Sabaya pati sabaya mukti Tegese, Ukara, Tulisan Aksara Jawa

paribasan sabaya pati sabaya mukti tegese
Share

Sabaya pati sabaya mukti tegese yaiku Bungah lan susah bakal dilakoni bebarengan, artinya hidup mati bersama, maknanya adalah senang dan susah dilewati bersama-sama, kalebu tembung paribasan aksara Jawa lan tulisane.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng sonten selamat sore para pelajar siswa siswi utamanya anak didik pada jenjang kelas 6 SD dan MI. Kali ini kita akan membahas peribahasa Bahasa Jawa yang memiliki makna suka duka dilalui bersama.

Artinya peribahasa Jawa ungkapan atau unen unen ini yaitu sehidup semati susah senang bersama-sama.

Contoh kalimat ukarane tuladha basa Jawa contohnya adalah ,” Keluarga Pandhawa kuwi” Sabaya pati,sabaya mukti” tegese atau artinya adalah keluarga Pandawa itu susah senang sehidup semati bersama-sama menjalaninya.

Untuk memahaminya, maka ada baiknya kita mengetahui arti perkata tembung dalam paribasan Bahasa Jawa ini.

Berikut tegese bahasa Jawa artinya dalam Bahasa Indonesia.

Artinya Paribasan Sabaya Pati Sabaya Mukti

Saya mencari-cari padanan kata yang mudah untuk kita pahami, namun saya pribadi masih belum ngeh atau paham betul maksudnya.

Langsung saja berikut artinya;

Sabaya tegese yaiku kaget, wedi, artinya terkejut, takut dan lain sebagainya.

Pati tegese yaiku kepati, mati, meninggal dunia, hilang nyawanya.

Mukti tegese yaiku ngrasakake kasênênganing ngaurip, ora kêkurangan apa-apa; artinya merasakan kesenangan hidup, tidak kekurangan apa-apa.

Jadi singkatnya dalam ungkapan yang kita kenal adalah senasib sepenanggungan baik dalam waktu saat suka maupun duka. Lebih padatnya adalah rukun selamanya.

Dalam penjelasan lainnya menyebutkan bahwa peribahasa atau ungkapan ini mengandung makna ‘rukun nganti tekan pati’ (berniat untuk hidup rukun sampai dengan ajal menjemput.

Unen unen Bahasa Jawa ini mengajarkan tentang hubungan kekerabatan supaya selalu rukun dalam suka dan duka sampai dengan akhir hayat.

Tulisan Aksara Jawa

Tulisen nganggo huruf aksara Jawa paribasan ana ing ndhuwur iku!
Adapun tulisannya dalam huruf Jawa peribahasa Sabaya Pati Sabaya Mukti adalah sebagai berikut ini;

Demikianlah informasi mengenai arti peribahasa bahasa Jawa paribasan Sabaya Patine Sabaya Muktine tegese, tuladha ukara, tulisane aksara Jawa dan arti terjemah dalam Bahasa Indonesia.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.