiknya kalau mau pakai tulisan ini sebaiknya dicantumkan link nya yaa.

اَللَّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّرْ

Allahumma yassir wa laa tu’assir

Artinya : ya Allah, mohon untuk dimudahkan, jangan disusahkan. (jika diartikan secara kata perkata).

Jika kalimat diatas diartikan dengan terpisah secara penggalan kata, berikut terjemahan mufradat ;

Ya Allah : اَللَّهُمَّ
Mudahkanlah : يَسِّر
dan : وَ
Tidak/Jangan : لَا
membuat susah : تُعَسِّرْ

Nah sudah tahu khan tulisannya dalam huruf hijaiyah dan lengkap dengan syakalnya, semoga memudahkan dalam memahami dan membacanya.

Sering berdoa dengan ini untuk mendapatkan kemudahan

Jika anda browsing di forum atau blog yang mengulas tentang ucapan atau doa ini maka anda akan menemukan beberapa hal yang menjadi inti pokok mengenai allahumma yassir wala tu’assir.

Adapun kesimpulan yang dapat diperoleh yaitu;

  1. Pertama, Pembolehan berdoa dengan kalimat ini karena tidak terdapat masalah karena kemudahan atau kesulitan berdasarkan ketentuan / takdir Allah.
  2. Kedua, disampaikan informasi tentang doa Rasullah atau doa bil ma’tsur yang tentunya akan lebih afdhal atau utama karena ada riwayatnya.

Doa Nabi Muhammad saw menghadapi kesulitan

Berikut adalah doa Nabi Muhammad Rasulullah pada saat menghadapi kesulitan berdasarkan hadits riwayat dari bnu Hibban dalam kitab shohihnya no.2427.

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahlaa illaa maa ja’altahu sahlaa wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa

“Yaa Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang sulit bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya menjadi mudah.”

Penutup

Meski banyak tulisan yang mengulas tentang allahumma yassir wa laa tu’assir akan tetapi saya belum menemukan tulisan arab yang dilengkapi dengan syakal harakat, kebanyakan menggunakan huruf arab gundul.

Disini dituliskan dengan kelengkapannya guna dapat disalin dengan mudah pada word atau fb wa sosial media yang lainnya.

Udah itu saja yang dapat ditulis, kalau ada kekurangan silakan ditambahi sendiri, dan jika ada kelebihannya mohon untuk segera dikembalikan. Sugeng siang menjelang sonten, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: