Cangkriman Batangane Andha Jantung Pisang wit pring Gangsing

Share

Cangkriman Batangane Andha Jantung Pisang wit pring Gangsing dalam Basa Jawa lengkap dengan tegese artinya dalam Bahasa Indonesia dan penjelasan cangkrimane sing jawabane bedhekane sebagaimana tadi di atas.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng enjang semuanya, semoga sehat selalu. Berikut ini adalah contoh cangkriman lan batangane alias contoh teka teki bahasa Jawa beserta jawabannya.

Selain tuladha cangkriman lan bedhekane utawa batangane, kami sampaikan sekilas genea atau kenapa jawabannya seperti itu.

Langsung saja tanpa banyak berbual bual kata serta kalimat, ini dia beberapa contoh cangkriman berkenaan dengan anda (tangga), ontong (jantung pisang) wit pring (pohon bambu) dan gangsing (mainan gangsing).

Cangkriman andha/anda

Semisal ada pertanyaan apa cangkriman sing batangane andha utawa bedhekane anda?

Maka bunyi kalimat pertanyaanya atau ukara pitakonan cangkrimane yaiku;

Emboke diidak idak anake dielus elus batangane yaiku andha. Atinya ibunya (simboknya) di elus-elus, anaknya di injak-injak bedhekane atau jawabannya yaitu tangga untuk memanjat.

Jika anda melihat alat untuk memanjat berupa tangga, anda akan melihat bentuknya memiliki dua penyangga pokok dan anak tangganya.

Kemudian orang yang menaikinya akan memegang kanan kiri tangga (ngelus-elus) dan menginjak anak tangga satu persatu untuk menuju keatas.

Sehingga muncul kalimat ibunya di elus-elus anaknya di injak injak. Yang dalam Bahasa Jawa disebut emboke di idak idak anake di elus-elus bedhekane yaiku ondho.

Cangkrimane ontong utawa Jantung Pisang

Gawea cangkriman sing batangane bedhekane yaiku onthong utawa jantung pisang! Buatlah teka teki yang jawabannya yaitu jantung buah pisang.

Berikut cangkrimane “Demang klambi abang yen disuduk manthuk-manthuk batangane bedhekane yaiku onthong utawa jantung pisang.

Artinya dalam teka teki ini yaitu” Demang berbaju warna merah apabila di tusuk mengangguk-angguk.

Penjelasannya, adalah warna jantung pisang biasanya merah muda atau marun, apabila anda iseng menyentuh atau menusuknya maka dia akan bergerak seperti mengangguk angguk.

Makanya cangkriman onthong ini seperti demang klambi abang manthuk manthuk yeng di suduk.

Cangkriman Batangane Pring

emban cinde emban siladan tegese
irisan tali yang terbuat dari bambu namanya adalah siladan

Selanjutnya yaitu teka teki Bahasa Jawa yang jawabannya yaitu bambu dan anak pohon bambu yang masih kecil.

Seperti apa kalimat ukara cangkrimane? Berikut monggo sampean simak.

Emboke wuda anake tapihan batangane wit pring lan rebung artinya ibunya tidak memakai pakaian, anaknya memakai tapih (pakaian) jawabannya adalah pohon bambu dan anakan bambu kecil.

Pada saat pohon bambu masih kecil (rebung – jawa) dia terbungkus dengan lapisan yang di misalkan dengan pakaian.

Apabila sudah besar atau dewasa, maka bentuknya memanjang dan lapisan yang menutupinya kala muda menjadi lepas sehingga permisalannya yaitu ibu yang tanpa pakaian.

Cangkriman batangane gangsing

cangkriman batangane gangsing

Selanjutnya yaitu teka teki yang jawabannya adalah gangsingan, suatu permainan anak anak zaman dulu yang sekarang sudah di gantikan dengan permainan modern seperti bayblade atau apalah tulisannya saya lupa.

Adapun bunyi cangkrimane yaiku,” Kayu mati ginubet ula mati bedhekane utawa batangane yaiku gangsing utawa gangsingan.

Arti teka teki ini yaitu kayu mati yang dililit oleh ular yang mati, jawabannya yaitu gasing/gangsingan.

Penjelasan, dahulu biasanya gangsingan dibuat dari kayu, bukan seperti masa sekarang dengan bahan dasar plastik atau karet.

Kemudian untuk memutar gangsingan ini perlu alat yaitu berupa tali.

Cara memainkannya adalah dengan melilitkan melingkar pada galasin, kemudian melemparkannya ke permukaan tanah atau sesuatu yang lain sedemikian rupa sehingga galasin ini berputar.

Itulah kenapa kayu mati (bahan dasar membuat gangsing) di gubet yang artinya kena lilitan. Ula mati maksudnya yaitu tali sebagai alat untuk melempar galasin supaya berputar.

Pada wilayah lain, nama alat permainan gangsing atau gangsingan ini adalah pinggal (Jakarta). wilayah lainnya menyebut dengan pukang (Lampung), begasing (Kalimantan Timur), Apiong (Maluku), dan maggasing untuk wilayah Nusa Tenggara Barat.

Demikian contoh cangkriman lan batangane kali ini.

Semoga menambah informasi mengenai tebak-tebakan dalam Basa Jawa, dan menambah khazanah untuk main teka teki saat bertemu keluarga yang asalnya dari Jawa Tengah Yogyakarta Jawa Timur maupun tempat lainnya.

Wilujeng enjang selamat pagi dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *