Becik Ketitik Ala Ketara Tegese, Aksara Jawa, Contoh Tuladha Ukara

becik ketitik ala ketara
Share

Becik ketitik ala ketara Tegese yaiku Sembarang tumindak elek utawa apik wusanane bakal konangan artine baik tercirikan, buruk kelihatan artinya semua perilaku baik atau buruk akhirnya akan ketahuan. Kalebu jenise utawajinise tembung paribasan. Contoh Tuladha Ukarane : Agustinus senengane mitnah Paryanto, padahal Paryanto ora tumindak kaya omongane Agustinus, becik ketitik, ala ketara.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng enjang, selamat pagi para siswa siswi sekolah dasar maupun madrasah Ibtidaiyah kelas 6, juga para penggemar sastra Bahasa Jawa.

Semoga kesehatan dan keselamatan serta keberkahan senantiasa Allah berikan kepada kita semuanya.

Kali ini kita akan membahas peribahasa Bahasa Jawa (paribasan) yang memiliki arti atau makna pada akhirnya baik ataupun buruk pada akhirnya akan ketahuan.

Bagaimana bisa seperti itu artinya dalam Bahasa Indonesia?

Untuk mengetahui arti setiap kata (tembung) dalam paribasan kang nduweni teges utawa ateges Sembarang tumindak ala utawa becik wusanane bakal konangan berikut penjelasan kata katanya.

Tegese becik ketitik ala ketara artine tembung Paribasan, Tulisane Huruf Aksara Jawa

Becik tegese yaiku utama tumrap bebuden, kelakuan artinya adalah hal yang baik, utama dalam hal budi pekerti dan perilaku perbuatan.

Ketitik tegese yaiku konangan (kawêruhan) marga kasumurupan artinya ketahuan, karena dipergoki, tercirikan.

Ala tegese yaiku elek, ora becik, jahat lan sak piturute. Artinya yaitu jelek, buruk, culas, jahat dan lain sebagainya.

Ketara tegese yaiku katon cetha, katon terang, artinya adalah tampak jelas dan terang benderang.

Jadi secara harfiah atau basa krama lugu maksude paribasan iki mau yaiku kelakuan bebuden kang utama bakal kaweruhan lan tumindak elek, jahat, urik bakalan cetho katon terang wekasane.

Artinya perilaku perbuatan baik akan ketahuan dan perilaku culas jahat juga tampak jelas pada akhirnya.

Tulisen nganggo aksara huruf jawa unen unen paribasan sing ukarane Becik ketitik, ala ketara! Berikut adalah tulisane nganggo aksara Jawa Hanacaraka.

aksara jawa becik ketitik ala ketara
tulisan huruf aksara Jawa

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan kali ini tentang salah satu contoh paribasan basa jawa lengkap dengan arti dan tegese beserta sekilas penjelasan, tulisan aksara Jawa. Terima kasih sudah mampir, salam kelan dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.