Wis Gedhe kok Ngguyu Tuwa Tegese Batangane Bedhekane Cangkriman

cangkriman ngguyu tuwa tegese
Share

Apa batangane cangkriman wong wis gedhe kok ngguyu tuwa tegese bedhekane yaiku nangis. Jadi artinya ngguyu tuwa dalam tebak tebakan bahasa Jawa maksudnya yaitu menangis.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh, selamat malam, wilujeng dalu, kali ini kita akan membahas salah satu tebak-tebakan bahasa Jawa berkenaan dengan orang yang tertawa.

Dalam cangkriman basa Jawa tembung ngguyu tuwa kalebu cangkriman blenderan batangane yaiku nangis.

Maksudnya, pada tebak tebakan kalimat bahasa jawa, tertawa tua masuk dalam kategori cangkriman blenderan atau plesetan/plesedan yang jawaban tebakannya adalah menangis.

Jadi kalau ada ukara tembung wis menenga aja ngguyu tuwa maksudnya adalah ngeneng-eneng, perintah menyuruh untuk berhenti menangis.

Batangane Cangkriman Ngguyu Tuwa lan Tegese

Jadi sekarang sudah tau apa tegese dengan kata tertawa tua ini dalam bahasa jawa yang maksud dalam bahasa Jawa yaitu tear alias menangis.

Jadi apabila ada pertanyaan soal bahasa Jawa yang isinya kira kira seperti ini, batangane nangis cangkrimane blenderan yaiku ngguyu tuwa.

Dalam kamus bahasa Indonesia, kata menangis maksudnya adalah ungkapan perasaan sedih karena kecewa, menyesal dan lain sebagainya dengan mencucurkan air mata serta mengeluarkan suara yang tersedu-sedu, menjerit-njerit dan sebagainya.

Apabila kita mengartikan nangis berdasarkan KBBI ini dalam bahasa Jawa maka artine utawa tegese nangis yaiku untapane rasa ati kang sedih amarga kuciwa, gela lan sak piturute kelawan miline luh banyu mata lan ngetokake suara kang ngguguk utawa njerit-njerit.

mencoba bertahan

Meskipun pada saat menangis mengeluarkan air mata, namun adapula manfaatnya dari menangis.

Mengutip dari situs halodoc setidaknya ada 4 manfaat yaitu;

  1. Memperbaiki suasana dan perasaan yang ada di hati;
  2. Menjaga dan melindungi fungsi mata;
  3. Membantu membersihkan hidung;
  4. Memperkuat hubungan dengan orang lain.

Itulah keempat mafaat menangis.

Selain itu berikut adalah tips agar tidak menangis sesenggukan tersedu sedu

  1. Menanamkan pada diri menangis adalah hal wajar dan dibutuhkan pada situasi tertentu untuk ekspresi diri;
  2. Saat ingin menangis untuk memberi waktu dan ruang pada diri sendiri melakukan kegiatan ini. Pada kesempatan lain tidaklah mengapa menangis di hadapan orang lain pada moment anda butuh orang lain;
  3. Hindari menangis sambil berteriak dengan histeris yang mengakibatkan tenggorokan anda sakit;
  4. Boleh anda menangis namun jangan berlebihan, apabila keterusan menangis akan membuat mata bengkak dan sakit bahkan mengganggu aktivitas kegiatan sehari-hari.

Nah demikianlah informasi tentang cangkriman basa Jawa Wis Gedhe kok Ngguyu Tuwa Tegese Batangane Bedhekane yaiku nangis lengkap informasi seputar menangis dan tangisan.

Akhirnya wilujeng dalu, selamat malam dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *