lut Mahe Ndhut Tegese Batangane Artine Kalebu Cangkriman

lut mahe ndhut
Share

lut Mahe Ndhut Tegese Batangane Artine yaiku welut omahe ngendhut lutmaendut artinya adalah belut rumahnya di lumpur tanah liat, Kalebu jinise cangkriman wancahan utawa cekakan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng siang, selamat menikmati maksi. Kali ini kita akan membahas teka teki tebak tebakan bahasa Jawa tentang hewan belut.

Tebakan ini merupakan suatu singkatan kata yang menjadi sebuah kalimat yang sedemikian rupa menjadi teka teki.

Dalam istilah bahasa Jawa, model tebakan kata seperti ini masuk dalam kategori jenis contoh cangkriman wancahan atau cekakan.

Arti wancahan adalah singkatan, asalnya dari tembung wancah tegese yaiku cekak yang dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu singkat.

Jadi sebagaimana kami sampaikan bahwasanya artine lut mahe ndut yaiku (kewan) welut omahe nang ngendut (lumpur tanah liat, biasanya pada sawah atau di sungai).

Tegese Lut Mahe Ndhut (Ndut) yaiku Welut omahe nang ngendut.

Sekedar tambahan informasi, mari kita kupas satu persatu tembung ukara yang ada dalam kalimat ini.

Lut wancahan saka tembung welut, yaiku sak kelompok iwak bentuke kaya ula kalebu ing suku Synbranchidae. Belut adalah sekelompok ikan berbentuk mirip ular yang termasuk dalam suku Synbranchidae

Mahe wancahan saka tembung omahe, asale saka omah, yaiku bangunan kanggo manggon. Omahe berasal dari omah, dalam bahasa Indonesia artinya rumah, yaitu suatu bangunan untuk bertempat tinggal.

Ndhut tegese yaiku endhut, tegese lemah kang lembut banget biasane ana nang sawah, kali utawa guwa. Endhut artinya dalam bahasa Indonesia memiliki arti lumpur. Biasanya belut hidup pada sungai, sawah maupun gua yang berair.

Sekedar tambahan informasi, belut ini berubah jenis kelaminnya, alias jika bisa mengalami fase hidup lengkap dia akan mengalami hidup sebagai jenis betina dan jantan.

Dalam ilmu biologi, hewan Belut bersifat hermaprodit protogini.

Apa itu hermaprodit protogini?

hermaprodit protogini adalah mengalami masa hidup sebagai betina pada awalnya dan kemudian berubah menjadi jantan.

Pada waktu terjadi perubahan kelamin dari betina kejantan dikatakan sebagai masa transisi, karena pada saat itu terdapat dua macam kelamin pada satu individu. Weeh dobel dobel mas bro nganunya itu.

Demikianlah informasi bahasa Jawa cangkriman lut mahe ndut batangane bedhekane yaiku welut omahe ngendut lengkap dengan artine (artinya) dan pembahasan informasi ringan tentang hewan belut.

Terima kasih sudah mampir, wilujeng siang, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.