Mbarung Sinang Tegese, Kalebu Tembung

mbarung sinang
Share

Ukara unen unen mbarung sinang tegese yaiku nyela-nyela wong guneman artinya adalah menyela pembicaraan orang, interupsi, dan lain sebagainya, kalebu jinise bebasan Basa Jawa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuhu, kalimat ungkapan bahasa Jawa barung (mbarung) sinang artinya adalah menyela atau memotong pembicaraan orang lain, bahasa kerennya saat ini interupsi namun dalam konteks lebih kasar.

Kalau dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, penjelasan interupsi adalah adalah n penyelaan atau pemotongan (pembicaraan, pidato, dan sebagainya). Hal ini cocok dengan ungkapan bebasan Basa Jawa yaitu mbarung sinang yang memiliki arti nyela gunemane uwong.

Tegese Mbarung Sinang

Mbarung asale saka tembung barung, tegese utawa nduweni ateges barêng (tumrap swara); krama/ngoko barung yaiku saron (gêndèr, bonang) kang gêdhe; Mbarung berasal dari kata barung, artinya atau memiliki arti bareng untuk suara, bahasa halus atau ngoko barung yaitu saron (alat musik Jawa) yang besar.

sinang tegese yaiku abang sumunar (sumorot). Artinya sinang yaitu cahaya kemerah-merahan yang menyorot.

Jadi secara harfiah atau basa lugu (m)Barung sinang yaiku mbarengi sinar kang wernane semu abang. Membersamai, menyamai dengan sinar kemerah-merahan.

maksudnya “mBarung” adalah bersamaannya (untuk suara), tapi juga dapat mengartikan dengan “mengganggu”.

Sedangkan Kata “sinang” mempunyai arti “sinar semu merah”. Pengertian menutupi sinar bisa diartikan dengan memotong pembicaraan.

Jadi jelas maksud ungkapan bahasa Jawa ini yaitu menyela-nyela suatu pembicaraan (hal yang tidak sopan saat berkomunikasi).

Tuladha Ukara

Gawea tuladha ukara nganggo bebasan barung sinang, wenehana loro wae!
Buatlah contoh kalimat menggunakan ungkapan bebasan Bahasa Jawa mBarung sinang, berilah dua contoh!

Agustinus ora sopan, bapak guru nembe ngendikan malah dheweke mbarung sinang, artinya Agustinus berperilaku kurang ajar, bapak guru sedang bertutur, dia malah menyela-nyela pembicaraan.

Dadi bocah ojo seneng mbarung sinang amarga ora sopan, artinya menjadi anak jangan suka menyela pembicaraan orang lain, karena hal itu tidaklah sopan.

Demikianlah informasi mengenai bebasan basa jawa yang memiliki padanan arti kata dalam bahasa Indonesia yaitu interupsi, semoga memudahkan dalam menjawab soal ujian untuk anak murid santri SD SMP SMA maupun Madrasah Ibtidaiyah Tsanawiyah dan Aliyah.

Pun begitu, kalangan pecinta basa Jawa juga bisa menggunakannya untuk menambah kosakata maupun persamaan kata boso Jowo.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.