Hikmah membayar zakat


hikmah dalam membayar zakat

Informasi tentang apa saja hikmah dari berzakat atau menunaikan bayar zakat kepada mustahiq yang berhak (8 golongan). Dibuat dalam rangka menjawab pertanyaan bagi para santri murid siswa yang duduk di bangku kelas 6 Sekolah dasar pada pelajaran agama Islam.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, dalam mapel PAI kelas 6 SD (sekolah dasar) terdapat materi tentang zakat.

Kemungkinan besar terdapat pertanyaan atau perintah untuk menjawab soal baik itu ulangan harian, tugas daring pembelajaran online, soal ujian mid maupun semester berkenaan dengan materi zakat.

Dalam postingan ini akan menjawab singkat dan padat apabila terdapat pertanyaan atau perintah untuk menyebutkan hikmah dari berzakat atau membayar zakat.

Contoh Soal Tentang Hikmah Berzakat

Seperti apa soalnya?

Misalnya soal ujian kelas 6 pelajaran PAI berkenaan dengan zakat adalah sebagai berikut;

Sebutkah 5 hikmah berzakat atau membayar zakat!
Apa saja hikmah dari menunaikan bayar zakat?
Atau model soal yang panjang dan muter muter semisal, seorang muslim yang mempunyai harta mencapai nisab dan haul memiliki kewajiban untuk membayar zakat. Sebutkan hikmahnya!

Baca : macam macam zakat, 8 penerima zakat dengan dalil dalam al-Qur’an

Untuk menjawab soal diatas maka diambilkan dari rangkuman buku mapel PAI Kelas enam kurikulum 13 diringkas jawaban mengenai hikmah untuk orang – orang yang melaksanakan zakat.

Apa saja hikmahnya?

Silakan dibaca 5 hikmah berzakat sebagaimana dibawah ini.

Hikmah dari berzakat atau membayar zakat adalah;

  1. Membersihkan harta dan jiwa pembayar zakat dari sifat kikir, tamak atau rakus;
  2. Membantu orang yang kesusahan atau kesulitan dari segi ekonomi.
  3. Mendorong manusia untuk berjiwa sosial dan peduli kepada sesama.
  4. Mendorong manusia untuk bersikap jujur dan bertanggung jawab atas harta yang dimilikinya.
  5. Mengingatkan manusia, bahwa harta dan kekayaan hanyalah titipan dari Allah Swt.

Apabila ingin menjawab secara ringkas singkat dan padat tentang hikmah membayar zakat alias berzakat, maka jawaban dalam buku PAI yang berjudul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti edisi revisi tahun 2018, hikmah membayar zakat dapat membersihkan harta dan jiwa, tidak tamak, dan menerapkan rasa kepedulian terhadap sesama manusia yang membutuhkan bantuan.

Keterangan ringkas tentang zakat

Pengertian zakat secara bahasa memiliki makna membersihkan.
Sedangkan zakat secara istilah adalah mengeluarkan sebagian dari harta tertentu yang telah mencapai nisab.

Baca : zakat fitrah

Yang dimaksud dengan Zakat fitrah adalah mengeluarkan beras atau bahan makanan pokok lainnya sebesar 2,5 kilogram atau 3,5 liter tiap orang yang diberikan kepada fakir miskin yang membutuhkan.

Zakat māl disebut juga zakat harta, yang terdiri atas emas, perak, uang simpanan, hasil tambang, harta perniagaan, hasil pertanian, barang temuan, binatang ternak, dan sebagainya.

Yang menjadi persyaratan wajib zakat, yaitu: pemilik harta telah balig dan berakal (tidak gila); harta tersebut termasuk dari jenis-jenis harta yang wajib dizakati; harta tersebut telah mencapai nisab; harta tersebut milik sendiri.

8 Golongan orang yang berhak menerima zakat: fakir, miskin, orang terlilit hutang, mualaf, amil zakat, orang yang berjuang di jalan Allah Swt. hamba sahaya, ibnu sabil.

Penutup informasi tentang hikmah membayar zakat

Demikian informasi tentang hikmah dari berzakat yang diharapkan membantu para siswa kelas 6 SD maupun orang tua wali murid mahmud abbas menjawab pertanyaan seputar zakat.

Bagi orang tua wali murid semoga dimudahkan dalam mendampingi ananda belajar mata pelajaran PAI, untuk anak-anak yang diajari semoga dimudahkan dalam mengarungi pendidikan dan dijadikan termasuk golongan putra putri soleh solihah berbakti kepada orang tua.

Demikian informasi yang dapat kami haturkan, wilujeng dalu, selamat malam, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.