Guyone Sepi Pasar Tegese Yaiku

Tulisen tuladha saka sanepa guyone sepi pasar tegese yaiku rame banget, artinya ketawanya atau bercandanya sepi pasar. Maksudnya yaitu sangat ramai kalebu jenise tembung sanepa Basa Jawa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, dalam Bahasa Jawa ungkapan ini masuk dalam kategori basa rinengga tembung sanepa.

Basa rinengga yaiku basa endah utawa basa sastra kang endahe karana dipaesi/direngga-rengga utawa dirumpaka.

Artinya bahasa yang indah atau sastra yang menjadi indah karena dibuat sebagus bagusnya atau dikidungkan (anda tau kidung khan? Semisal syair atau puisi).

Sedangkan tembung sanepa yaiku unen-unen bangsane pepindhan lan ajeg panganggone ngemu surasa mbangetake nanging nganggo tembung sing tegese kosokbalen.

artinya sanepa atau pengertiannya adalah ungkapan sebangsa pemisalan dan tidak berubah atau tetap kalimatnya, mengandung arti menyangatkan namun memakai kata kebalikannya.

Jadi dalam sanepa ini untuk menyangkatkan suasana yang riuh rendah dan sangat ramai dengan kata kebalikannya yaitu sepi.

Namun (jaman dahulu kala) yang namanya sepinya pasar mestinya ramai hiruk pikuk. Yaitu orang yang berbelanja serta melakukan tawar menawar dan transaksi.

Maka karena hendak memberitahukan gayenge atau keriuhan dari bercanda ini menggunakan kata “sepi”. Sebagai kebalikannya sehingga masuk dalam kategori jenise tembung sanepa Basa Jawa.

Gawea Tuladha Ukara Nganggo Tembung Guyone Sepi Pasar lan tegese beserta Artinya (sanepa)

berikut ini adalah contoh kalimat sandepa kang ateges utawa nduweni teges guyone rame banget kaya ing ngisor iki.

Amarga suwe banget ora ketemu kancane, mbasa ketemu Asti Setyorini ambek kancane guyone sepi pasar.

Artinya adalah “karena sudah lama tidak bersua dengan temannya, pada saat bertemu si asti Setyorini dengan kawannya bercandanya sepinya pasar (sangat ramai, gayeng, seru).

Situasi keramaian ini bukan hanya berlaku memgenai pertemanan ataupun berjumpa dengan kawan.

Bisa juga pada saat melihat wayang pada waktu “goro-goro”, atau pada saat menyaksilan ludruk maupun wayang golek.

demikianlah ungkapan tembung sanepa kang tegese yaiku rame banget lengkap dengan arti dan terjemahnya dalam bahasa Indonesia, tidak lupa kami lampirkan contoh kalimat lan tuladha ukara.

Maturnuwun sudah mampir ke blog yang sederhana ini, sukur sukur mau meninggalkan jejak komentar. Akhirnya wilujeng dalu, selamat melanjutkan tugas mapel Basa Jawa dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan komentar