Baladewa ilang gapite Tegese Yaiku, Kalebu Ukara Tembung, Aksara Jawa

baladewa ilang gapite
Share

Baladewa ilang gapite Tegese yaiku wong gagah kang ilang kakuwatane, kaluhurane (ora du we panguwasa), kalebu ukara tembung unen unen rinengga saloka, tulisan aksara Jawa kaya mengkene ꦧꦭꦢꦺꦮꦲꦶꦭꦁꦒꦥꦶꦠꦺ. Baladewa ilang gapite adalah suatu peribahasa bahasa Jawa termasuk dalam kategori jenis saloka.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng dalu selamat malam para pembaca internet khususnya siswa siswi pelajar SMP maupun Sekolah dasar yang sedang belajar Bahasa Jawa.

Kali ini kita akan membahas apa tegese paribasan saloka Baladewa ilang gapite.

Baladewa ilang gapite Tegese

Secara harfiah, baladewa adalah nama tokoh wayang yang merupakan kakak dari Sri Kresna, anak-anak tentu lebih mengenal dengan nama Balaram.

Senjata atau gamane Prabu Baladewa iku arane itawa jenenge yaiku nanggala.

Suatu senjata yang sakti mandraguna. Dalam cerita wayang, kesaktian senjata nanggala ini sekali tebas mampu melelehkan gunung, membelah lautan bahkan melenyapkan matahari (bukan mall ya).

Sedangkan ilang tegese yaiku ora ana maneh, sirna, yang artinya adalah hilang, tidak ada lagi, lenyap dan lain sebagainya.

Gapite tegese yaiku wilah sing dianggo njapit gêdhèg, kepang, wayang lan sak piturute; yaitu alat penjepit supaya kuat menyangga dan berdiri barang yang di sangganya semisal wayang, dinding bambu dan lain sebagainya

Jadi saloka ini memberikan gambaran sebagaimana Baladewa (wayang kulit) yang hilang kayu penjepit sebagai penyangganya.

Akibat dari wayang tanpa gapit dadine ora duwe daya, kekuatan. Tidak adanya penjepit untuk wayang baladewa ini menyebabkan wayangnya menjadi lemas tidak bisa berdiri.

Sehingga arti rinengga saloka Bolodewo ilang gapite artine yaiku wong gagah kang ilang kakuwatane, kaluhurane (ora duwe panguwasa). Balarama yang kehilangan penjepitnya artinya adalah orang yang gagah yang hilang kekuatannya, hilang keluhurannya (tidak mempunyai kekuasaan).

Hal ini sejalan dengan situasi wayang kulit yang menjadi lemas tidak bisa berdiri karena sudah tidak ada lagi bambu penyangga atau penjepitnya.

Tulisan Aksara Jawa

Tulisen nganggo aksara Jawa ukara tembung paribasan saloka sing unine yaiku Baladewa ilang gapite!

Maka berikut ini adalah contoh tulisannya dalam huruf aksara Jawa hanacaraka untuk mata pelajaran Bahasa Jawa jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama.

Ini dia teks dalam aksara Jawa

Demikianlah informasi singkat mengenai ukara tembung unen unen basa Jawa paribasan Baladewa ilang gapite yang artinya adalah orang gagah dan luhur yang kehilangan kegagahan kekuatan dan keluhuran kekuasaannya.

Thank you for coming, salam kenal, wilujeng sare dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.