tulisan-innalillahiwainnailaihirojiun-arab

pontren.com – informasi tentang tulisan tulisan innalillahiwainnailaihirojiun arab dengan harakat syakal beserta arti dan tafsir dari kalimat dimaksud letak dalam alquran serta hadis sebagai informasi tambahan dan pengetahuan yang sekiranya memerlukan.

Ucapan innalillahiwainnailaihirojiun tulisan arab ini dimaksudkan agar para sahabat handai taulan yang hendak menuliskannya pada whatsapp instagram facebook maupun twitter bukan dengan huruf latin tapi menggunakan huruf hijaiyah.

Ucapan innalillahiwainnailaihirojiun tulisan arab yang benar ini bisa sebagai sarana kita untuk belajar huruf arab hijaiyah dan penunjang sebagai latihan imla’ dan mengetahui susunan huruf arab secara tersambung dilengkapi dengan syakal harakat jika ditulis dalam handphone telepon pintar maupun pada laptop komputer.

Tulisan arab innalillahiwainnailaihirojiun ini bisa di copy dan di paste baik dalam microsoft word maupun pada aplikasi telfon anda sehingga praktis dalam penggunaannya dan praktis pemakaian guna keperluan apapun dalam ber media sosial maupun membuat materi pada kultum khutbah jumat maupun lomba pidato baik bahasa arab indonesia ataupun inggris.

Kalimat inna lillahi disebut dengan kalimat?

Untuk tambahan informasi dan sekedar mengingatkan, dan yang sudah tau alhamdulillah anda mengetahuinya, bahwasanya kalimat inna lillahi ini disebut juga dengan istirja’

Kalimat istrija’ sering terdengar jika ada berita obituary atau informasi lelayu kematian meninggalnya seseorang.

Walaupun juga sebenarnya bukan hanya dapat diucapkan pada saat terdapat informasi wafat orang manusia, akan tetapi juga dapat diucapkan jika terjadi musibah kejadian yang menyusahkan.

Tulisan innalillahiwainnailaihirojiun dalam Huruf arab

Berikut adalah penulisan kata inna lillahi wa inna ilaihi roji’un menggunakan huruf hijaiyah yang dapat di kopi / di gandakan kemudian di paste atau di lekatkan pada aplikasi gadget anda.

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Inna Lillaahi wa innaa ilaihi rooji’uun
Demikian penulisannya dalam huruf arab hijaiyah.

Arti inna Lillahi wa Innaa ilaihi rooji’uun indonesia Inggris

Berikut adalah arti dari kalimat diatas dalam bahasa indonesia maupun bahasa Inggris

Arti dalam bahasa Indonesia : sesungguhnya kita milik Allah, dan dan sesungguhnya kepadanyalah kita akan kembali.

Arti istirja’ dalam bahasa Inggris : indeed we belong to Allah and to him we return

Kalimat istirja’ inna lillahi wa inna ilai rojiun dalam al Qur’an

Kalimat istirja’ (yang dalam bahasa arab disebut dengan jumlah) terdapat dalam qur’an Surat al Baqarah (2) ayat 156. Berikut ayat dimaksud beserta artinya.

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

alladziina idzaa ashoobahum musiibatun qooluu innaa lillaahi wa inna ilaihi rooji’uun

Artinya : “(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa mushibah, mereka mengucapkan:` Innaalillaahi wa innaa ilaihi raajiuun”.(QS. 2:156)

Istirja dalam hadits

Berdasarkan Hadis riwayat Imam Muslim

مَا مِنْ مُسْلِمٍ تُصِيبُهُ مُصِيبَةٌ فَيَقُولُ مَا أَمَرَهُ اللَّهُ: {إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ} [البقرة: 156] ، اللَّهُمَّ أَجِرْنِي فِي مُصِيبَتِي وَأَخْلُفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا، إِلَّا أَخْلَفَ اللَّهُ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا

Maa min muslimin tusiibuhu musiibatan fayaquulu maa amarohullahu “innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji’uun” (al Baqarah : 156 ) allahumma ajirnii fii musiibatii wakhlaf lii khoiron minhaa illakhtalafallahu lahuu khoiron minhaa

artinya : Apabila ada seorang muslim yang mengalami musibah, lalu dia mengucapkan kalimat seperti yang Allah perintahkan, ‘Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun’ ya Allah berikanlah pahala untuk musibahku, dan gantikan untukku dengan sesuatu yang lebih baik darinya. Maka Allah akan memberikan ganti untuknya dengan yang lebih baik. (HR. Muslim 918)

Penjelasan imam qurtubi tentang kalimat istirja’ innalillahiwainnailaihirojiun

Firman Allah Ta’ala, ‘Mereka mengucapkan Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun’ (yaitu yang mendapatkan musibah kesusahan). Allah jadikan kalimat istirja (inna lillahi wa inna ilaihi roji’uun) sebagai sandaran bagi orang yang tertimpa musibah kesusahan kemalangan, dan juga sebagai perlindungan (bacaan) teruntuk seorang muslim atau umat islam yang sedang menjalani ujian. Karena kalimat ini mengandung banyak makna yang berkah.

Kalimat, ‘Inna lillahi’ adalah tauhid dan pengakuan terhadap ubudiyah (status kita sebagai hamba) dan kekuasaan Allah. Sedangkan kalimat, ‘Wa inna ilaihi raaji’uun’ adalah pengakuan bahwa kita akan binasa meninggalkan dunia fana ini, dan yakin tentunya nanti akan dibangkitkan dari alam kubur, serta keyakinan bahwa semua urusan kembali kepada-Nya, sebagaimana semua ini milik-Nya. (Tafsir al-Qurthubi, 2/176)

penutup

Demikian informasi tentang kalimat istirja’ inna lillahi wa inna ilaihi rojiun tulisan arab penjelasan serta pada al Qur’an Hadits dan penjelasan dari seorang ulama. semoga menambah wawasan dalam pengetahuan agama Islam.

loading...