Mushola Rumah Modern Minimalis

tips-sholat-khusyu

Informasi tentang bentuk mushola minimalis modern untuk rumah yang unik menarik baik kecil atau mewah dengan kelengkapan dan desain sebagai tempat melakukan ibadah sholat baik dalam rumah maupun out door luar bangunan utama.

pontren.com – assalamu’alaikum , mushola tempat sholat merupakan satu ruangan yang biasanya disediakan khusus untuk beribadah bagi kalangan muslim muslimat yang berada di Indonesia (entah kalau diluar negeri seperti apa saya tidak tahu).

Pengertian mushola dan masjid

Secara bahasa, musholla berasal dari kata bahasa arab sholla – yusholly solaatan musholla, begini nih tulisan arab musholla مُصَلَّىْ artinya adalah tempat untuk sholat. Lho, emangnya masjid apaan? Kalau masjid berakar dari kata sajada yasjudu sajid masjid, memiliki arti tempat untuk sujud.

Sedangkan secara istilah menurut Kamus besar bahasa Indonesia mushola adalah tempat salat; langgar; surau; 2 tikar salat; sajadah.

Mushola modern

Bagaimana sih mushola yang modern? Kalau secara harfiah artinya yaitu mushola yang terbaru; mutakhir, atau mushola sesuai dengan tuntutan zaman.

Menurut saya, komponen suatu mushola modern itu setidaknya memiliki fasilitas kelengkapan kekinian yang diantaranya adalah;

  • Penerangan elektrik yang memadai;
  • Petunjuk arah kiblat yang jelas;
  • Keberadaan peralatan sholat yang memadai (alas diatas lantai, sarung, mukena)
  • Akses wudhu mudah dan dekat;
  • Terjaga kesucian dan higienis (sehat dan bersih);
  • Keberadaan kitab suci dan buku sederhana tentang sholat.

Mari kita bahas satu persatu,

Penerangan listrik yang memadai, yaitu adanya lampu elektrik yang mampu menerangi mushola dengan baik tanpa ada overdosis sinar alias membikin mata blerengen (silau : jawa).

Desain mengenai penataan lampu ini bisa anda ambil dari contoh pada kamar hotel dimana penerangan merata tanpa perlu terlalu membuat mata silau.

Satu lagi, ada baiknya disediakan lampu sorot yang cukup untuk membaca buku atau alquran yang memiliki tombol saklar tersendiri untuk pemanfaatannya.

doa pembuka TPQ metode ummi

Bagi tuan rumah pemilik tempat tinggal tentunya hafal dengan letak arah barat alias kiblat untuk sholat, hal ini tidak selalu berlaku bagi tamu utamanya orang luar kota, ada baiknya arah kiblat dibuatkan tanda panah dan dipasang pada langit-langit mushola dan ada tulisan kiblat. Hal ini memudahkan dan sangat membantu orang yang melaksanakan sholat.

Lho mushola saya sudah ada sajadah dan tikar atau karpet yang menunjukkan arah kiblatnya koq. Bagus kalau begitu, hanya antisipasi saja jika sewaktu tempo sajadah dilipat dan tikar morat marit dipakai main anak.

Selain itu tanda arah kiblat dapat menegaskan sebagai tempat sholat dapat untuk pemberitahuan anak bahwa ruangan tersebut bukan tempat untuk bermain apalagi kalau badan dan baju anak sedang kotor.

Mushola yang baik tentunya dilengkapi dengan fasilitas untuk sholat, utamanya kain sarung maupun mukena / rukuh yang seharusnya terjaga kebersihan dan keharumannya.

Suci merupakan kondisi mutlak orang untuk beribadah sholat, tentunya fasilitas bersuci juga harus tersedia, ada baiknya jarak tidak terlalu jauh dari tempat mushola ini. Sukur2 siapkan lap bersih bagi yang hendak mengusap air.

Tidak usah dikasih tahu alasannya kenapa, bagi mushola yang ada karpet tebal seperti pada masjid perlu untuk mempertimbangkan peralatan penyedot debu dalam rangka menjaga kebersihan dan menjauhkan dari aroma debu yang tidak enak (apalagi saat sujud tentunya akan terasa keharumannya).

Untuk mengingatkan dalam membaca alquran, keberadaan rak kecil / kayu yang menempel pada dinding atau lemari tipis bisa menjadi pertimbangan dalam mendesain bangunan mushola pribadi dalam rumah atau out door.

Mushola rumah minimalis

Sepanjang saya tahu kebanyakan mushola rumah pribadi mayoritas dengan desain minimalis. Jika memungkinkan, ada baiknya pembuatan mushola ini berbentuk persegi dengan menyesuaikan kelurusan arah kiblat.

Jika terkendala dengan luas tanah dan lokasi, silakan disesuaikan dengan struktur desain rumah, ada baiknya desain mushola rumah berbentuk memanjang supaya dapat melaksanakan sholat berjamaah.

Minimal 1 shof dibelakang imam sudah cukup dan memadai untuk bangunan mushola pribadi di dalam rumah.

sholat-jum'at

Jangan lupa bagi rumah yang terbatas tanahnya yang berdampak ketidakbebasan mendesain mushola, untuk memberikan arah yang jelas dimana kiblat atau seharusnya sholat menghadap.

Hal yang disarankan juga yaitu letak mushola berada di sebelah barat bagian rumah, hal ini bertujuan supaya tidak ada orang yang lewat didepan jamaah sholat karena memang sudah memiliki tempat di ujung barat ruangan.

Sudah cukup mushola rumah sederhana ini berupa ruangan antara 3 x 3 meter dilengkapi dengan tikar atau karpet dan penerangan sewajarnya, jangan lupa fasilitas mukena dan sarung yang terlipat rapi atau di gantung pada hanger yang baik. Atau anda hendak menyembunyikan mukena ini dibalik pintu geser tentunya akan lebih anggun.

Mushola rumah mewah

Namanya juga rumah mewah, mau bikin ruangan dengan biaya yang tinggi bukan masalah tentunya, trus apa sih dan seperti apa mushola mewah yang berada dirumah?

Ada 2 versi suatu mushola itu bisa dianggap mewah, yang pertama dari segi mahal harga bangunan dan pembuatannya, yang kedua fasilitas kenyamanan yang diraskan oleh orang yang sholat disitu.

Mau mushola di rumah mewah bisa dibuat model out door atau dalam rumah, setidaknya bangunan ini terbuat dari bahan bahan berkualitas nomor 1.

Misalnya marmer import dari italy, jika terbuat dari kayu maka dibuat dari bahan kayu jati tua berumur ratusan tahun dengan finishing ukiran jepara atau daerah terkenal lainnya.

Masih kurang? Pasang saja lampu kristal harga jutaan sampai puluhan sebagai alat penerangan saat sholat magrib isya subuh bahkan dhuhur isya.

santri cantik

Karpet dari turkey atau india merupakan pilihan yang sangat baik untuk menjadi penutup lantai tempat mushola ini dibuat.

Dari segi kenyamanan, yaitu yang langsung berkaitan, adanya karpet yang lembut dan empuk dikaki serta saat bersujud.

Aroma ruangan dan lantai selalu terjaga kewangiannya, aroma yang soft tidak menyengak tapi elegan merupakan seni tersendiri dalam pemilihannya.

Sediakan alat penyemprot wangi yang setiap beberapa jam mengeluarkan crot crot demi menjaga keharuman ruangan mushola mewah anda setiap saat.

Faktor pendukung kemewahan adalah keberadaan tempat wudhu yang elegan mewah, mau model apapun dan bagaimanapun untuk barang mewah pastinya tersedia dipasaran, akan lebih keren model kran otomatis jika tangan atau kaki berada dibawah kran.

Penggunaan sensor wudhu ini tentunya semakin menambah elegan dan konsep mewah dari mushola untuk rumah mewah anda.

Konsep Mushola out door diluar rumah

Nah selamat untuk anda jika memiliki konsep mushola out door alias diluar rumah, kenapa begitu? Karena saya yakin area tanah yang anda miliki sangat luas.

Dalam membuat konsep mushola out door ini hal yang perlu diperhatikan adalah;

Ketinggian lantai dari tanah; karena indonesia termasuk negara yang memiliki musim hujan, sangat disarankan mushola anda setidaknya memiliki ketinggian 2 atau 3 undakan (sekitar setengah meter dari tanah).

Tujuannya untuk menghindari cipratan air hujan yang mental dari tanah atau lantai dan masuk kedalam area mushola.

Keberadaan akses payung dari rumah utama ke mushola; faktor hujan juga berpengaruh, jika letak mushola dengan rumah lumayan bisa membasahi baju dan tubuh tamu, sediakan di pojokan terdekat dengan mushola beberapa payung yang telah ada wadah khususnya, termasuk juga beberapa payung di mushola.

Akses air kran untuk wudhu. Sebaiknya didekat mushola terdapat kran tunggal untuk berwudhu meskipun didalam rumah sudah tersedia. Kemudahan ini untuk antisipasi jika batal wudhu padahal sudah berada di mushola.

Ketersediaan alas kaki; karena bersifat out door, sediakanlah alas kaki yang mudah dipakai dan model sandal basah.

sandal anak solih

Tentunya akan kurang nyaman jika tamu memakai sepatu miliknya untuk berjalan dari rumah utama menuju ke ruang mushola out door ini.

Konsep mushola terbuka

Jika anda ingin membuat konsep mushola terbuka, anda dapat memilih model gazebo atau rumah joglo jawa kecil sebagai model desainnya, akan tetapi saya menyarankan model ini untuk rumah yang memiliki pagar tinggi di arah barat atau kiblat. Tujuannya untuk menjaga kekhusyukan orang yang sholat didalamnya.

Akan tidak nyaman sekali jika model mushola terbuka dengan rumah pagar pendek atau pagar besi bolong bolong dapat diakses pemandangan dari luar.

Yang pertama, orang luar dapat memperhatikan orang yang sedang di mushola karena pagar yang tidak menutup keseluruhan.

Yang kedua pandangan mata dan kekhusyukan dari jamaah di mushola terbuka teralihkan atau terganggu dengan aktivitas orang orang diluar rumah karena tidak ada halangan untuk melihatnya.

Demikian analisa mengenai mushola rumah dengan pertimbangan model sederhana minimalis, mewah out door beserta sarana kelengkapannya. Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar