Hikmah mempercayai Hari akhir Kiamat dan tanda tandanya

tanda-hari-kiamat-dan-hikmah-mempercayainya

Informasi mengenai apa saja yang menjadi tanda tanda akan datangnya hari akhir berdasarkan riwayat dari Nabi Muhammad saw serta apa saja hikmah percaya akan hari kiamat atau disebut juga dengan hari akhir mengacu kepada buku pelajaran kelas 6 Pendidikan Agama Islam dan budi Pekerti.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, selamat siang adik adik yang sedang duduk di bangku pendidikan dasar baik pada Sekolah Dasar (SD) ataupun di Madrasah Ibtidaiyah (MI) entah itu swasta ataupun negeri.

Ucapan wilujeng siang juga teruntuk para mbak mbak yang mendampingi putra putrinya dalam mengerjakan tugas ataupun soal PR, ujian, pertanyaan yang ada dalam buku LKS atau paket bagi ananda tercinta. Meskipun besar kemungkinan anda membaca post ini di malam hari.

Pada postingan kali ini akan dibahas mengenai hikmah mempercayai atau percaya hari akhir/atau kiamat beserta tanda tandanya.

Tanda tanda hari akhir

Dalam soal ujian, bisa saja terdapat pertanyaan atau perintah yang berbunyi : Sebutkan tanda tanda kiamat atau hari akhir.

Atau dapat berbentuk dalam model apakah tanda tanda datangnya hari kiamat/hari akhir?

Untuk menjawabnya maka perlu rujukan yang jelas, dalam hal ini pelajaran PAI kelas 6, tentu merujuk kepada buku diktat yang telah disediakan oleh Kemendikbud atau Kementerian Agama.

Sekarang, untuk menjawab apa saja tanda tanda hari kiamat? Maka dalam buku PAI kelas 6 setidaknya disebutkan ada 7

Berikut tanda tanda hari akhir

  1. Banyak ulama Muslim yang wafat.
  2. Ilmu agama dianggap tidak penting.
  3. Maksiat makin terang-terangan dan kejahatan di muka bumi makin merajalela.
  4. Banyak laki-laki yang perilakunya menyerupai perempuan, atau sebaliknya perempuan berperilaku seperti laki-laki.
  5. Banyak peperangan dan kerusuhan di muka bumi ini
  6. Minuman keras dan barang terlarang (seperti narkoba) bebas beredar sehingga menimbulkan tindakan kriminalitas yang merajalela.
  7. Munculnya orang-orang yang mengaku sebagai nabi/rasul.

Itulah jawaban yang dapat ditulis bagi adik adik siswa kelas 6 SD atau MI jika ada pertanyaan menyangkut dengan adanya ciri atau tanda tanda hari kiamat, setidaknya dalam buku PAI disebutkan ada 7 tanda.

Selanjutnya menginjak pada tema berikutnya mengenai hikmah mempercayai hari akhir atau hari kiamat.

Silakan disimak ulasannya sebagai berikut;

Hikmah Mempercayai Hari Akhir

Ada kemungkinan disaat mengerjakan soal PR atau ujian di rumah, para orang tua atau wali murid akan menemukan soal yang berbunyi, apa hikmah dari mempercayai hari akhir? Sebutkan hikmah percaya hari kiamat.

Dalam buku PAI kelas 6 disebutkan contoh hikmah mempercaya kepada hari kiamat atau hari akhir (mempercayai hari akhir) sebanyak 6 contoh.

Berikut contoh-contoh hikmahnya mempercayai hari akhir dalam buku Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti jenjang pendidikan kelas 6 SD/MI

  1. Kita bertambah yakin dengan kebesaran dan kekuasaan Allah Swt.
  2. Kita bertambah semangat mengerjakan amal kebaikan.
  3. Kita menghindari perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt. seperti: berkelahi, menggunakan obat terlarang/narkoba, minum minuman keras, mencuri, memfitnah dan, sebagainya.
  4. Bersikap jujur, disiplin, dan bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaan.
  5. Selalu waspada dan menjaga lingkungan sekitar rumah atau sekolah.
  6. Tidak menunda-nunda melakukan amal kebaikan, seperti melakukan salat lima waktu, mengerjakan PR, dan sebagainya.

Rangkuman

Hikmah Meyakini hari kiamat, yaitu : melakukan perintah Allah Subhanahu wa Ta’aala dan menjauhi segala larangan-Nya.

Tanda – tanda kiamat disampaikan oleh Rasulullah nabi akhir Zaman, Muhammad sollallahu ‘alaihi wa sallam, akan tetapi hanya Allah Tuhan yang mengetahui kapan waktu terjadinya hari akhir.

Ada hikmah yang dapat dipetik saat kita terbiasa serta senantiasa mengingat akan datangnya hari kiamat sughra dan kiamat kubra.

Demikian informasi berkenaan dengan hikmah percaya hari akhir atau kiamat disertakan pula tentang tanda tandanya. Selamat makan siang jika siang hari, wilujeng makaryo, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar