Tegese Lanang Kemangi, Kalebu, Tuladha Ukara

Tegese Lanang Kemangi, Kalebu, Tuladha Ukara

Ada lagu yang dinyanyikan oleh Wiwik Sagita dengan judul sebagaimana artikel ini.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, trus apa maksudnya? Artinya apaan? Dalam bahasa Jawa, tegese lanang kemangi yaiku wong lanang sing nduweni watak kaya wong wedok, utawa nduweni teges yaiku jirih banget.

Jadi arti dari ungkapan ini mempunyai makna laki laki atau pria yang mempunyai watak seperti perempuan. Arti lainnya yaitu orang yang sangat penakut, pengecut dan lain sebagainya.

Bagaimana bisa sebutan untuk seorang penakut atau pengecut dengan ungkapan laki laki atau proa kemangi?

Jadi secara harfiah, lanang tegese yaiku kosokbaline wedok, nduweni watek kang kendel lan sakpiturute.

Arti lanang dalam bahasa indonesia adalah laki-laki, lelaki, pria, juga bisa maknanya yaitu sikap dan perilaku yang jantan, pemberani, dan lain sebagainya.

Tegese kemangi yaiku araning tetuwuhan sok dinggo lalaban, arum gandane tumrap panganan.

Kemangi adalah sebutan untuk tumbuhan yang baunya harum atau enak untuk makanan, biasanya dipergunakan sebagai lalapan dalam menemani lauk pauk saat bersantap.

Tuladha Ukara Lanang Kemangi, Kalebu Jenise

Jadi ungkapan atau unen unen ini kalebu jenise tembung paribasan basa Jawa. Yaitu peribahasa yang menggambarkan watak penakut, pengecut (wong sing jirih).

Gawea tuladha ukara nganggo tembung paribasan kang ateges wong sing jirih banget, wong lanang sing nduweni watak kaya watake wong wedok!

Berikut adalah contoh kalimat atau tuladhane ukarane menggunakan bahasa Jawa.

Pamane Ambar iku kaya lanang kemangi. Artinya adalah pamannya Ambar itu seperti laki-laki kemangi (sebutan tanaman yang daunnya biasa untuk lalapan menemani makan).

Jadi dalam contohnya kalimatnya ini menggambarkan bahwasanya Ambar mempunyai paman. Dan pamannya ini mempunyai sifat pengecut atau pengecut. Dalam bahasa Jawa maksudnya yaitu wong lanang sik jirih banget.

Awalnya dulu saya menyangka ungkapan ini adalah sebutan bagi laki laki yang melambai, atau perilakunya seperti wanita yang menyel atau kemayu.

Namun sepertinya ungkapan ini lebih kepada perilaku penakut, pengecut atau uwong sing wedi getih.

Demikianlah unen unen paribasane basa Jawa kang nduweni teges wong lanang kang jirih banget, tuladha ukara, unen-unen ungkapan pepatah berbahasa Jawa sebutan untuk penakut. Salam kenal dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top