Keyboard Arabic harakat pada PC Laptop fathah kasrah dhommah tasydid sukun

pontren.com-menulis-harakat-pada-word

Pontren.com – assalamualaikum sedulur, sugeng enjang semuanya, semoga kesehatan dan keberkahan selalu dilimpahkan kepada kita semua dan dimasukkan kedalam golongan orang muslim yang muttaqiin.

Pengalaman mentok karena mencoba menulis arab lengkap dengan syakal dan harakatnya, kemudian mencoba mencari file mengenai rumusan dalam memberikan tanda syakal atau harakat pada huruf hijaiyah yang ada pada komputer melalui microsoft word office.

Kasus ini terjadi disaat kami hendak membuat postingan mengenai tulisan arab barakallah fii umrik, browsing kemana mana kebanyakan menggunakan arab gundulan sehingga rasanya akan lebih sreg jika terdapat harakat pada tulisan yang kami buat.

Tak disangka dan dinyana ternyata kebanyakan pada gambar yang ada di lautan internet hanyalah rumusan keyboard huruf tanpa adanya informasi tentang rumusan dalam menambahkan harakat di huruf arab pada keyboard.

Alasan Mencari rumus harakat pada keyboard

Akhirnya dengan agak malas malasan mencoba mencari berbagai sumber kemudian melakukan uji coba pada komputer lawas yang sering saya pergunakan untuk melakukan kegiatan ketik mengetik entah itu tugas makalah kuliah atau pekerjaan sambilan yang bisa dikerjakan.

Manfaat dari mengetahui adanya rumus pemberian harokat baik fathah kasrah dhommah sukun tasydid fathathain kasratain dhommatain dan cara penulisan arab lainnya ini salah satunya adalah dapat membuat postingan penulisan arab yang dilengkapi dengan syakal dan harakat, bukan arab gundul lagi.

Ini memudahkan orang Indonesia (termasuk saya) dalam membaca tulisan arab yang sering tersaji secara gundul di dunia maya ataupun di buku buku islami utamanya dalam tulisan hadis maupun penulisan ungkapan arab.

Sedangkan umumnya tulisan arab alquran sudah lengkap dengan syakal dan harakat karena banyak aplikasi yang tersedia tinggal pencet maka muncullah ayat lengkap tulisan dan harakat.

Rumus Menambahkan harakat pada huruf arab di Keyboar komputer

menulis-harakat-pada-word
ini dia rumusan penulisannya.

Berikut adalah rumusan yang dapat dipergunakan untuk memberi tanda syakal baik dhommah kasrah fathah dan kawan kawan pada keyboar komputer yang diperlukan sesekali jika harus membuat makalah atau karya tulis maupun postingan blog yang dirasa penting penulisan arabnya secara lengkap bukan gundulan.

Silakan disimak dibawah ini

Fathah = shift + Q contoh hasil penulisan قَ
Kasrah = Shift + A contoh hasil penulisan قِ
Dhommah = Shift + E contoh penulisan قُ

Fathathain = Shift + W contoh penulisan قً
Kasratain = shift + S contoh penulisan قٍ
Dhommatain = Shift + R contoh penulisan قٌ

Sukun = Shift + X contoh penulisan قْ
Syaddah atau tasydid = shift + ~ (terletak di pojok kiri atas) contoh penulisan قّ

Catatan ; untuk tanda tasydid kemudian ditambahkan harakat fathah atau kasrah maupun dhommah dengan cara ditambah rumusan diatas.

Misalnya setelah memberi tanda tasydid dengan memencet shift plus ~, selanjutnya pencet shift + Q untuk harakat fathah. Contoh penulisan قَّ

Nah ini dia hasil saya mencoba memberi harakat pada huruf hijaiyah

بَارَكَ اللهُ فِيْ عُمْرِك

Cara memberi harakat huruf hijaiyah pada komputer atau laptop netbook

Cara dalam memberi syakal pada huruf hijaiyah di laptop atau perangkat lainnya yaitu dengan meletakkan cursor tepat pada huruf yang akan diberikan harakat, kemudian tekan tombol shift dan tombol huruf atau tuts pada komputer sesuai rumusan harakat apa yang hendak anda taruh pada huruf.

Kiat memberi harakat secara cepat pada laptop komputer

Jika anda sudah agak mahir, cara ini bisa anda aplikasikan dalam mengetik arab di microsoft word.

Adapun praktisnya yaitu silakan anda menaruj kari kelingking anda pada tombol shift kemudian jari lain menari nari mencari huruf yang dijadikan rumusan.

Sedangkan jari kanan fokus pada arah panah kiri kanan untuk mengarakan cursor.

Demikian informasi mengenai rumusan pemberian harakat kepada huruf hijaiyah arab gundul. Selamat mencoba.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh

pengajuan-proposal-BOP-TPQ
selamat mencoba

Sumber http://wasiilatuna.blogspot.com

1 komentar untuk “Keyboard Arabic harakat pada PC Laptop fathah kasrah dhommah tasydid sukun”

  1. Ping-kembali: Menulis Arab di Word dan WA Android | Informasi TPQ Madin Pesantren

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: