Man Khodama Khudima Tulisan Arab Artinya من خدم خدم

Share

Man Khodama Khudima Tulisan Arab lengkap dengan harakat syakal maupun teks Gundul tanpa harokat, Artinya من خدم خدم kedalam Bahasa Indonesia tiap mufrodat perkata beserta sekilas penjelasan uraian syarakh.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, dalam twitter pesantren tebu ireng mencuitkan “Hidup itu melayani, Man Khodama, Khudima.

Raja Fahd (Arab Saudi) memiliki gelar Pelayan Dua Kota Suci (خادم الحرمين الشريفين). Beliau lahir 16 Maret 1921 – dan meninggal dunia 1 Agustus 2005 (umur 84).

Jadi Ungkapan kata dalam Bahasa Arab man khodama khudima artinya adalah Barang siapa melayani maka akan dilayani.

Jadi secara harfiah artinya seperti itu, berasal dari kata خَدَمَ – يَخْدُمُ khodama – yakhdumu yang artinya yaitu mengabdi atau melayani. Makanya terjemahan khodim adalah pelayan atau seorang abdi.

tulisan Arab man khodama khudima dan artinya perkata

man khodama khudima

untuk tulisan Arabnya lengkap dengan harakat syakal adalah sebagaimana berikut ini;

مَنْ خَدَمَ خُدِمَ

Jika anda menginginkan teks tulisan gundul tanpa harokat, anda bisa copy paste teks tulisan man khodama khudima in arabic text dalam Bahasa Arab sebagaimana berikut;

من خدم خدم

Jadi sudah jelas apa terjemahannya dari Bahasa Arab kedalam Bahasa Indonesia.

Sedangkan artinya perkata atau mufrodat dalam mahfudzot atau kata mutiara ini adalah sebagai berikut;

Bahasa ArabArtinya IndonesiaTulisan Arab
ManSiapaمَنْ
KhodamaMelayaniخَدَمَ
KhudimaDilayaniخُدِمَ

Mengutip dari situs website annur2 net bahwasanya Imam Nawawi pernah suatu ketika mendengarkan keterangan dari gurunya yaitu Syarofuddin Abu Ismail Muhammad bin Shobri bin Hirmas bin Najar bin Uqoil, bin Jabir bin Hakam bin Hikmah bin Yusuf bin Ja’far At Thoyyar bin Abi Tholib.

Beliau bercerita dari gurunya Syekh al Faqih al Imam Sholih Muhammad al Birsyi; Suatu ketika aku melihat Syekh Hafidz Abdul Ghoni dimajlis bersama jamaahnya yang banyak sekali.

Pada saat dia akan duduk pada kursi yang telah disediakan, aku bergumam dalam hati; Dengan apa Allah memberikan kemuliaan kepadamu melebih kami wahai syekh ?

Kemudian ia menoleh kepadaku dan berkata: Wahai orang yang berangan-angan tentang kemuliaan, Man Khadama Khudima, Man Khadama Khudima, Man Khadama Khudima ( Barang siapa yang melayani akan di layani) sebanyak tiga kali akupun menjawabnya dengan

Amantu Billah ( Aku Beriman kepada Allah).

Begitulah tulisan Arab man khodama khudima artinya dan terjemah beserta teks Arabnya berharokat lengkap maupun gundul tanpa harakat. Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *