Pangertene Tembung Entar Yaiku (pengertian) 10 contoh Tuladha

Pangertene Tembung Entar Yaiku (pengertian) 10 contoh Tuladha

Pangertene Tembung entar yaiku tembung sing tegese ora padha karo teges saktenane. Pengertian tembung entar adalah kalimat atau kata yang artinya tidak sama dengan arti sebenarnya (letter lijk)

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi, kali ini kita akan membahas tentang pengertian tembung entar Bahasa Jawa, contohnya (tuladhane lan ukarane).

Sebagai contoh dari tembung entar beserta penjelasannya adalah sebagai berikut ini;

Tembung entar Ngangsu kawruh, tegese Tembung ngangsu kawruh ora teges ngunggahke kawruh saka sumur ananging Ngangsu kawruh tegese golek ngelmu.

Ngangsu kawruh artinya bukanlah menaikkan kawruh (pengetahuan) dari sumur, namun maksudnya yaitu mencari ilmu.

Contoh liyane umpane abang kupinge. Abang kupinge ora teges kupinge warnane abang. Tegese Abang kupinge tegese nesu banget.

Contoh lainnya misalnya adalah merah telinganya. Merah telinganya bukan berarti telinganya mempunyai warna merah, maksudnya adalah sangat marah.

Dadi tegese ora salugune. Diarani uga arti kiasan (terjemahan; Tembung entar yaitu kata pinjaman, kata yang tidak dapat diartikan sebenarnya.

Jadi artinya bukan sebenarnya. Dinamakan juga arti kiasan).

Secara bahasa, pengertian tembung entar adalah silih, tegese yaiku ampil, artinya adalah pinjam.

Pangertene Tembung entar yaiku tegese tembung-tembung sing duwe teges ora sabenere. Ing Basa Indonesia diarani kiasan utawa ungkapan

Jadi merupakan ungkapan yang tidak dalam arti harfiah atau sebenarnya. Dalam bahasa Indonesia kita mengenal dengan sebutan kiasan ataupun ungkapan.

Pangertene Tembung Entar, Contoh Tuladha dan artinya

Sebutna Contoh tembung entar 5 wae!

Abang-abang lambe, tegese mung lelamisan, ethok-ethok ora tenanan. Merah merah bibir artinya hanya pada bibir saja, pemanis, hanya pura-pura, basa basi tidak serius.

Abang dluwang, tegese putih/pucet banget artinya merah kertas, maknanya adalah sangat pucat atau pucat pasi.

Abang raine, tegese kewirangan, kisinan, merah wajahnya artinya yaitu menanggung malu.

Abot kapuk, tegese entheng banget. Artinya adalah berat kapas, maknanya yaitu sangat ringan.

Adol bagus, tegese mamerakake baguse. Artinya adalah jualan ganteng, maknanya yaitu memamerkan kegantengan atau kecakepannya, mengandalkan keindahan fisik dia.

Adol ayu, tegese mamerake ayune. Menjual cantik, maknanya adalah memamerkan kecantikannya, mengandalkan kemolekan fisiknya (khususnya elok rupawan bagian wajah.

Adus kringet, tegese nyambut gawe abot, nyambut gawe mempeng. Artinya yaitu mandi keringat, maksudnya adalah bekerja sangat berat atau sangat keras dan begitu giat dalam mengerjakan sesuatu.

Ala jenenge, tegese ora dipercaya wong liya. Artinya yaitu buruk namanya, maksudnya adalah tidak dipercaya oleh orang lain.

Alus tembunge, tegese omongane kepenak dirungokake. Artinya yaitu Halus bahasanya, maknanya adalah bahasa atau cara berbicaranya enak disimak.

Atine ana wulune, tegese duwe kekarepan ala, drengi srei. Artinya hatinya ada bulunya, maksudnya yaitu memiliki tujuan yang buruk, iri dengki.

Bau suku, tegese tenaga, abdine. Artinya adalah bahu dan kaki, maksudnya yaitu tenaganya, karyawan, pembantunya.

Mbukak wadi, tegese ngandhakake wewadining liyan. Artinya adalah membuka rahasia, maksudnya yaitu menjelaskan rahasia orang lain.

Mbuwang tilas, tegese nutupi tumindake sing ora becik. Artinya yaitu membuang bekas, maksudnya adalah menutupi perilaku yang tidak baik.

10 Contoh Tembung Entar (Pangertene)

10 contoh tembung entar

Berikut kami tambahkan 10 contoh tembung entar beserta arti dan maksudnya (tegese yaiku).

Cagah lek, tegese sarana kanggo supaya betah melek. Artinya adalah tiang terjaga, maksudnya yaitu sarana agar betah untuk tidak tidur atau terjaga.

Cagak urip, tegese sarana kanggo nyukupi kabutuhan urip. Artinya yaitu tiang hidup, maksudnya adalah sarana untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Cepak rejekine, tegese gampang anggone golek rejeki.
Cilik atine, tegese tansah ngandhut kuwatir, sumelang. Memiliki arti Kecil hatinya, maknanya yaitu senantiasa mempunyai rasa was-was dan khawatir.

Cupet nalare, tegese ora bisa mikir. Artinya adalah sempit logikanya, maksudnya yaitu tidak bisa berpikir.

Dadi gawe, tegese tansah ngrepotake wong liya. Artinya yaitu menjadi pekerjaan, maknanya adalah senantiasa merepotkan orang lain.

Dawa tangane, tegese seneng njupuk darbeking liyan, seneng colong jupuk. Artinya yaitu panjang tangan, maknanya senang mengambil milik orang lain, suka mencuri.

Ndhedher kabecikan, tegese tumindak becik marang wong liya. Menanam kebaikan makanya yaitu bertindak atau berlaku baik kepada orang lain.

Dhuwur pangkate, tegese dadi panguwasa. Artinya tinggi pangkatnya, maknanya adalah menjadi penguasa.

Entek atine, tegese kuwatir banget, keweden banget. Habis hatinya, artinya yaitu sangat khawatir, ketakutan yang sangat begitu takut.

Entheng tangane, tegese seneng milara, cengkiling. Artinya adalah ringan tangannya, maknanya yaitu suka menyakiti, gampang memukul.

Enthengan tangane, tegese seneng nyambut gawe, seneng nulung wong liya. Mudah ringan tangannya, maksudnya yaitu suka bekerja, senang membantu dan menolong orang lain.

Gedhe atine, tegese ora gampang sumelang, tatag. Besar hatinya, artinya adalah tidak mudah khawatir, kuat dalam pendirian.

Gedhe endhase, tegese gumedhe, sumangkean. Artinya besar kepala, maksudnya yaitu sombong, berlagak, sok-sokan.

Gedhe omonge, tegese umuk, seneng ngumukake deduweke. Artinya besar omongannya, makanya adalah banyak bohongnya, sukanya bicara yang tinggi-tinggi dan pamer (meski adakalanya kenyataannya berbeda).

Nggedhekake puluk, tegese ora prihatin, akeh mangane ora prihatin. Artinya adalah membesarkan cara mengambil makanan dengan tangan, artinya yaitu tidak prihatin, banyak makannya, tidak berhemat.

jembar dhadhane, Golek Urip, tegese yaiku (Tembung Entar)

Nggegem tangan, tegese ora gelem tandang gawe, keset ora gelem nyambutgawe. Artinya yaitu menggenggam tangan, maksudnya adalah tidak mau bekerja, malas, tidak mau turut membantu.

Golek urip, tegese nyambut gawe kanggo nyukupi urip. Artinya yaitu mencari hidup, maksudnya adalah bekerja untuk mencukupi kebutuhan dalam kehidupan.

Idu geni, tegese kabeh guneme kudu bisa ditindakake utawa kudu bisa kelakon. Artinya yaitu meludah api, maknanya semua omongannya harus bida dikerjakan atau harus terlaksana.

Jembar dhadhane, tegese sabar banget. Artinya yaitu luas dadanya, maksudnya yaitu sangat sabar.

Jembar kawruhe, tegese akeh kawruhe, akeh ngelmune. Luas pengetahuannya, maksudnya yaitu banyak ilmu, mendalam dalam pengetahuan, seorang yang ahli.

Jembar segarane, tegese sugih pangapura. Artinya adalah luas lautnya, maknanya yaitu mudah memaafkan, kaya akan maaf.

Kandel kulite, tegese ora bisa ngrasakake, degdaya, ampuh, sekti. Artinya yaitu tebal kulitnya, maksudnya adalah tidak bisa merasakan, sakti, jagoan, ampuh, hebat.

Kembang lambe, tegese tansah dadi pocapane liyan, tansah dadi gunemane liyan. Bunga bibir, artinya yaitu senantiasa menjadi pembicaraan orang lain.

Kulak warta, tegese golek kabar. Belanja grosir berita artinya adalah mencari informasi atau kabar.

Kuwat drajad, tegese cocok dadi panguwasa, cocok dadi pemimpin. Artinya yaitu Kuat derajat, maksudnya adalah cocok untuk menjadi penguasa atau pimpinan.

Lambe tipis, tegese akeh omonge, criwis. Artinya yaitu bibir tipis, maknanya banyak omongannya, sangat ceriwis.

Landhep dhengkul, tegese bodho banget. Tajam lutut, maksudnya yaitu sangat bodoh, bebal.

Landhep pikire, tegese pinter. Tajam pikirannya, artinya yaitu sangat cerdas dan pintar.

Lara ati, tegese serik, lara atine. Sakit hati, maknanya adalah perasaannya tersinggung atau menjadi sedih, marah dan lain sebagainya.

Lara ayu, tegese lara cacar. Sakit cantik, maknanya adalah kena penyakit cacar.

Lobok atine, tegese sabar banget. Artinya adalah Kebesaran hatinya, maksudnya yaitu sangat sabar sekali.

Lumah tangan, tegese ora gelem cawe-cawe, ora gelem nandangi. Arti harfiahnya adalah Tangan terbuka menghadap keatas, maksudnya yaitu tidak mau turut campur ikut-ikutan mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu pekerjaan atau perkara.

Jika dalam bahasa Indonesia, padanan istilah lumah tangan ini yaitu angkat tangan tanda menyerah.

Tuladha Tembung Entar Basa Jawa

tuladha tembung entar basa Jawa

Sebutna tuladha tembung entar siji lor telu papat lima wae!

Tuladhane tembung entar basa Jawa yaiku misale;

Lunyu ilate, tegese guneme mencla-mencle. Artinya yaitu licin lidahnya, maksudnya adalah omongannya kesana kemari tidak bisa dipegang, tidak konsisten, berubah ubah.

Manis tembunge, tegese omongane gawe seneng. Arti letter lijknya adalah Manis pembicaraannya, maknanya yaitu isi serta cara bicaranya membuat senang.

Mata dhuwiten, tegese petung banget marang dhuwit. Matanya berduit atau beruang, maknanya yaitu sangat mengejar uang, harta menjadi tujuan yang sangat penting dan utama.,Kkalkulasi dan perhitungannya berlandaskan secara materi yang sangat mencolok.

Mateng kawruhe, tegese pinter, sekolahe dhuwur. Artinya yaitu matang pengetahuannya, maknanya adalah cerdas, tinggi capaian pendidikannya.

Mati sandhang pangane, tegese ora ana dalan kanggo golek sandhang pangan/ panguripan. Artinya yaitu meninggal pakaian dan makanannya, maknanya adalah sudah tidak ada jalan untuk mencari rejeki bagi kehidupan.

Mati ilate, tegese ora bisa ngrasakake enake panganan. Artinya yaitu wafat lidahnya, maknanya adalah tidak bisa merasakan lezatnya makanan.

Meres kringet, tegese nyambut gawe kanthi mempeng. Artinya yaitu memeras keringat, maknanya adalah bekerja dengan sangat rajin dan giat.

Mogel ilate, tegese seneng mangan enak. Artinya yaitu Bergoyang lidah seperti ekor maknanya adalah suka makanan yang enak-enak serta lezat.

Nandur kabecikan, tegese tumindak becik, gawe becik. Artinya adalah menanam kebaikan, maksudnya berlaku baik, melakukan kebaikan.

Ngangsu kawruh, tegese sekolah, maguru, mondhok ing pesantren. Artinya yaitu menimba ilmu, maknanya sekolah, belajar kepada guru, mondok di pesantren dan lain sebagainya, intinya adalah kegiatan mencari ilmu pengetahuan.

Ngatonake siyunge, tegese nuduhake panguwasane, nuduhake wanine. Artinya yaitu memperlihatkan taringnya, maknanya yaitu menampakkan kekuasaannya, memamerkan keberaniannya.

Ngatonake dhadhane, tegese umuk, sesumbar, pamer. Menampakkan dadanya, artinya yaitu omong kosong, sesumbar, pamer.

Tapi saya sarankan untuk tidak menggunakan ungkapan ini bagi perempuan, misalnya Artis kang ayu iku ngatonake dhadhane, maka orang bisa mengartikan secara beda.

Tegese Padhang Atine, Padhang Ulate Tembunge Yaiku

Ngendhaleni hawa nafsu, tegese nyegah kekarepan ala. Mengendalikan hawa nafsu, maknanya yaitu mencegah dari keinginan yang buruk, jelek, tidak baik, larangan agama.

Nggedhekake puluk, tegese kurang prihatin, seneng mangan enak. Artinya adalah membesarkan ukuran mengambil makanan dengan memakai tangan secara langsung, maksudnya yaitu kurang dalam berprihatin, sukanya makan yang lezat dan nikmat.

Nyolok mata, tegese tumindak sing ora prayoga ing sangarepe bojone, tumindak ala kanthi terang-terangan. Artinya yaitu moncolok mata, artinya adalah berlaku yang tidak pantas didepan pasangannya, berlaku secara terang-terangan.

Oleh wirang, tegese kisinan, kewirangan. Artinya yaitu Mendapat malu, maknanya adalah menanggung malu.

Ora duwe ati, tegese wedi, kuwatir banget. Tidak mempunyai hati, maknanya yaitu sangat takut, begitu khawatir.

Padhang pikire, tegese seneng. Artinya Terang pikirannya, maksudnya tembung entar ini adalah senang, happy, gembira.

Padhang ulate, tegese sumeh, grapyak. Terang wajahnya, maksudnya yaitu murah senyum, gampang bergaul.

Panas atine, tegese nesu banget. Panas hatinya maknanya yaitu sangat marah banget, amarah yang begitu tinggi.

Papan kiwa, tegese papan ora adhakan, ora ketengan kambah wong. Artinya adalah lokasi kir artinya yaitu tempat yang tidak mudah diketemukan, tidak terjamah manusia.

Pedhes tembunge, tegese guneme gawe serik. Artinya yaitu pedas omongannya, maknanya yaitu isi bicaranya membuat hati sebal alias tidak suka.

Peteng atine, pikire, tegese susah, sedhih. Artimua yaitu Gelap hatinya, maknanya adalah pikirannya susah, sedih.

Rai gedheg, tegese ora duwe isin. Artinya yaitu wajah anyaman bambu, maknanya yaitu tidak punya malu.

Rupak raine, tegese cuketan. Artinya yaitu sempit wajahnya makanya adalah berdekatan

Rupak jagade, tegese judheg, ora bisa lunga-lunga. Artinya adalah sempit dunianya, maknanya yaitu pusing karena memikirkan sesuatu, tidak bisa pergi kemana – mana.

Tegese Sepi Ing Pamrih, Udan Tangis, Wedi Getih, Ulate Peteng (Tembung Entar)

tegese sepi ing pamrih yaiku ora nduwe kamelikan

Sepi kawruhe, tegese bodho. Artinya yaitu sepi pengetahuannya, maksudnya adalah bloon, bodoh, bebal.

Sepi ing pamrih, tegese ora duwe pamrih, ora duwe melik. Sepi dalam pengharapan, maksudnya yaitu tidak mengharapkan apapun, ikhlas tiada maksud setelahnya.

Sesak dhadhane, tegese mangkel, serik banget. Sesak dadanya maksudnya yaitu kesal, mangkel, jengkel.

Tadhah udan, tegese lirangan gedhang sing ndhuwur dhewe, sawah ditanduri pari mung musim udan. artinya adalah penadah hujan, maksudnya yaitu bagian sisir pisang yang paling atas, atau sawah yang ditanami padi hanya pada saat musim hujan.

Tatu atine, tegese serik banget. Artinya yaitu luka hatinya, maknanya adalah sangat benci.

Tipis lambene, tegese seneng nyatur eleking wong liya, criwis. Artinya yaitu tipis bibirnya, maksudnya yaitu suka menggunjing jeleknya orang lain, omongannya banyak sangat ceriwis.

Thukul pikire, tegese akeh akale. Artinya yaitu tumbuh pikirannya, maksudnya adalah mempunyai banyak taktik dan cara.

Thukul turune, tegese duwe turun, duwe anak. Tumbuh keturunannya, maknanya adalah mempunyai keturunan, memiliki anak.

Udan tangis, tegese akeh sing padha nangis. Artinya yaitu hujan tangis, maksudnya adalah banyak orang yang menangis.

Ulate peteng, tegese nesu. Mimik wajahnya gelap, maksudnya yaitu marah.

Utang nyawa, utang pati, tegese gawe pepati. Artinya yaitu hutang nyawa, maknanya adalah membuat kematian, melakukan perbuatan menghilangkan nyawa.

Utang wirang, tegese gawe wirange wong liya. Artinya yaitu hutang malu, maksudnya adalah menyebabkan orang lain menanggung malu.

Weteng karet, weteng kadhut, tegese akeh pangane, akeh tadhahe. Perut karet, perut bagor, artinya adalah banyak makannya, memuat banyak makanan pada perutnya

Wedi getih, tegese jirih. Artinya yaitu takut darah, maknanya adalah penakut.

Wedi kangelan, tegese ora gelem rekasa, kesed. Artinya yaitu takut kesulitan, maknanya adalah tidak mau susah, mau mudah dan enaknya saja, pemalas.

Demikianlah pangertene utawa pengertian tembung entar Bahasa Jawa beserta contoh tuladha contohnya tuladhane beserta artinya.

Maturnuwun sudah mampir, salam kenal, wilujeng siang dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top