Gajah Marani Wantilan Tegese, tulisan Aksara Jawa

tegese gajah marani wantilan
Share

Gajah marani wantilan tegese wong kang njarag nemoni utawa marani bebaya, nyerahake diri, kalebu unen unen ukara tembung Basa Jawa kalebu jinise saloka. Artinya gajah mendatangi wantilan adalah dengan sengaja mendatangi bahaya, menyerahkan diri. Kenapa bisa begitu? Karena wantilan adalah sebutan untuk pengikat binatang berbadan besar dan mempunyai hidung yang panjang (belalai) ini.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, tembung saloka gajah marani wantilan memiliki arti makna yang sama dengan kutuk marani sunduk, asu marani gepuk dan lain semisalnya. Intinya arti dalam paribasan bebasan saloka ini yaitu sengaja mendatangi bahaya.

Sebagaimana kami haturkan ukara unen unen tembung ing dhuwur, alasan seekor hewan besar kita menyebutnya gajah yang menghampiri wantilan mempunyai arti menyerahkan diri kepada musuh atau lawan dan lain sebagainya.

Maknanya dengan sengaja mendatangi marabahaya.

Tegese Gajah Marani Wantilan lan tulisane nganggo aksara Jawa

Untuk lebih mendalam memahami makna setiap kata dalam saloka ini. Mari kita urai satu persatu arti tembung (kata) yang ada didalamnya;

Gajah tegese yaiku arane kewan mawa tlale sarta gadhing, artinya adalah sebutan hewan yang mempunyai belalai serta gading.

Marani asline saka tembung paran, tegese yaiku nedhaki, mara ing, nekani. Artinya yaitu mendatangi, berasal dari kata datang yang mempunyai arti mendekat, menyambangi, dan lain sebagainya.

Wantilan tegese yaiku cencangan gajah. Bentuke kayu tunggak gedhe kang bakoh, biasane sikile mburi gajah di wenehi rante banjur rante ditalekake marang tunggak.

Wantilan artinya adalah pengikat gajah. Bentuknya berupa tunggak kayu yang kokoh, lazimnya kaki kiri gajah diberi rantai atau tali yang kuat kemudian diikatkan pada tunggak (wantilan) tersebut.

Gawea utawa tulisen nganggo aksara Jawa saloka sing unine yaiku gajah marani wantilan!

Untuk menjawab pertanyaan dalam bahasa Jawa tersebut diatas, begini teks tulisannya dalam aksara Jawa.

Demikianlah informasi mengenai arti tembung unen unen saloka basa Jawa sing ukarane yaiku gajah marani wantilan kang nduweni ateges njarag marani bebaya. Lengkap dengan artinya serta penjelasan singkat dalam Bahasa Indonesia.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.