keyboard arabic

Menulis Arab di Word dan WA Android

Cara menulis huruf arab dengan arabic keyboard pada word baik menggunakan pc laptop maupun whatsapp beserta tutorial setting pemasangan arabic language di komputer dan hp android.

Pontren.com – utamanya mahasiswa dan dosen pada lembaga perguruan Tinggi Islam semisal IAIN UIN maupun universitas Islam Swasta maupun Institut Agama Islam Swasta maka kemampuan pengetikan dan penulisan arabic pada PC Komputer Laptop netbook merupakan hal yang penting.

Baca;
Menambahkan harakat pada laptop dan PC #
Menambah harakat pada arab gundul di whatsapp android #

Saat ini bukan hanya komputer yang memegang peranan dalam berkomunikasi lewat internet, akan tetapi handphone pintar atau smartphone dengan massif merebut dunia komunikasi lewat internet yang dahulu dikuasai oleh yahoo messenger maupun MiRC dan lainnya.

Berikut Daftar isian dari tulisan ini.

Dalam tulisan kali ini, ada beberapa sub bahasan yang dapat anda lihat dibawah ini dan link yang langsung menuju ke tulisan karena pertimbangan panjang dan banyaknya artikel yang ditulis kali ini.

Menambah Bahasa Arab pada Komputer dan Keyboard Arabic

Berikut adalah langkah langkah dalam menulis huruf arab pada PC Netbook Laptop Komputer dan WA atau whatsapp dimulai dari tips cara langkah pemasangan huruf arab pada word maupun android, dan dilanjutkan dengan informasi perubahan keyboard dari latin ke arabic baik.

Cara ini dapat dipakai pada windows 7 windows 8, windows 10 dan yang lain dengan prinsip pemasangan atau instalasi setting arabic keyboard yang sama.

Juga dapat dipergunakan pada ms office 2007 word 2010 dan yang lainnya. Prinsipnya sama saja karena memang windows dan word di desain guna kemudahan pemakaian dan pengoperasian.

Langkah pertama sebelum mengetik atau menulis arab pada device yang dimiliki yaitu menambahkan bahasa arab pada laptop atau komputer supaya muncul huruf arabic pada pengetikan nantinya.

langkah langkah cara setting dan pemasangan keyboard arab pada komputer.

Pertama, masuklah pada kontrol panel pada laptop atau komputer anda, sehingga masuk dalam control panel seperti dalam tampilan. Selanjutnya pilih region and language atau hal yang seperti itu. (tampak pada gambar ilustrasi).

region-and-language-pada-control-panel

Selanjutnya akan muncul gambar tampilan sebagaimana gambar ilustrasi dibawah, pada atas tampilan terdapat 4 macam pilihan yaitu format, location, keyboards and language, administrative. Pilih atau klik keyboards and languages, kemudian klik kotak yang ada tulisan change keyboards …
Silakan simak gambarnya.

keyboards-and-languages-control-panel

Setelah anda pencet tombol chang keyboards, maka akan muncul tampilan selanjutnya.

add-arabic-keyboard-pada-komputer-pc-laptop

Silakan klik add dan pilih arabic egypt dan klik lagi seperti pada gambar, beri tanda centang pada kolom arabic (101). anda dapat juga memilih yang lain selama itu huruf arab.

keyboard-arabic-101

Selesai eksekusi, jangan lupa klik kotak OK dan OK lagi disaat anda keluar supaya setting tersimpan pada komputer.

Sekarang komputer atau laptop anda dapat dipergunakan untuk menulis arab. Selamat mencoba.

Cara Mengubah huruf latin ke arab arabic pada keyboard Laptop dan PC

Setelah install dan setting arabic pada laptop atau pc berhasil, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan ujicoba dengan menulis huruf arab pada ms word.

Sepanjang saya tahu, ada 2 macam cara mengubah setting dari huruf latin ke huruf hijaiyah pada laptop pc komputer, yang pertama dengan hanya memencet tuts dengan keyboard, dan yang kedua dengan klik icon pada layar komputer, berikut caranya;

Mengubah melalui keyboard – tekan tombol Alt+Shift pada keyborad

Klik ikon pada komputer : biasanya terletak pada pojok kanan bawah, tertulis In untuk keyboard indonesia dan ar untuk keyboard arabic. Berikut gambarnya

mengubah-latin-ke-arab-di-laptop

Huruf Arab Keyboard letak pada Laptop

Untuk memudahkan menemukan letak huruf arab pada keyboard laptop, berikut kami sampaikan bagan dan gambar keyboard arabic sebagai referensi dalam penulisan arab pada laptop atau komputer PC anda.

خ o ح p ج [ ث e ت j ب f ا h
ص w ش a س s ز . ر v ذ ` د ]
ق r ف t غ y عu ظ / ط “ ض q
لا b هـ i و , ن k م L ل g ك ;
ة m ى n ء ؤ c ئ z ي d ء x

Untuk lebih jelas dalam ilustrasi gambar berikut tampilan huruf arab dalam keyboard

rumus-arabic-keyboard-arab

Selesai sudah tutorial dalam setting arabic keyboard dan rumus penulisan huruf arab keyboard letak pada laptop komputer.

Menambah Bahasa Arab di Android dan wahatsapp

Berikut adalah cara menambahkan bahasa arab di android tanpa aplikasi untuk menulis huruf hijaiyah baik pada whatsapp maupun yang l kainnya. Sebagai informasi saya menggunakan gambar ilustrasi pada handphone xiaomi entah seri berapa, yang jelas juga bukan seri yang paling rendah hehe, dan saya yakin bukan keluaran tertinggi.

setting-pada-android-xiaomi

Langkah pertama masuk pada setting atau setelan kemudian cari language and input atau bahasa dan masukan (jika tidak ketemu ketemu cari setelan tambahan atau add setting.

setelan-tambahan-pada-xiaomi

Setelah klik language and input atau bahasa dan masukan, selanjutnya pilih bahasa dan Gboard. Selanjutnya klik tulisan gboard sehingga muncul gambar, dan klik pada tulisan bahasa.

g-board-pada-xiaomi

Cari dan scroll sampai ketemu dengan tulisan arab, kemudian klik, disitu akan muncul banyak pilihan arab mulai dari aljazair, arab saudi, bahrain, chad mesir dan yang lainnya. Kali ini saya memilih mesir atau egypt, kemudian klik yang anda pilih, selanjutnya muncul gambar untuk eksekusi. Jika ingin lanjut pilihlah selesa atau done.

Selesai sudah menambahkan keyboard huruf arab pada android xiaomi tanpa aplikasi.

Mengubah huruf latin kedalam huruf arab hijaiyah pada android wa whatsapp

Untuk merubah dari huruf latin jadi huruf arab hijaiyah pada saat menulis di whatsapp atau aplikasi lainnya tidaklah sulit, bukalah keyboard anda, jika masih dalam huruf latin maka langkah selanjutnya yaitu pencet atau tekan spasi pada keybord anda beberapa detik sehingga muncul pilihan keyboard seperti gambar dibawah ini, selanjutnya pilih keyboard arab.

mengubah-huruf-latin-ke-arab-android

Setelah selesai maka tampilan keyboard arabic android seperti dibawah ini dan keyboard arab android siap dipergunakan.

keyboard-arabic-android

Demikian tutorial tentang cara memasang huruf arab pada android atau PC di laptop. Lumayan capek juga nulisnya hehehe. Padahal belum sampai lewat 1000 kata. Makasih dan wassalamu’alaikum.

loading...

Silakan berkomentar