Mengucapkan Selamat ulang Tahun Bahasa Arab, Cara Menjawabnya

ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa arab
Share

Memberikan ucapan selamat ulang tahun dalam Bahasa Arab beserta jawabannya hasil copy paste obrolan alumni Al Azhar Mesir pada salah satu grup whatsapp yang bisa anda copy paste untuk menyampaikan happy birthday in arabic text can be copied and paste.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang, selamat pagi para pembaca internet yang budiman.

Dua orang ini merupakan kawan pada jenjang pendidikan Aliyah dan juga satu pesantren pada waktu menimba ilmu pada tingkat pendidikan MTs (setara dengan SMP).

Kemudian sempat juga menjadi satu sebagai salah satu tenaga pembina asrama dan pengajar di salah satu Madrasah Negeri di Surakarta yang memiliki asrama bagi para siswa siswinya.

Bahkan saat ini MAN dengan program tersebut setiap siswanya mendapatkan beasiswa dari Kementerian Agama Rp. 700.000,- (tujuh ratus ribu rupiah) setiap bulannya untuk masing-masing santri.

Baiklah, cukup sudah basa basinya. Berikut ucapan selamat ultah menggunakan Bahasa Arab yang bisa anda adaptasikan dalam kehidupan sehari-hari maupun status wa sampean jika anda adalah penggemar rahasia dari someone.

Yang mengucapkan atau menuliskan ucapan happy birthday alias selamat ulang tahun sebagaimana kami sampaikan merupakan lulusan al Azhar Mesir.

Masuk pada tahun 1999 dan lulusnya saya tidak tahu, mungkin 4 tahun kemudian atau sekitar 2003.

Selain daripada itu (walah jadi inget pak Harto) beliau juga menjadi guru pada salah satu Madrasah Negeri.

Pada beberapa kesempatan (bahkan menurut saya sering) mendapat undangan untuk menjadi juri lomba pidato bahasa Arab tingkat nasional yang di selenggarakan oleh Kementerian Agama.

Ucapan Selamat Ultah dalam bahasa Arab

Seperti apa ucapannya?

Ini dia tulisannya dalam Bahasa Arab.

Pertama ucapan ultah untuk kawannya yang bernama M. Nor Arifin, biasa menyebutnya kang Ipink, jagoan dalam bidang seni dan aktivis sanggar Nun (UIN Sunan Kalijaga) setidaknya pada masa dulu kala.

Berikut ucapannya;

أسعد الله طول أيامكم بكل خير كانج إبينك …وبارك الله فيكم فى عمركم ورزقكم دوام الصحة والعافية يا فنان

Artinya : Semoga Tuhan memberkatimu sepanjang hari-hari Anda dengan semua yang terbaikmu Kang Ipink … Dan semoga Tuhan memberkati Anda dalam hidup Anda dan memberi Anda kesehatan dan kesejahteraan yang berkelanjutan, mas Seniman

Yang kedua yaitu ungkapan kepada kawannya bernama M. Akrom asal Brebes, sesama Alumni menjadi murid MAKN MAN 1 Surakarta.

Berikut teks dalam Bahasa Arab ungkapan happy birthday.

وبارك الله فيكم فى عمركم كانج أكرم …ولكم مني دعوة الخير ..وأسأل الله لكم التوفيق والنجاح وتيسير الأمور

Artinya : Dan semoga Allah memberkati Anda dalam kehidupanmu, Kang Akrom … dan untuk Anda dariku berupa doa kebaikan. Dan saya meminta kepada Allah untukmumu kesuksesan, keberhasilan serta kemudahan dalam semua urusan.

Ada satu lagi (kebetulan ada 3 orang yang berdekatan tanggal lahirnya) yaitu kepada temannya satu alumni saat belajar di PPMI Assalaam Sukoharjo dan juga MAPK MAN 1 Surakarta, yaitu kepada Ustadz Lutfi Chakim Lc. Yang juga konco belajar pada waktu di Universitas Al Azhar Kairo Mesir.

الله يبارك فيكم وأهليكم فى حياتكم تاذ حكيم
طاب نهاركم … وتقبل الله منا ومنكم صالح الأعمال فى هذا الموسم الكريم

Semoga Allah memberkati Anda dan keluarga Anda dalam hidup Sampean Tadz Chakim
Selamat siang…semoga Allah menerima amalan kita dan kalian di musim yang suci ini..

Cara menjawab ucapan selamat ultah dalam Bahasa Arab

Setelah mendapatkan ucapan ultah dalam Bahasa Arab ini, yang dua yaitu lulusan IAIN sepertinya merespon dengan menyampaikan ungkapan terima kasih, menggunakan bahasa Lokal.

Adapun ustadz Lutfi Chakim yang juga lulusan atau alumni Universitas Al Azhar Kairo merespon atau menjawabnya dengan menggunakan bahasa Arab pula.

Begini jawabannya selamat ultah dalam bahasa Arab.

حياكم شيخنا العالي ترى بما صورنا
و جزاكم الله على الدعاء لنا
و كل عام و أنتم بخير

Salam untuk Anda, syekh kami yang Tinggi, Tri Bimo Soewarno,
Dan semoga Allah mengabulkan doamu untuk kami
Semoga setiap tahun dan anda dalam keadaan yang baik-baik saja (ungkapan orang sono).

kenapa dia menjawab dengan ungkapan syekh kami yang tinggi? karena itu respon jawaban dari orang yang memiliki postur tinggi dibandingkan teman-temannya yang lain.

Untuk kata dengan cetakan tebal, bisa anda ganti dengan nama kawan atau rekan anda yang hendak anda sampaikan ucapan atau merespon ungkapan selamat ultah dalam bahasa Arab.

Kalau tidak mau ribet, anda tinggal menghapuskan saja namanya kemudian mengucapkan secara langsung.

Demikian informasi ucapan selamat ulang tahun menggunakan bahasa Arab pagi ini, semoga menambah referensi ungkapan bahasa Arab dalam kehidupan sehari hari.

Apalagi obrolan ini adalah percakapan antara dua orang alumni mesir pada Grup whatsapp.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.