Ing Ngarsa Sung tuladha Tegese Kalebu, Tuladha ukara Aksara Jawa

paribasan ing ngarsa sung tuladha tegese basa jawa
Share

Ing ngarsa sung tuladha Tegese yaiku Sipate pemimpin bisa dadi tuladha andhahane Kalebu Jinise paribasan Basa Jawa tuladha ukara utawa contoh kalimatnya yaitu, Mumtaz Hanif dadi ketua kelas, dheweke kudu ing ngarsa asung tuladha (lan tulisan aksara jawa). Artinya Mumtaz Hanif menjadi ketua kelas, dia di depan harus memberi contoh (yang baik).

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, dalam tantri basa Jawa kelas 6 SD dan MI untuk para anak didiknya ada contoh ungkapan peribahasa untuk pemimpin ataupun pimpinan.

Yaitu bahwasanya seorang pemimpin yang posisinya berada di depan untuk memberikan contoh yang baik kepada orang yang dipimpinnya atau anak buahnya.

Jadi paribasane Sipate pemimpin bisa dadi tuladha andhahane yaiku ing ngarsa asung tuladha. Yang berada pada posisi depan memberikan suri tauladan yang baik.

Karena ini bukan bahasa yang kita pakai sehari-hari, ada baiknya untuk bisa memahami maksudnya dengan cara mengetahui arti perkata tembung yang ada dalam paribasan basa Jawa ini.

Tegese ing ngarsa sung tuladha artine, Tulisan Huruf Aksara Jawa

Pastinya sudah pada tau kalimat ini identik dengan Ki Hajar Dewantara, bahkan pada ungkapan Tut Wuri Handayani masuk dalam logo pendidikan di Indonesia.

Berikut adalah arti tiap kata pada ungkapan peribahasa yang menjadi judul artikel ini.

Ing tegese yaiku mungguh, tumrap, marang, dening; artinya yaitu dalam, di, dan lain sebagainya

Ngarsa tegese yaiku ngarep, artinya depan, maksudnya dalam ungkapan ini adalah pemimpin yang posisinya berada di depan.

Sung tegese yaiku aweh, artinya memberi

Tuladha tegese yaiku pola, conto, artinya adalah pola, contoh.

Jadi secara harfiah atau basa lugu, tegese yaiku tumrap wong ana ngarep aweh conto. Maksudnya bagi orang yang berada di posisi depan (pemimpin atau pimpinan) aweh, memberikan tuladha, contoh, suri tauladan yang baik.

Demikianlah artinya ungkapan unen unen paribasan ini dalam Bahasa Jawa.

Selanjutnya yaitu tulisan huruf aksara Jawa ing ngarsa sung tuladha adalah sebagaimana gambar lampiran berikut ini.

ing ngarsa sung tuladha tulisan huruf aksara jawa

Demikianlah contoh kalimat tuladha ukara serta tulisane huruf aksara jawa berkenaan dengan paribasan pimpinan menehi tuladha marang kancane utawa anak buahe (bawahane).

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.