Barakallah fii umrik Bahasa Arab dan arti beserta tulisan

Posted on
barakallah-fii-umrik

pontren.com – Assalamu’alaikum para kawula muda maupun kawula senior pembaca blog dimanapun anda berada, sugeng sonten (jika sore) semoga kesehatan serta keselamatan dilimpahkan kepada kita semua.

Kali ini kami buat postingan tentang tulisan Barakallah fii umrik bahasa arab disertai dengan arti dan ulasan mengenai ucapan kalimat yang sering disampaikan kepada saudara handai taulan maupun rekan teman yang sedang berultah atau tepat di tanggal dan bulan lahir (bukan tahun tentunya).

Berikut ulasan yang kami buat, selamat menyimak dan silakan copy paste tulisan arab barakallah fii umrik pada facebook whatsapp instagram line maupun word karena yang kami tulis kali ini lengkap dengan harakat serta syakal, tapi jika memilih untuk menggunakan arab gundul juga kami sediakan.

Barakallahu fi umrik artinya

Secara bahasa arab, kata barakallah fii umrik terdiri dari 5 kata yaitu

Baaraka = memberi berkah
Allahu = Allah
Fii = di
Umri = umur
Ka = anda

loading...

Dari rangkaian kata diatas, jika disatukan akan membentuk kalimat sebagaimana sub judul diatas.

Jika diartikan secara global yaitu semoga Allah memberikan barakah di umur anda (kamu).

Biasanya ucapan ini dipakai untuk menggantikan kata happy birthday yang berarti selamat ulang tahun.

Karena happy birthday dirasa sudah terlalu mainstream maka perlu adanya penyegaran kalimat ucapan yang baru pada saat ultah.

selain itu, kalimat barakallah mengandung kata doa, dimana terucap semoga keberkahan, sedangkan happy birthday ataupun selamat ulang tahun merupakan ucapan selamat saja, yang secara harfiah tidak diketemukan unsur doa pada kalimat ini (kecuali dibelakangnya ditambahi embel-embel ucapan yang lain.

barakallah fi umrik bahasa arab
barakallah fii umrik

Umumnya kalimat ini dipergunakan oleh kalangan santri baik pesantren atau bukan maupun para mbak mbak akhwat yang menggunakan pakaian jilbab islami menutup aurat.

Walaupun juga ada yang orang tidak memakai jilbab menggunakan kata ini pada waktu memberi ucapan ultah.

Barakallah fii umrik arab

Sudah jelas bahwa kata barakallah fii umrik merupakan kata kalimat yang berasal dari bahasa arab. Pada sub ini akan kami tuliskan cara penulisan barakallah fii umrik arab tanpa harakat syakal alias gundul.

Silakan di copy paste jika memerlukannya. Berikut tulisan gundul baarakallah fi umrik arab.

بارك الله في عمرك

Begitulah jika ditulis dalam huruf hijaiyah arab tanpa menggunakan tanda fathah kasrah dhommah dan syakal yang lainnya.

Barakallah fii umrik dalam Bahasa Tulisan Arab

barakallah fii umrik arab
barakallah fii umrik arab

Jika anda menginginkan tulisan barakallah fi umrik tulisan Arab lengkap dengan harakat syakal, dibawah ini sudah kami buatkan yang anda inginkan.

Secara teknis contoh ini sudah benar dan dapat anda gandakan kemudian anda taruh pada media tulisan anda baik twitter maupun media sosial lainnya.

Berikut Barakallah fii umrik tulisan arab dilengkapi fathah kasrah tasydid maupun tanda dhommah

بَارَكَ اللهُ فِيْ عُمْرِك

Barakallah fii umrik 17 tahun 18 tahun

Bagi para dewasa yang mencapai umur 17 tahun (biasanya duduk di bangku kelas SMA ataupun Madrasah Aliyah, anda dapat juga mengucapkan ucapan barakallah fii umrik 17 tahun ataupun 18 tahun.

Untuk hal ini silakan anda tunggu beberapa saat tulisannya karena akan saya konsultasikan dengan rekan saya yang dahulu pernah sekolah di mesir guna keabsahan yang benar secara gramatikal maupun ilmu nahwu sharafnya. Hehehe… maaf sedikit mengecewakan.

Setelah berkonsultasi kepada seorang guru pada asrama dan pondok pesantren tentang ucapan selamat ulang tahun ke 17 atau tahun 18 dengan menggunakan kata diatas, berikut keterangan secara bahasa bebas dari beliau.

Dalam mengucapan ultah menggunakan adad tartiby mudzakkar karena kembali kepada kata ‘id milad, jadi tidak ada perbedaan pengucapan ultah kepada cowok maupun cewek kecuali pada ka atau ki saja (disini dicontohkan dengan kum).

Dengan begitu maka yang hendak menulis dalam bahasa arab barakah fii umrik 17 tahun hendaknya dengan

بَارَكَ اللهُ فِيْ مِيْلَادِكُمْ السَابِعَ عَشَرَ

Artinya ; semoga Allah memberkahi ultah kamu yang ke 17

بَارَكَ اللهُ فِيْ مِيْلَادِكُمْ الثَامِنَ عَشَرَ

Artinya ; semoga Allah memberkahi ultah kamu yang ke 18

setelah mengucapkan hal diatas, dapat ditambahkan kalimat lain, misalnya;

نسأل الله لكم التوفيق و النجاح في جميع أموركم

Artinya ; kami memohon kepada Allah atasmu taufik dan kesuksesan pada semua urusanmu.

Semoga segera terobati pencarian tentang pengucapan kata selamat ulang tahun dalam versi arab yang saya sarikan dari seorang kenalan.

Gambar dan tulisan DP selamat ulang tahun versi Arab

dibawah ini juga kami buatkan beberapa gambar yang dapat dijadikan profil maupun display picture yang sering di sebut DP pada Whatsapp twitter maupun facebook.

dengan DP ini anda dapat memberikan ucapan selamat ultah kepada seseorang melalui DP yang anda pajang pada media sosial melalui handphone pintar anda baik android maupun iOS pada iPhone.

berikut beberapa gambar entah PNG vector atau JPG, entahlah saya kurang paham format yang kami buat ini.

Penutup

Demikian informasi tentang ucapan barakallah fi umrik yang telah diulas sekilas tentang artinya maupun bahasa arab serta cara penulisan dalam huruf hijaiyah arab termasuk ucapan untuk ultah ke 17 dan umur 18 (dipending dulu ya informasinya).

Selamat untuk ulang tahun rekan atau gebetan anda, semoga semakin baik kepada anda serta sukses dan berkembang dalam kebaikan.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.
Salam.

loading...

Silakan berkomentar