Alise Nanggal Sepisan Tegese Panyandra Tuladha Ukara

alise nanggal sepisan
Share

Apa tegese panyandra alise nanggal sepisan? Tegese alis nanggal sepisan ing tembung panyandra yaiku koyo rembulan buku tanggal siji njlarit tipis kaya rembulan tanggal siji. Artinya alisnya pertanggal satu atau pertama maknanya yaitu mempunyai bentuk alis sebagaimana bulan tanggal satu yaitu tipis melengkung.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng enjang selamat pagi para among sinau siswa murid pada sekolah dasar maupun SMP serta santri pada Madrasah Ibtidaiyah maupun MTs dan Aliyah.

Kali ini kita akan membahas tentang unen unen panyandra alis.

Apa itu panyandra?

Pangerten panyandra yaiku yaiku unen – unen saemper pepindhan kang surasane mawa tetandingan sarta ngemu teges mirip utawa memper. Kang dicandra baba becike lan mengku ngalem kaendahan, kayata kahananing manungsa, kahanane sata kewan, kahanane tetuwuhan, kahanane alam lan sak piturute.

Pengertian panyandra adalah ungkapan yang miripkan yang ungkapanya dengan menyandingkan serta mengandung arti mirip atau serupa. Yang dicandra baik indahnya memuji hal baik seperti keadaan manusia, hewan, tumbuhan alam dan lain sebagainya.

Alis iku kalebu candraning manungsa (peranganing awak).

Dalam hal ini pujian untuk bentuk alis yang indah yaitu serupa dengan bentuk bulan pada tanggal satu, njlirit melengkung sebagaimana artis artis wanita yang cantik sering muncul pada televise.

Alise Nanggal Sepisan Tegese

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai panyandara alis ini mari kita mengartikan satu persatu tembung (kata) yang ada didalamnya.

Alise saka tembung alis, tegese yaiku wulu ing bathuk ana ing ndhuwur mripat, dalam KBBI bahasa Indonesia mengartikan dengan bulu di dahi di atas mata

Nanggal saka tembung tanggal, tegese yaiku angka kang nyebut dina kepiro ing wulan. Dalam Bahasa Indonesia yaitu bilangan yang menyatakan hari yang ke berapa dalam bulan.

Dalam dunia kecantikan, bentuk alis yang cantik bagi wanita adalah berujung lancip dan bentuknya melengkung.

Hal ini sesuai dengan penampakan bulan sabit alias tanggal 1 dalam kalender penghitungan tanggalan dalam sistem lunar.

Dimana pada saat itu yang tampak cahaya bulan karena memantulkan sinar matahari hanyalah sebagian kecil saja. Sehingga bulan yang bercahaya membentuk seperti sabit dan menjadi panyandra alis yaiku nanggal sepisan.

Tuladha Ukara tembung Panyandra Alise Nanggal Sepisan

berikut ini ada beberapa contoh kalimat tentang alis dalam bahasa Jawa. Yang bagaikan bulan sabit atau tanggal 1 dalam kalender menggunakan penghitungan rembulan.

contoh kalimatnya seperti ini,”akeh wong seneng marang Ida amarga ayu banget, irunge mbangir, alise nanggal sepisan. Artinya adalah banyak orang yang suka kepada Ida karena sangat cantik, hidungnya mancung, alisnya melengkung tipis dan indah seperti tanggal 1 kalender jawa (nanggal sepisan).

contoh kedua yaitu,” akeh uwong kepincut marang sliramu amarga mripatmu sing mblalak mblalak lan alise kang nanggal sepisan. artinya banyak orang yang jatuh hati kepadamu karena bola mata indahmu dan alismu yang melengkung seperti tanggal 1 kalender Jawa.

Demikianlah tulisan tentang alise nanggal sepisan tegese yaiku koyo rembulan buku tanggal siji njlarit tipis kaya rembulan tanggal siji. Akhirnya terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.