Wani ngalah luhur wekasane Tegese, Aksara Jawa, Tuladha Ukara, Kalebu

wani ngalah luhur wekasane
Share

Wani ngalah luhur wekasane tegese yaiku Wong kang ngalah bakal nemu kabegjan ing tembe burine kalebu jenise paribasan Basa Jawa artinya berani mengalah luhur di belakangnya, maksudnya orang yang mengalah akan menemukan keberuntungan di belakang hari. Lengkap dengan tulisan aksara Jawa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng enjang selamat pagi para siswa siswi anak didik pelajar pada kelas 6 SD maupun MI. Kali ini kita akan membahas paribasan Bahasa Jawa dalam tantri Basa 6 paribasane wong gelem ngalah bakal entuk begja ana mburi.

Dalam ungkapan ngalah maknanya bukan berarti terpaksa karena kalah, namun keadaan bisa menang atau setidaknya kemungkinan imbang namun memilih mundur dalam rangka kebaikan dan kerendahan hati.

Pada bagian bawah kami lampirkan pula tulisan huruf aksara jawa menggunakan hanacaraka untuk peribahasa Bahasa Jawa ini.

Untuk lebih mendalami makna ungkapan unen unen ini berikut adalah penjelasan arti perkata dalam tembung pada irah-irahan (judul) artikel ini.

Wani ngalah luhur wekasane Artine (Artinya) lan tuladha ukara contoh kalimat dalam Basa Jawa, Tulisan Aksara Jawa Hanacaka

Bausastra atau dasanama pada ungkapan unen unen basa Jawa kang nduweni teges utawa ateges gelem ngalah bakal beja ana mburi adalah sebagai berikut;

Wani tegese yaiku ora wedi, artinya berani, tidak takut, tak gentar.

Ngalah asale saka tembung kalah tegese yaiku diungkuli liyane kalah artinya yaitu diungguli lainnya, ngalah berarti sengaja untuk kalah karena kesadaran diri.

Luhur tegese yaiku mulya, panggonan kang dhuwur, artinya adalah mulia, tinggi tempatnya.

Wekasane tegese yaiku akhire, entek-entekane, artinya wekasan atau wekasane adalah akhirnya, nantinya, belakang hari.

Jadi secara harfiah, artinya yaitu berani mengalah akan mulia atau tinggi (derajatnya) nanti pada akhirnya.

Dalam falsafah Jawa, wekasane atau artinya bukan hanya saat berada di dunia saja, namun juga nanti saat kehidupan abadi di Akherat.

Gawea tuladha ukara nganggo tembung unen unen paribasan ana ing ndhuwur utawa nang ngisor iki mau! Buatlah contoh kalimat menggunakan peribahasa sebagaimana dalam judul artikel ini.

Berikut contohnya;

Agustinus seneng ngrebut dolanane Budi, Budi tansah ngalah amarga eling unen unen sing ukarane Wani ngalah luhur wekasane. Artinya Agustinus suka merebut mainannya Budi, Budi senantiasa mengalah karena ingat ungkapan Jawa orang yang mengalah akan mulia di belakang hari.

Itulah contoh kalimat atau tuladha ukara ukarane. Sekarang menulisnya dalam huruf Jawa.

Semisal ada perinta h soal yang berbunyi,” Tulisen nganggo aksara Jawa Tulisan Paribasan Wani Ngalah Luhur Wekasane!

Berikut ini adalah tulisannya dalam Aksara Huruf Jawa.

tulisan aksara Jawa wani ngalah luhur wekasane (sumber : brainly)

Demikian sekilas info materi untuk kelas 6 SD maupun MI mengenai paribasan yang artinya orang mengalah akan bahagia atau mulia di belakang hari lengkap dengan arti dan terjemahnya beserta tulisan dalam huruf Jawa.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.