Cara Penulisan Daftar Pustaka

cara-penulisan-daftar-pustaka

Informasi tentang cara penulisan daftar pustaka yang diambilkan dari pedoman penulisan skripsi universitas terkenal di Indonesia tepatnya dinamakan dengan Airlangga fakultas sains dan teknologi.
Kami ringkaskan dan tidak bertele-tele memudahkan memahami baik untuk daftar pustaka jurnal, buku, internet website langsung dengan contohnya.

pontren.com – bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1 S2 maupun S3 tentu akan banyak membuat makalah karya tulis maupun jurnal, dan diakhir studi akan mendapat tugas karya ilmiah sesuai jenjangnya entah skripsi, tesis atau disertasi.

Salah satu komponen dalam makalah karya ilmiah paper maupun tugas akhir adalah keberadaan daftar pustaka yang memiliki ketentuan dalam penulisannya. Berikut tata cara menulis daftar pustaka.

Ketentuan daftar pustaka

Daftar pustaka hanya memuat pustaka yang benar-benar diacu dalam proposal skripsi dan disusun sebagaimana dibawah ini :

Ke bawah menurut abjad nama utama atau nama keluarga penulis pertama.
Ke kanan

Untuk penulisan daftar pustaka dari buku Nama penulis, tahun, judul buku text book (dicetak miring), terbitan (edisi), nama penerbit, kota/Negara.

Contoh : Fatwaningrum, S., 1990, Kiat Membuat Resep Makanan Sehat, Biologi Sumber Daya, Penerbit Express, Surabaya

Untuk daftar pustaka yang berasal dari Jurnal/majalah : Nama penulis, tahun, judul tulisan, nama majalah (dengan singkatan resminya dan dicetak miring/italic), jilid/volume (dicetak tebal), dan halaman.

Contoh : Cerda, B., dkk., 2005, Metabolism of antioxidant and chemo-preventive ellagitannins from strawberries, raspberries, walnuts, and oak-aged wine in humans: Identification of biomarkers and individual variability, J. Agric. Food Chem., 53: 227-235

Penulisan daftar pustaka dari internet atau website = Nama penulis (jika ada), alamat website, tanggal. akses.

Contoh : Singorejo,I., Guru TPQ yang baik hati, https://pontren.com, 30 Desember 2019

Cara penulisan nama penulis dalam daftar pustaka

Pada daftar pustaka, semua penulis harus dicantumkan namanya dan tidak boleh hanya penulis pertama ditambah dkk., atau et al. saja.

Contoh : Suparman, E., Suciyanti, I., Herningtyas, C., 2000………

Penulisan Nama penulis yang terdiri dari lebih satu kata

Jika nama penulis terdiri atas dua kata atau lebih, cara penulisannya ialah nama akhir diikuti dengan koma singkatan nama depan, tengah, dan seterusnya.

Contoh : Soultan Ahmad Suciyan ditulis : Suciyan, S.A.

Nama dengan garis penghubung

Kalau penulis dalam sumber aslinya ditulis dengan garis penghubung di antara dua kata, maka kedua kata tersebut dianggap sebagai satu kesatuan

Contoh : Ciyan-Suci ditulis : Ciyan-Suci

Nama yang diikuti dengan singkatan

Nama utama atau nama keluarga yang diikuti singkatan ditulis sebagai nama yang utuh.

Misalnya :

a. Herningtyas K. ditulis Herningtyas, K.
b. Karyo D. Maysita Jr. ditulis Maysita Jr., K.D.

Nama dengan derajat kesarjanaan

Derajat kesarjanaan maupun gelar lainnya dilarang alias tidak boleh dicantumkan dalam penulisan nama kecil, pengecualian pada ucapan terima kasih.

Jarak Spasi Daftar Pustaka

Secara ketentuan jarak spasi untuk daftar pustaka adalah 1 spasi. Berikut keterangan disertai informasi jarak penulisan yang lain.

Jarak baris Jarak antara dua baris dibuat 1,5 spasi, kecuali abstrak, kutipan langsung, judul daftar: tabel, gambar, dan daftar pustaka, diketik dengan jarak 1 spasi.

Contoh gambar daftar pustaka

Untuk lebih pas lagi, anda dapat mencontoh penulisannya sebagaimana gambar dibawah ini ;

contoh-penulisan-daftar-pustaka

Demikian keterangan singkat dan tidak bertele tele tentang daftar pustaka, semoga segera wisuda. Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar