al qur'an terjemah bahasa Asing

Al Maidah Ayat 2-3 Tolong menolong isi kandungan arabnya arti perkata

Share

isi kandungan surat al Maidah ayat 2 dan 3 teks arab tulisan latin arti dan terjemahnya perkata beserta contoh perilaku yang mencerminkan perbuatan sikap sebagaimana dalam surat al Maidah ayat 2-3.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, berikut adalah ringkasan dari isi kandungan surat al Maidah ayat 2 dan ayat 3 dilengkapi tulisan arabnya beserta artinya tiap kata.

tanpa banyak laga, mari kita simak.

Tulisan Arab al Maidah ayat 2-3 dan artinya

berikut adalah teks arab dan arti terjemahnya kedalam bahasa Indonesia.

al Maidah ayat 2

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحِلُّوْا شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَاۤىِٕدَ وَلَآ اٰۤمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۗوَاِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوْا ۗوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ اَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اَنْ تَعْتَدُوْۘا وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ

artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syiar-syiar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban) dan qala’id (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridaan Tuhannya. Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya. (surat al Maidah ayat 2)

Surat Al Maidah ayat 3

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيْرِ وَمَآ اُهِلَّ لِغَيْرِ اللّٰهِ بِهٖ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوْذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيْحَةُ وَمَآ اَكَلَ السَّبُعُ اِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْۗ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَاَنْ تَسْتَقْسِمُوْا بِالْاَزْلَامِۗ ذٰلِكُمْ فِسْقٌۗ اَلْيَوْمَ يَىِٕسَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ دِيْنِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِۗ اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ فَمَنِ اضْطُرَّ فِيْ مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّاِثْمٍۙ فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan azlam (anak panah), (karena) itu suatu perbuatan fasik. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu. Tetapi barangsiapa terpaksa karena lapar, bukan karena ingin berbuat dosa, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (surat al Maidah 3)

Terjemahan arti perkata surat al Maidah ayat 2-3

Berikut adalah terjemahnya surah al Maidah per kata pada ayat 2 dan 3.
Langsung saja, terjemah perkata al Maidah ayat 2 sebagai berikut.

Arti perkata IndonesiaTulisan Arab
wahai orang orang yangيٰٓا اَيُّهَا الَّذِينَ
Berimanاٰمَنُوْا
janganlah kamuلَا تُحِلُّوْا
syiar syiar kesucianشَعَآئِرَ اللّٰهِ
dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haramوَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ
jangan (mengganggu) hadyu (hewan kurban)وَلَا الْهَدْيَ
dan qala’id (hewan kurban yang tandai)وَلَا الْقَلَآئِدَ
dan jangan (pula) mengganggu orang orang yang mengunjungi Baitulharamوَلَآ اٰمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ
mereka mencariيَبْتَغُوْنَ
Karuniaفَضْلًا
dari Tuhannyaمِّنْ رَّبِّهِمْ
dan keridhaanوَرِضْوَانًاۗ
tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihramوَاِذَا حَلَلْتُمْ
maka bolehlah kamu berburuفَاصْطَادُوْا
jangan sampai mrndorongmuوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ
kebencian(mu) kepada suatu kaumشَنَاٰنُ قَوْمٍ
karena mereka menghalang halangimuأَنْ صَدُّوْكُمْ
dari Masjidil haramعَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ
untuk berbuat melampui batas (kepada mereka)اَنْ تَعْتَدُوْاۘ
dan tolong menolonglah kamu وَتَعَاوَنُوْا
dalam (mengerjakan) kebajikanعَلَى الْبِرِّ
dan takwaوَالتَّقْوٰىۖ
dan jangan tolong menolongوَلَا تَعَاوَنُوْا
dalam berbuat dosaعَلَى الْاِثْمِ
dan permusuhanوَالْعُدْوَانِۖ
dan bertakwalah kepada Allahوَاتَّقُوْا اللّٰهَۗ
sungguh, Allahاِنَّ اللّٰهَ
sangat berat siksa-Nyaشَدِيْدُ الْعِقَابِ
terjemah tiap kata surat al Maidah ayat 2

Terjemah arti perkata surat al Maidah ayat 3

arti Indonesiateks arab
Diharamkanحُرِّمَتْ
Bagimuعَلَيْكُمُ
(memakan) bangkaiالْمَيْتَةُ
dan darahوَالدَّمُ
dan daging babiوَلَحْمُ الْخِنْزِيْرِ
dan (daging) hewanوَمَآ اُهِلَّ
bukan atas (nama) Allahلِغَيْرِ اللّٰهِ بِهٖ
dan yang tercekikوَالْمُنْخَنِقَةُ
dan yang dipukulوَالْمَوْقُوْذَةُ
dan yang jatuhوَالْمُتَرَدِّيَةُ
dan yang ditandukوَالنَّطِيْحَةُ
dan yang diterkam binatang buasوَمَآ اَكَلَ السَّبُعُ
kecuali yang sempat kamu sembelihاِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْۗ
dan (diharamkan pula) yang disembelihوَمَا ذُبِحَ
untuk berhalaعَلَى النُّصُبِ
dan (diharamkan pula) mengundi nasibوَاَنْ تَسْتَقْسِمُوْا
dengan anak panahبِالْاَزْلَامِۗ
(karena) itu semuaذٰلِكُمْ
suatu perbuatan fasikفِسْقٌۗ
(pada) hari iniاَلْيَوْمَ
orang orang kafir telah putus asaيَئِسَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا
untuk (mengalahkan) agamamuمِنْ دِيْنِكُمْ
sebab itu janganlah kamu takut kepada merekaفَلَا تَخْشَوْهُمْ
tetapi takutlah kepada-Kuوَاخْشَوْنِۗ
(pada) hari iniاَلْيَوْمَ
telah Aku sempurnakanاَكْمَلْتُ
Untukmuلَكُمْ
Agamamuدِيْنَكُمْ
dan telah Aku cukupkanوَاَتْمَمْتُ
Bagimuعَلَيْكُمْ
nikmat-Kuنِعْمَتِيْ
dan telah Aku ridhaiوَرَضِيْتُ
Bagimuلَكُمُ
Islamالْاِسْلَامَ
(sebagai) agamamuدِيْنًاۗ
tetapi barang siapa terpaksaفَمَنِ اضْطُرَّ
karena laparفِيْ مَخْمَصَةٍ
bukan karena ingin berbuatغَيْرَ مُتَجَانِفٍ
Dosaلِّاِثْمٍۙ
maka sungguh, Allahفَاِنَّ اللّٰهَ
Maha Pengampunغَفُورٌ
Maha Penyayangرَّحِيْمٌ

Kandungan isi surat al Maidah ayat 2 dan 3

Berikut adalah kandungan isi surat al Maidah ayat 2 dan 3 merujuk kepada buku pelajaran PAI kelas 6 SD (sekolah Dasar) yang bisa anda akses secara digital.

Langsung saja berikut isi kandungannya.

Isi kandungan surat al Maidah ayat 2

Dalam ayat ini (al Maidah ayat 2) berisi tentang ajakan tolong-menolong dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan.

baca : ISI KANDUNGAN SURAT AL MAUN TEKS ARAB LATIN DAN ARTINYA

Kita diharuskan saling menolong kepada sesama kita dalam perbuatan baik dan ketaqwaan, sebaliknya hindari saling menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan.

Contoh perilaku sikap yang mencerminkan surat al Maidah ayat 2

teman kita yang mengajak membolos, hendaknya dihindari atau ditolak karena membolos perbuatan tidak baik. Tetapi, jika ada teman kita yang mengajak ke masjid untuk mendengarkan ceramah agama atau şalat berjamaah, kita harus mendukungnya

apabila terjadi rekan mengajak nonton tivi bermain telepon atau main video game terus menerus sehingga lupa makan dan belajar, kita harus menolaknya.. Tetapi, jika ada sahabat yang mengajak untuk belajar bersama, kita harus mau bergabung. Karena belajar bersama sangat baik dan menguntungkan, insya Allah kita akan mendapat karunia dan pahala dari Allah Swt

isi kandungan surat al Maidah ayat 3

isi kandungan dari ayat dimaksud adalah mengingatkan umat-Nya agar tidak takut kepada orang-orang kafir, tetapi takutlah hanya kepada Allah Swt. Pada saat Nabi Muhammad saw. melaksanakan haji Wada’ (haji terakhir yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw.), Allah Swt. menurunkan wahyu yang menyatakan, bahwa ”Pada hari ini (haji wada’) telah kusempurnakan ajaran agama untukmu. Aku rida agama Islam sebagai agamamu.

Selanjutnya yaitu ; untuk harus takut hanya kepada Allah Swt. Segala perintah Allah Swt harus kita laksanakan, dan segala larangan Allah Swt. harus kita hindari. Ajaran Islam yang disampaikan Nabi Muhammad saw. harus kita yakini dan amalkan. Karena Allah Swt. telah menyempurnakan sekaligus rida, bahwa agama Islam menjadi agama Nabi Muhammad saw. dan pengikutnya. Di samping itu, kita harus mensyukuri nikmat yang Allah Swt. berikan kepada kita. anda bisa menyimak lebih dalam dalam tafsir Ibnu Katsier al Maidah ayat 3

Contoh perilaku sikap yang mencerminkan surat al Maidah ayat 3

Contohnya dengan takut dan taqwa kepada Allah dengan menjalankan perintahnya seperti menjalankan salat, puasa, zakat, dan lain sebagainya.

Kemudian juga menjauhi larangannya seperti minum khamr mengundi nasib, memakan bangkai daging babi maupun larangan yang lain.

Rangkuman

Ada 2 ringkasan dalam rangkuman ini masing-masing ayat memiliki rangkuman tersendiri yang hasilnya adalah sebagai berikut;

  1. Q.S. al-Mā’idah/5:2 mengajarkan kita untuk saling tolong-menolong dengan sesama dalam perbuatan baik dan taqwa, dan tidak tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan saling bermusuhan.

2.Q.S. al-Mā’idah/5:3 mengajarkan agar kita hanya takut kepada Allah Swt., Allah Swt. telah menyempurnakan ajaran agama untuk Nabi Muhammad saw, serta Allah Swt. rida agama Islam sebagai agama yang dibawa Nabi Muhammad saw.

Demikian materi pembelajaran PAI kelas 6 SD dengan tema surat al Maidah ayat 2 sampai dengan 3, wilujeng sonten, selamat sore, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.