lomba hadroh

Lomba Hadroh

Informasi tentang aspek penilaian lomba hadrah beserta ketentuan lomba bagi peserta yang turut serta meramaikan kegiatan ini, semoga dapat menambah khazanah wawasan dalam menjadi panitia kegiatan utamanya bidang lomba hadrah.

Pontren.com – assalamu’alaikum saudara saudara kangmas mbakyu, sugeng siang, semoga kesehatan dan kesejahteraan selalu terlimpahkan kepada kita semua, salah satu seni suara yang diperlombakan dalam kegiatan umat Islam di Indonesia salah satunya adalah hadrah.

Baca;
Kriteria lomba baca puisi #
Penilaian lomba sholat berjamaah dan sendirian #
Penilaian lomba pidato Bahasa Indonesia / Pildacil #

Berikut info mengenai ketentuan maupun aspek penilaian lomba yang dinukilkan dari file yang di share salah satu orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan pendidikan diniyah dan pondok pesantren tingkat provinsi Jawa Tengah.

Ketentuan Lomba Hadrah

Berikut adalah syarat dan ketentuan yang berlaku dalam kegiatan lomba hadrah diambilkan dari petunjuk lomba seni hadrah Hari Santri Nasional Jawa Tengah.

Berikut ketentuan lomba hadroh ;

  1. Lomba Seni Hadrah satu group gabungan dari Putra dan Putri.
  2. Peserta berjumlah minimal 9 orang dan makimal 12 orang terdiri dari : pemain Hadrah, solis, pemain rebana/musik, pemain tamborin, dan backing vocal.
  3. Alat musik yang digunakan adalah musik tradisional (rebana / musik khas local)
  4. Setiap grup yang tampil, wajib membawakan 1 (satu) buah lagu
  5. Lagu yang dibawakan peserta adalah bersifat bebas yakni lagu solawat / barjanji, sesuai pilihan yang disiapkan peserta.
  6. Lagu solawat/ barjanji dibolehkan di mix (dicampur) dengan bahasa Indonesia dalam bait-bait tertentu, tetapi lebih dominan syair solawat atau barjanji atau full barjanji/ solawat.
  7. Setiap grup yang tampil diberikan durasi waktu maksimal 10 (sepuluh) menit, dimulai dari terdengarnya bunyi-bunyian instrumen musik sampai berakhirnya lagu atau atraksi penutup.
  8. Untuk mendapatkan penilaian yang terbaik dari Tim Juri, yang membawakan lagu adalah solis (penyanyi tunggal) sedangkan peserta lain sebagai penyanyi latar atau backing vocal.
  9. Kostum peserta adalah busana muslim/muslimah atau kostum tradisional daerah masing-masing wilayah sesuai dengan ajaran Islam
  10. Setiap grup/peserta membawa perlengkapan/alat musik sendiri,
  11. hal-hal lain akan disampaikan pada saat pelaksanaan tehnical meeting.

Itulah ketentuan lomba hadrah yang dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan lomba.

Aspek Penilaian Lomba Hadroh

Selanjutnya adalah kriteria dan aspek penilaian seni lomba hadrah yang juga masih diambilkan dari ringkasan petunjuk seni hadrah Hari Santri Nasional Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Lima aspek yang menjadi tolak ukur penilaian kelompok hadrah dalam penilaian peserta lomba, adapun kelima aspek lomba hadrah dalam penilaian adalah;

  1. Materi suara/ vokal (teknik produksi suara)
  2. Teknik bermain/Skill
  3. Pembawaan (penghayatan, interpretasi, dan ekspresi)
  4. Harmonisasi (variasi instrumen)
  5. Penampilan (busana, adab, dan kepribadian)

Penentuan Juara Lomba Hadrah

kriteria lomba karaoke dan blangko penilaian

Untuk lebih detil dan menghindarkan dari protes peserta maupun official, perlu disampaikan informasi bagaimana suatu kelompok atau grup dapat menjadi juara dengan ketentuan yang jelas.

Berikut contoh informasi tentang ketentuan kejuaraan lomba hadroh;

  • Dari seluruh penampilan para peserta, Dewan Juri akan menilai dan menetapkan 6(enam) grup untuk menjadi juara I, II, III Harapan I, II, III.
  • Tim Juri dalam menentukan kejuaraan berdasarkan nilai tertinggi secara berurutan, bila terjadi nilai sama maka nilai tertinggi pada aspek materi suara/vocal yang dijadikan penentu pemenang.

Demikian informasi tentang kejuaraan lomba seni hadrah baik dari segi syarat dan ketentuan peserta lomba serta kriteria dan aspek penilaian, dimasukkan pula keterangan bagaimana penentuan kejuaraan lomba hadrah.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa baraktuh

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: