Mburu Uceng Kelangan Dheleg Tegese Paribasan Bebasan Saloka

mburu uceng kelangan dheleg
Share

Mburu Uceng Kelangan Dheleg Tegese yaiku ngoyak bab sing cilik, kelangan bab sing gedhe ajine. Artinya memburu ikan uceng kehilangan ikan deleg, maksudnya paribasan ini adalah mengejar hal yang kecil kehilangan sesuatu yang besar harganya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh, wilujeng enjang selamat pagi para pembaca internet yang budiman khususnya mbak mas yang belajar pada jenjang pendidikan kelas 1 SMP atau MTs (kelas 7).

Pagi ini kita akan membahas mengenai paribasan unen unen ukarane yaiku mburu uceng kelangan deleg tegese paribasan yaiku ngoyak bab sing cilik malah kelangan bab sing gedhe ajine.

Yaitu peribahasa Bahasa Jawa yang menggambarkan orang mengejar sesuatu yang kecil namun malah kehilangan hal yang mahal atau lebih berharga harganya.

Kenapa bisa peribahasanya seperti itu?

Untuk mengetahui makna dalam paribasan ini ada baiknya kita tahu arti kata (tembung) yang ada dalam bebasan ini.

Arti Mburu Uceng Kelangan Dheleg lan Tegese

Ada yang mengatakan ukara tembung unen unen iki kalebu jinise saloka.

Adapun secara arti perkatanya adalah sebagai berikut;

Mburu tegese yaiku ngoyak, nggacar, artinya adalah mengejar, memburu untuk mendapatkan.

Uceng tegese yaiku jinise iwak cilik sing urip ana banyu tawar, lumrahe urip ana selokan utawa kali sing cilik kang sithik banyune. Merupakan nama ikan yang jenisnya kecil-kecil dan hidup di air tawar. Biasanya hidup pada selokan parit atau pada sungai kecil yang airnya sedikit.

Iwak uceng Ukurannya sebesar cacing tanah, bahkan iwak uceng yang sudah dewasa pun ukurannya tidak lebih besar daripada jari kelingking.

Kelangan tegese yaiku ilang barang kang di duweni, kehilangan barang yang dimiliki.

Dheleg tegese yaiku iwak gabus yaiku iwak kang gedhene nganti ukuran 100 cm (sak meter) abote tekan 3 kilo. Dheleg artinya adalah ikan yang besar yaitu ikan gabus, bisa mencapai panjang 100 cm atau satu meter dan beratnya yang dewasa mencapai 3 kilo meter.

Jadi secara harfiah, terjemah peribahasa ini adalah mengejar ikan yang kecil seukuran tidak lebih dari kelingking. Malah kehilangan ikan besar yang mencapai ukuran satu meter dengan berat kilogram.

Maka benarlah apabila maksudnya yaitu ngoyak bab sing cilik, kelangan bab sing gedhe ajine paribasane yaiku memburu iwak uceng kelangan iwak dheleg.

Akhirnya selesai sudah membahas mengenai kehilangan barang yang besar karena mengejar hal kecil.

Sebagaimana peribahasa bahasa Indonesia yang bunyinya yaitu mengharapkan burung terbang tinggi, punai di tangan dilepaskan. Meski tidak benar benar mirip persis maknanya namun setidaknya mendekati. Wilujeng enjang selamat pagi salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.