Contoh Kalimat Tembung Panyandra Dan Artinya

Contoh Kalimat Tembung Panyandra Dan Artinya

Contoh Kalimat Tembung Panyandra dan lengkap dengan Artinya dari Basa Jawa kedalam Bahasa Indonesia untuk memudahkan dalam memahami arti dan makna pada ungkapan pujian untuk bagian tubuh manusia (perangane awak) dan juga situasi keadaan alam (mangsa) serta lain-lain.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng dalu selamat malam para pelajar yang sedang mempelajari mapel Basa Jawa baik tantri maupun kirtya Basa bagi jenjang pendidikan SD MI SMP maupun MTs, bisa juga SMA dan Madrasah Aliyah.

Pada kesempatan ini kami akan menyampaikan beberapa contoh kalimat yang menggunakan tembung panyandra (candrane, cinandra) dalam Basa Jawa beserta artinya dan terjemah kedalam Bahasa Indonesia.

Tanpa basa basi, berikut contoh-contohnya yang bisa anda copy paste pada tugas sampean.

Contoh Kalimat Tembung Panyandra Dan Artinya

sekedar catatan, untuk ungkapan panyandrane dalam contohnya atau tuladha ukara pada tulisan ini kami menulis dalam cetak huuf tebal.

Semisal ada perintah dalam soal ujian yang berbunyi “Berikan 5 kalimat menggunakan tembung panyandra!”

Maka anda bisa menjawab dengan berbagai pilihan contohnya sebagai berikut ini.

Dewi Astuti Nurlaila masio isih cilik lek nari apik banget sebabe tangane nggandhewa pinenthang. Dewi meskipun masih kecil, dalam menari sangat bagus karena tangannya bagai busur panah yang dibentangkan.

Aning Setyaningsih katon ayu banget amarga alise nanggal sepisan. Aning tampak sangat cantik karena alisnya seperti bulan sabit.

Mbakyuku drijine mucuk eri, apik lan lancip-lancip. Kakak perempuanku jarinya berbentuk memanjang dan mengecil, sangat indah dan bentuknya lancip-lancip.

Hardiyah Novita nalika mlaku gayane kaya model, tangane lembehane kaya mbarak sempal. Nope pada saat berjalan gayanya seperti model, gerakan tangannya seperti daun kelapa yang patah.

Nyawang Yuli Puji Astuti gawe bungah atiku, bangkekane nawon kemit, lambene nggula satemlik, susune nyengkir gading, rambute ngembang bakung. Melihat Yuli Puji Astuti membuat senang hatiku, pinggangnya ramping seperti tawon kemit, bibirnya manis dan mungil, dadanya montok, rambutnya berombak.

Bocah wadon kae dadi sawangan wong kang liwat amarga idepe tunengeng ing tawang lan mripate ndamar kanginan. Anak perempuan itu jadi pusat perhatian orang yang lewat karena bulu matanya yang lentik melengkung keatas serta matanya yang indah dan sayu.

Wong Indonesia seneng karo artis sing irunge mbangir. Artinya orang Indonesia suka dengan artis yang hidungnya mancung.

Sudah ada beberapa contoh kalimat Tembung Panyandra lengkap dengan arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Anda bisa request contohnya melalui kolom komentar, atau bisa memberikan contoh lainnya pada kolom tersebut maupun menyampaikan pendapat anda yang ada di benak sampan.

Akhirnya sampai disini dulu tulisan ini, maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top