tulisan Allah

Tulisan Arab Allah

Informasi cara menulis Allah dalam huruf arab hijaiyah lengkap dengan harakat serta syakal maupun hanya berupa arab gundul tanpa adanya tanda baca dan ketentuan EYD.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Sugeng siang good afternoon selamat siang para pemirsa hape dan komputer yang sedang berselancar di dunia maya.

Baca;
Tulisan Arab Inna Lillahi wa inna ilahi rojiun
Tulisan Arab bismillahi majreeha wa mursaha beserta arti
Tulisan Arab Allahu Akbar, subhanallah masya Allah

Kali ini adalah tentang huruf serta harakat dalam menuliskan Allah dengan menggunakan huruf hijaiyah arab. Ada 2 macam yang akan dicontohkan dan dapat di copy paste pada ms word maupun android baik pada sheet excel atau media sosial semisal twitter facebook atau media perpesanan online semisal whatsapp viber line kakao talk wechat dan lain sebagainya.

Tulisan Allah dalam huruf Arab

Tanpa basa basi berikut menulis Allah dalam huruf arab gundul tanpa ada harakat tanda baca.

الله

anda tinggal menghilangkan tasydid atau syaddah dan fathah berdiri pada kalimah diatas.

Sedangkan jika anda hendak menuliskan kata Allah secara lengkap dengan syakal harakat baik fathah kasrah dhommah tasydid, berikut penulisannya.

اَللهُ

Sepertinya anda tidak akan kesulitan dalam menuliskannya karena kami sudah perbesar dengan ukuran yang dapat dilihat secara jelas

Menulis Allah SWT dalam huruf arab

Jika hendak menuliskan kata kata Allah Subhanahu Wa Ta’aala, berikut adalah contoh penulisan dalam bahasa arab dengan kelengkapan tanda bacanya. Silakan disimak.

اَللهُ سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى

Artinya : Allah yang Maha Suci dan Maha Tinggi.

EYD penulisan Allah SWT

Selanjutnya adalah informasi tentang penulisan Allah Subhanahu Wa Ta’aala secara Ejaan yang Disempurnakan dalam Bahasa Indonesia.

Setelah mencari-cari dari berbagai sumber, akhirnya berikut keterangan yang bisa di dapat tentang penulisan EYD Allah dan huruf dibelakangnya.

Ternyata dalam penulisan Allah SWT, singkatan dari Subhanahu wa ta’ala termasuk dalam kategori singkatan penulisan kata dan frase, sehingga teknis penulisannya adalah dengan menggunakan huruf kecil dan diberi tanda titik pada belakang singkatan.

Jadi penulisan yang benar berdasarkan bagan yang saya dapatkan yaitu Allah swt.

Berikut bagan yang saya jadikan sumber dalam rumus penulisan Allah berdasarkan EYD.

Sebagai bonus, dalam penulisan nabi Muhammad, maka jika ditulis dengan lengkap menjad Muhammad saw. (dengan huruf kecil dan diberi tanda titik).

Entah ada beberapa yang agak jengkel dengan EYD ini karena dalam singkatan Hari Ulang Tahun biasanya pada menggunakan huruf kapital yaitu HUT.

Mekaten informasi siang ini, semoga menambah wawasan dan keilmuan dalam penulisan serta penggunaan kata dan EYD yang menjadi pedoman dalam pembuatan surat menyurat resmi pada lembaga atau pejabat.

Sugeng siang, selamat makan bagi anda yang tidak berpuasa, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: