Playune Lonjong Botor utawa Mimis Tegese, Kalebu Tembung

playune lonjong botor
Share

Playune Lonjong Botor utawa Mimis Tegese yaiku playune banter banget, sipat kuping artinya larinya sangat kencang, begitu cepatnya masuk dalam kategori jenis atau kalebu tembung sanepa Bahasa Jawa, tuladhane ukara contoh kalimat Usain Bolt playune lonjong botor.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, selamat pagi, wilujeng enjang, semoga sehat selalu dan mendapatkan kesehatan keberlimpahan rizk barakah fi dunya wal akhirat.

Kali ini kita akan membahas pelajaran untuk siswa siswi pada SD SMP SMA maupun murid pada Madrasah baik MI MTs maupun Aliyah, yaitu berkenaan dengan sanepa cepete wong mlayu.

Kenapa masuk dalam jenis tembung sanepa?

Karena dalam ungkapan ini menyebutkan hal yang mbangetake atau menyangatkan sesuatu dengan menggunakan kata atau tembung sebaliknya.

Dalam ungkapan ini yaitu tentang hal yang lonjong seperti botor atau mimis.

Apakah arti botor atau mimis?

Mari kita menyimak artinya satu persatu sebagaimana berikut ini.

Tegese tembung sanepa playune lonjong botor utawa mimis, Contoh Kalimat, Tuladha Ukara

Sebagaimana barusan kita sebutkan tadi, sanepa ini memiliki arti yaitu berlari yang sangat kencang atau cepat.

Playune asale saka tembung mlayu, playu, layu, tegese yaiku mlaku banter artinya adalah berjalan dengan cepat.

Dalam bahasa Jawa lonjong tegese yaiku bundher endhog yaitu tidak semurna bulatnya, tidak presisi

Botor tegese yaiku isine cipir, bentuke bunder artinya adalah isi dari kecipir yang mempunyai bentuk bulat.

Mimis tegese yaiku pelor, gotri, punglu, artinya yaitu peluru, gotri yang bentuknya bulat seperti bola yang ukurannya relatif sama diameternya atas bawah maupun samping.

Jadi dalam ungkapan tembung sanepa ini menyampaikan sesuatu yang merupakan kebalikan dari kata atau tembung lonjong dengan botor (isi kecipir) maupun mimis.

Jika anda browsing di internet, anda akan mendapatkan bentuk botor ataupun mimis yang bentuknya tidaklah lonjong, namun mempunyai bentuk yang bulat.

Hal inilah yang menjadikan ungkapan ini masuk dalam kategori tembung sanepa karena menyatakan sesuatu dengan mbangetake, menguatkan dengan kata sebaliknya. Yaitu memberitahukan bentuk yang lonjong dengan perumpamaan mimis atau botor yang bentuknya bulat.

Gawea ukara nganggo tembung sanepa sing ukarane yaiku playune lonjong mimis! Buatlah contoh kalimat menggunakan ungkapan diatas!

Ini dia contohnya

Usain Bolt playune lonjong botor artinya Usain Bolt larinya sangat cepat sekali.

Sebagaimana kita ketahui, pemegang rekor lari 100 meter dunia adalah Usain Bolt dari negara Jamaika dengan capaian waktu yaitu 9,58 detik.

Dia merupakan satu satunya atlet pelari yang memenangkan tiga medali emas olimpiade 100, 150, dan 200 meter secara berturut-turut.

Demikianlah informasi pagi ini, terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum wr. wb.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.