Awake Kuru Semangka Tegese, Kalebu Tembung, Tuladha Ukara

awake kuru semangka
Share

Awake kuru semangka tegese lemu banget nganti bunder kaya semangka, dudu kuru banget, kalebu tembung sanepa, tuladha ukara contoh kalimat tuladhane ukarane contone Basa Jawa lengkap dengan arti dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia.

pontren.com –assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, selamat siang para pelajar baik siswa siswi SD SMP SMA maupun para murid pada MI MTs dan Aliyah baik lembaga pendidikan swasta maupun negeri.

kali ini kita akan membahas contoh tuladha tembung sanepa awak kang gedhe lemu banget, kosokwalike kuru yaiku sanepane kuru semangka.

Kalau kita mengartikan atau menerjemahkan dalam Bahasa Indonesia, kuru semangka yaiku awak artinya adalah kurus buah semangka. Maksudnya tubuh yang bentuk kekurusannya sebagaimana bentuk buah semangka.

Tentunya anda paham dan sudah tau bahkan saya meyakini anda pernah mengkonsumsinya. Bentuk buah ini bulat seperti bola.

Jadi gambaran badan atau tubuh (awak – bahasa jawa) yang bulat bundar seperti semangka yaitu penggambaran seseorang yang bertubuh gemuk, bahkan sampai taraf besar sekali badannya.

Padahal kalau zaman saya dulu waktu SMP, semangka itu bukan identik dengan tubuh, namun identiknya dengan sepasang bagian tubuh.

Tegese Awake Kuru Semangka, Tuladhane Ukarane

Sebagaimana kita sampaikan sebelumnya, tegese sanepa sebagaimana dalam irah – irahan (judul) artikel ini memiliki arti sangat gemuk, begitu gendutnya, intinya yang memberitahukan kondisi tubuh yang besar karena banyaknya daging.

Namun untuk lebih mendalami bahasa Jawa, berikut akan kami carikan makna setiap kata (tembung) dalam sanepa sebagaimana berikut ini.

Awake asale saka tembung awak tegese yaiku badan, perangane manungsa ngisore sirah mangisor, yaitu bagian tubuh, berada dibawah kepala kebawah.

Kuru tegese yaiku sathithik daginge, kosokbaline lemu artinya hanya sedikit dagingnya, kebalikan dari kata gemuk/gendut.

Semangka tegese yaiku arane woh-wohan kang gedhe wohe ananging cilik uwite. Nama buah yang besar buahnya serta kecil batangnya.

Nah itulah detil arti setiap kata dalam tembung sanepa kanggo nyebut uwong utawa badan manungsa kang lemu banget.

Gawea tuladha ukara! Wenehana utawa tulisen! Buatlah contoh kalimat, berilah atau tuliskanlah contonya kalimatnya atau tuladhane ukarane.

Berikut contohnya dalam kalimat Bahasa Jawa, artinya kedalam Bahasa Indonesia.

Albertus saben dina mangane akeh banget, mula ora gumun yen awake kuru semangka artinya yaitu albertus setiap hari makannya sangat banyak, maka tidaklah heran apabila tubuhnya kurus (seperti) semangka, yang artinya sangat gemuk.

Demikianlah salah satu contoh tembung sanepa lengkap dengan tuladha ukara dan artinya dari Basa Jawa kedalam Bahasa Indonesia. Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.