Menthung koja Kena Sembagine tegese

Menthung koja Kena Sembagine tegese

Menthung koja Kena Sembagine tegese yaiku rumangsane ngapusi, nanging sejatine malah kena apus. Artinya adalah Niatnya menipu orang tetapi malah dia yang kena ketipu. Ada juga tulisan aksara Jawa untuk memudahkan menjawab soal.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, secara harfiah, arti dari paribasan ini adalah memukul saudagar India kena kainnya. Maknanya yaitu seseorang yang akan berbuat jahat malah mengenai dirinya sendiri.

Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita mengartikan bausastra atau tembung-tembung kang ana ing paribasan iki.

Menthung tegese yaiku nggebug utawa nuthuk kanthi piranti penthung, artinya adalah memukul dengan menggunakan pentungan.
Koja tegese yaiku sudagar bangsa Indhu utawa Mur artinya adalah saudagar, bangsa hindu atau Mur (india)

Kena tegese yaiku ngenani, kenek. Artinya adalah mengenai

Sembagine asale saka tembung sembagi, tegese yaiku kain, artinya adalah kain.

Mangkane tegese paribasan menthung koja kena sembaginé yaiku rumangsane ngapusi wong liya ananging malah dheweke dhewe sik kapusan.

Menggambarkan seseorang yang merasa telah memperdayai namun sebenarnya dia sediri yang telah terpedaya.

Menthung Koja Kena Sembagine Kalebu Jenise Tembung Paribasan

Pengertian paribasan basa jawa yaiku unen-unen ajeg panganggone tegese wantah ora ngemu surasa pepindhane.

Artinya adalah ungkapan yang tetap, artinya apa adanya, tidak mengandung rasa pemisalan.

Jadi dalam ungkapan ini menyampaikan situasi menthung koja, tegese yaiku nuthuk nganggo penthung marang saudagar saka India (bangsa hindu atau Mur). Maksudnya hendak memukul sang saudagar yang asalnya dari Hindia.

Kena Sembagine tegese yaiku karepe menthung saudagar mau kang asale saka India, malah luput lan ngenani sembagine. Sembaigine yaiku kaine.

Namun pukulannya salah atau tidak kena, malah kena kainnya. Jadi seorang penipu yang malah ketipu.

Atau bisa juga seperti orang yang hendak menjebak orang lain namun malah dia sendiri yang kena perangkap. Merasa telah memperdayai orang lain padahal dia sendiri yang kena bohong alias prank.

Contoh kalimat tuladha ukara misalnya sebagai berikut;

Agustinus rumangsa bisa ngapusi Asti, jebule malah dheweke dhewe sik kapusan, padha karo paribasane menthung koja kena sembagine. Artinya adalah si agustinus merasa telah bisa menipu si Asti, namun apa daya malah dia sendiri yang kena tipu.

Demikianlah sekedar tambahan paribasan Basa Jawa kali ini. Semoga bisa menambah sekedar informasi tentang basa rinengga paribasan basa Jawa. Wilujeng sonten salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top