Arep Nangkane Emoh Pulute Tegese, Tulisan Aksara Jawa

arep nangkane emoh pulute
Share

Tegese Ukara unen unen tembung paribasan sing unine Arep nangkane emoh pulute nduweni ateges gelem kepenak emoh nglakoni rekasane artinya mau nangkanya menolak getahnya maksudnya yaitu orang maunya enak namun tidak ingin bersusah payah.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh, wilujeng siyang, selamat bersiap – siap menjalankan ibadah salat Jum’at. Kali ini kita akan membahas tentang peribahasa Bahasa Jawa yang menjadi gambaran orang curang yaitu mau enaknya namun tidak mau bersusah-susah.

Buah nangka apabila belum matang orang jawa menyebutnya dengan gori (nangka muda).

Biasanya menjadi masakan berupa sayur (jangan gori) atau gudangan dengan bumbu sambal kelapa.

Apabila matang menjadi makanan sebagaimana buah yang bisa dimakan tanpa harus anda memasaknya terlebih dahulu.

Apabila masih muda atau belum benar-benar matang maka nangka ini memiliki getah yang melekat dan menempel kuat pada yang menyentuhnya.

Tegese Arep Nangkane Emoh Pulute Paribasan Basa Jawa

Dalam bahasa Jawa, getah nangka atau gori ini disebut dengan pulut.

Secara pengertian dalam Bahasa Jawa, pulut tegese yaiku tlutuh kang pliket. mempunyai arti getah yang sangat lengket dan menempel kuat pada yang menyentuh getah tersebut.

Untuk lebih mendalami makna dalam setiap kata (tembung) dalam ungkapan bahasa Jawa (unen unen) diatas atau ing dhuwur iki berikut kami haturkan bausastra dasanamanya.

Arep tegese gelem, pengen, ingin, berhasrat dan lain sebagainya.

Nangkane tegese yaiku araning wit sarta wohe artinya sebutan untuk pohon dan buahnya. Dalam Bahasa Inggris artinya yaitu Jack Fruit.

Emoh tegese yaiku ora gelem, wegah, tidak mau, menolak dan lain sebagainya.

Pulute tegese yaiku tlutuh kang pliket. Artinya yaitu getahnya (buah nangka) yang melekat erat dan susah untuk hilang (mengganggu dan membuat kotor).

Semisal anda mendapat soal golekana tegese paribasan sing ukarane yaiku arep nangkane emoh pulute kalebu jenise tembung paribasan nduweni atages gelem kepenak emoh nglakoni rekasane. Artinya mau buah nangkanya menolak getahnya.

Merupakan sifat orang malas atau bahkan masuk dalam kategori licik. Karena hanya mau enaknya saja namun tidak mau berusaha berlelah-lelah untuk menikmati buah nangka.

Demikianlah informasi mengenai contoh paribasan basa jawa kang ateges gelem kepenake ora gelem rekasane paribasane yaiku gelem nangkane wegah pulute. Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.