Lemu Biting Tegese Artinya, Tuladha Ukara (Sanepa Basa Jawa)

tegese lemu biting artinya
Share

Lemu biting tegese yaiku kuru banget, artinya adalah gendut bagai lidi (sangat kurus sekali), contoh kalimat tuladha ukara sanepa dalam Bahasa Jawa contohnya atau tuladhane yaiku “awake lemu biting” kalebu tembung sanepa.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng enjang selamat pagi para siswa siswi SD SMP SMA maupun murid pada Madrasah baik MI MTs maupun MA Negeri dan Swasta.

Kali ini kita akan membahas sanepane awak sing kuru banget yaiku lemu biting yang artinya yaitu begitu kurusnya badan seseorang.

Kenapa bisa begitu?

Dijenengi lemune biting untuk menunjukkan tubuh badan seseorang yang sangat kurus, memisalkan dengan “biting” yang dalam Bahasa Indonesia yaitu lidi, tulang pada daun kelapa.

Tegese Lemu Biting artinya dalam Bahasa Indonesia, Contoh Kalimat (Tuladhane Ukarane)

Untuk memahami maksud ungkapan sanepa untuk menunjukkan postur tubuh yang sangat langsing kebablasan ini maka kita ada baiknya mengetahui arti kata satu persatu dalam unen unen basa Jawa ini.

Berikut dalam kamus online bahasa Jawa tentang bausastra atau kata kata sulit dan terjemah penjelasannya.

Lemu tegese yaiku gedhe sarta nggajih tumrap badan artinya yaitu besar dan berlemak untuk tubuh.

Biting tegese yaiku balung godhong kelapa artinya yaitu tulang daun nyiur.

Jadi apabila kita memaknainya secara lengkap maka maksudnya ungkapan sanepa ing ndhuwur yaiku awak kang gedhe sarta nggajih kaya balunge godhong klapa.

Artinya yaitu badan yang besar dan berlemak bagaikan tulangnya daun nyiur, artinya sangat kurus sekali.

Sekarang setelah memahami maksudnya mari kita lanjutkan dengan membuat contoh kalimat sanepa memakai ungkapan dalam judul artikel ini.

Berikut contohnya sanepa dalam Basa Jawa lengkap dengan artinya beserta terjemah dalam Bahasa Indonesia.

Aming komedian sing asale saka Bandung awake lemu biting. Artinya adalah Aming yang seorang komedian asalnya dari Kota Bandung badannya gemuk lidi.

Contoh lainnya misalnya yaitu “Amarga angel mangan, Wardah Qisthiyah awake lemu biting. Artinya yaitu karena makannya susah Wardah Qistiyah badannya gemuk lidi, maksudnya yaitu sangat kurus sekali.

Demikianlah tegese sanepa lemu biting artinya dalam Bahasa Indonesia, contoh kalimat, tuladha ukara sanepa basa Jawa. Untuk membantu dalam mengerjakan soal ujian maupun tugas sekolah.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.